Samsung

Samsung Galaxy A11, Ada Yang Baru

Samsung kembali melakukan update untuk lini smartphone murahnya di seri A yakni Samsung Galaxy A11. Smartphone ini mendapatkan beberapa pembaharuan yang kekinian meski memang ada juga penurunan yang cukup berarti. Lalu apa sajakah pembaharuan tersebut dan apa saja yang hilang dari smartphone ini? Berikut ulasannya untuk kamu.

Desain dan Layar

Samsung Galaxy A11Di sisi desain, smartphone yang memang dibuat untuk entry level ini wajib menggunakan material plastik. Meski ada perubahan signifikan pada bagian warna yang sebelumnya di seri A10s smartphone ini tampak dengan kilau metalik, namun kali ini cukup dengan warna yang lebih kalem seperti versi awalnya dengan pilihan warna Black, White, Blue, dan Red.

Samsung Galaxy A11 ini juga kini membawa kamera depan berdesain punch hole camera yang tampak lebih kekinian. Kamera belakangnya juga berubah menjadi tiga buah yang awlanya ada satu di varian A10 dan dua kamera belakang di A10s. Sensor sidik jari juga masih setia berada di belakang bodinya yang mungkin memang wajar karena belum mengadopsi sensor bawah layar.

Layarnya sendiri mengalami sedikit perubahan menjadi sedikit lebih besar dari 6,2 inch menjadi 6,4 inch dengan jenis TFT. Sebelumnya, A10s menggunakan PLS TFT yang mana untuk resolusinya masih sama yakni 720p.

Performa

Di sisi performa sayangnya belum diketahui apa prosesor yang digunakan oleh Samsung Galaxy A11. Akan tetapi dilansir dari GSM Arena, ada penurunan di sisi spek prosesor yang mana di A10s sudah menggunakan Octa Core 2.0 Ghz, sedangkan di varian terbarunya hanya mencapai 1,8 GHz saja. Meskipun demikian mungkin tidak akan terlalu kentara.

Untuk RAM nya sendiri ada dua pilihan yakni ada dua yakni 2 dan 3 GB sedangkan untuk internalnya sendiri hanya ada satu pikihan yakni 32 GB saja. Di sisi ramnya ini sebenarnya sudah ada penurunan sejak varian A10 nya dimana RAM terbesarnya sempat mencapai 4 GB. Meski demikian, kapasitas baterainya masih sama yakni 4000 mAh.

Hanya saja untuk varian A11 terbaru kali ini sudah mendukung Fast Charging yang mampu mengisi daya hingga 15 W. Pembaharuan yang mungkin akan terasa sekali perbedaannya dengan versi lamanya.

Kamera

Di sisi kamera mungkin yang paling terlihat paling menonjol dari pembaharuan perangkatnya yang mana sebelumnya hanya dual camera saja untuk kamera bekakangnya namun kini sudah menggunakan tiga kamera belakang. Komposisi dari kamera tersebut adalah kamera utama 13 MP dengan lensa wide, kamera ultrawide beresolusi 5 MP dan yang terakhir adalah sebuah kamera sensor dengan resolusi 2 MP yang akan memberikan efek bokeh pada gambar.

Sedangkan untuk kamera depannya, A11 yang mengandalkan Punch Hole Camera memiliki resolusi 8 MP. Meski demikian, memang kamera yang dibawa Samsung Galaxy A11 ini kurang didukung dengan adanya fitur tambahan seperti penstabil gambar meski memang untuk kamera belakangnya sudah didukung dengan fitur HDR yang dapat menambah kualitas gambar di luar ruangan.

Harga

Untuk harga dari Samsung Galaxy A11 ini sepertinya mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari versi pendahulunya. Jika versi pendahulunya dijual dengan harga yang termurah dibawa 2 juta atau 1 jutaan, namun untuk A11 tahun ini mungkin akan dijual dengan angka diatas 2 jutaan yang bahkan bisa mencapai angka 2,8 jutaan rupiah melihat dari kursnya saat ini.

Tentu ini bisa menjadi penurunan untuk seri Galaxy A10 yang sebelumnya disukai karena menggunakan desain kekinian dengan harga yang masih terjangkau dan bisa bersaing dengan brand smartphone lainnya. Namun, pertimbangan tetap ada di tangan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment