Lowongan Kerja di Facebook, Bagaimana Caranya?

Facebook adalah salah satu raksasa media sosial yang masih bertahan hingga saat ini. Meskipun konon jumlah penggunanya berkurang drastis, namun bisnis Facebook sudah merambah ke media sosial lain seperti ke Instagram dan Whatsapp. Salah satu cara Facebook untuk mempertahankan jumlah penggunanya adalah dengan membuat fitur lowongan kerja di Facebook.

Baca juga : Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Mudah dan Permanen

Fitur ini bukan fitur unik pertama yang dibuat oleh Facebook karena sebelumnya juga Facebook meluncurkan forum jual belinya sendiri menggunakan platform yang dimilikinya. Lalu bagaimana cara mengakses atau mencari pekerjaan di Facebook? Ada dua cara yang bisa kamu pilih, cara konvensional dan menggunakan fitur dari Facebook. Berikut penjelasan caranya.

Cara Konvensional

Cara yang pertama untuk mencari lowongan kerja di Facebook adalah cara konvensional yang mana kamu hanya perlu mencari grup lowongan pekerjaan di Facebook. Berbagai macam lowongan pekerjaan ditawarkan dan umumnya juga merupakan lowongan pekerjaan yang lokal sesuai dengan lokasi dimana grup itu berada. Hanya saja ada kelemahan dari cara yang satu ini.

Untuk cara konvensional ini kelemahannya adalah lowongan yang ditawarkan bercampur aduk, selain itu anda bisa saja melewatkan lowongan pekerjaan tersebut meski yang ditawarkan sangat banyak jumlahnya. Selain itu, kerahasiaan dan keamanan untuk pencarian kerja melalui cara ini juga tidak terjamin.

Cara Menggunakan Fitur Facebook Pencarian Kerja

Cara yang kedua yang bisa anda lakukan dan lebih disarankan adalah dengan menggunakan fitur Facebook untuk Lowongan Pekerjaan. Hanya saja untuk menggunakan cara ini ada beberapa langkah yang harus anda lakukan karena fitur ini tersembunyi di banyak akun terutama yang sebelumnya tidak pernah mengaksesnya. Berikut langkah-langkahnya:

Menggunakan Browser atau Via Desktop / Laptop

  1. Buka situs Facebook, log in hingga kamu masuk ke dalam akunmu
  2. Cari menu Explorer, kemudian pilih opsi See More hingga memunculkan menu lainnya secara lengkap
  3. Setelah menekan See More, akan muncul menu bernama Jobs yang mana memiliki ikon berupa tas kerja, tekan Jobs
  4. Setelah menekan Jobs, akan muncul halaman baru yang menyediakan beberapa penawaran kerja
  5. Cari pekerjaan yang kamu inginkan dengan melakukan Filtering atau mencarinya secara spesifik

Melalui Smartphone atau Aplikasi Facebook

Apabila anda mengalami kesulitan untuk mengakses lowongan kerja di Facebook melalui desktop atau laptop, anda juga bisa mengaksesnya melalui aplikasi Facebook. Caranya kurang lebih hampir sama, yang membedakan umumnya hanya bahasa yang digunakan pada aplikasi anda. Berikut cara untuk mengakses lowongan pekerjaan di Facebook melalui smartphone:

  1. Buka aplikasi Facebook, login aplikasi tersebut bila anda belum masuk
  2. Tekan tombol menu, posisi untuk aplikasi android dan iOS mungkin berbeda
  3. Akan muncul banyak menu, scroll ke bagian bawah maka anda akan menemui menu Jobs atau lowongan kerja tersebut. Namun bila menu tersebut belum keluar, klik See More
  4. Akan muncul halaman baru yang diawali dengan lowongan pekerjaan yang anda cari.
  5. Pilih pekerjaan yang anda minati

Sebagai catatan, untuk pencarian kerja melalui fitur lowongan kerja di Facebook ini, meskipun lebih aman tetaplah berhati-hari dalam menerima lowongan. Contreng biru pada akun juga bisa menjadi pedoman bahwa informasi yang diberikan berasal dari akun yang memang dapat dipercaya. Jikalau belum ada ikon contreng biru, anda bisa mencari tahu dulu kebenaran informasi tersebut.

Semoga artikel ini bisa membantu anda yang ingin mencari lowongan pekerjaan melalui platform Facebook. Tetap waspada terhadap penipuan yang seringkali tersebar di Facebook. Semoga sukses.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment