Nokia

Nokia 8.3 5G, Desain Anti Mainstream

Terus berusaha untuk bangkit dan mendapatkan pasar yang dukubpernah dikuasainya, Nokia mengumumkan sebuah smartphone yang akan membawa jaringan 5G nya yakni Nokia 8.3 5G. Smartphone yang akan dirilis untuk pasar menengah ini diprediksi akan mulai berada di pasar mulai Juli mendatang, lalu apa saja yang dibawa smartphone ini? Berikut ulasannya untuk kamu.

Desain dan Layar

Nokia 8.3 5GNokia 8.3 5G membawa desain yang bisa dibilang berbeda dengan kebanyakan smartphone saat ini, layar depannya membawa desain punh hole camera dan juga dengan ukuran besar yakni 6,81 inch berjenis IPS LCD serta resolusi 1080 x 2400 pixel. Smartphone ini juga memiliki kepadatan layar yang baik yakni 386 dpi. Selain itu sensor sidik jarinya tidak ada dibawah layar ataupun di belakang, melainkan ada di samping frame.

Sedangkan untuk kamera belakangnya juga memiliki desain yang unik yakni membulat dengan empat kamera di dalamnya. Desain bagian belakang bodinya juga bersih karena tidak ada sensor sidik jari meski juga bekum diketahui apa bahan atau material dari bodi smartphonenya. Tak hanya itu saja, warna dari smartphone ini juga baru diketahui satu jenis yakni Polar Night.

Performa

Di sisi performa, Nokia 8.3 5G juga tidak bisa dipandang sebelah mata karena Nokia mengandalkan Android One seperti smartphone buatan Google. Alhasil Nokia merupakan salahtu perangkat yang akan cepat mendapatkan update dari Google dan juga jeroannya tidak akan banyak ditemukan bloatware atau aplikasi yang bukan langsung dari Google.

Selain sisi software yang mumpuni, smartphone ini didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 765G yang SoC nya sudah mendukung jaringan 5G. Hal ini juga semakin mendukung performanya karena Android One dari Google dikenal sangat ringan untuk digunakan. Android One ini berbeda dengan Android Go yang ada pada Nokia 1.3, meskipun sama-sama ringan namun Android One lebih unggul fitur-fiturnya.

Untuk RAMnya, tersedia dua lilihan yakni RAM 6 gb berinternal 64 GB dan RAM 8 Gb dengan 128 GB. Nokia 8.3 5G juga didukung dengan kapasitas baterai yang cukup mumpuni berjenis Li Po dengan kapasitas 4500 mAh yang didukung dengan fast charging 18W melalui port USB Type C nya. Semakin sempurnalah smartphone ini apalagi sektor kameranya yang juga mumpuni.

Kamera

Sektor kamera menjadi salah satu sektor yang positif dari Nokia 8.3 5G ini. Quad Camera nya terdiri dari kamera utama dengan resolusi besar yakni 64 MP. Sedangkan kamera keduanya merupakan kamera UltraWide dengan resolusi 12 MP. Sedangkan dua kamera lainnya adalah kamera macro dan kamera sensor kedalaman dengan resolusi 2 MP.

Yang selalu menarik dari kamera yang dibawa oleh Nokia adalah lensanya yang dibuat oleh Carl Zeiss yang merupakan salah satu perusahaan pembuat lensa yang terkenal. Dibekali dengan Gyro dan EIS, smartphone ini memungkinkan kamu untuk mengambil video dan gambar dalam keadaan stabil. Kamera depannya juga terbilang spesial dengan resolusi 24 MP dengan lensa Carl Zeiss.

Harga

Meski sudah diprediksi kapan akan dirilis namun belum diketahui harga resminya bila masuk ke Indonesia. Sedangkan untuk harga yang dipatok di luar Indonesia sendiri adalah 600 Eur yang mana jika dirupiahkan setidaknya akan mencapai angka 10 juta rupiah. Memang di sisi spek dengan harga tersebut, Nokia sepertinya menjualnya terlalu mahal.

Mengingat prosesor yang digunakan bukanlah prosesor high end seperti Snapdragon 865 terkini, Nokia 8.3 5G sepertinya akan sulit untuk bersaing dengan smartphone mid range lainnya meski memang di sisi kamera, Nokia bisa lebih superior karena dukungan lensa dari Carl Zeiss.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment