Sony

Sony Xperia L4, Teranyar Dari Sony

Sony kembali meluncurkan smartphone mid range nya pada bulan April lalu. Smartphone yang sudah diumumkan sejak bulan Februari lalu ini menghadirkan ciri khas yang dibawa flagship Sniy terbaru. Meskipun demikian, smartphone bernama Sony Xperia L4 ini belum diketahui apakah akan masuk ke oasar Indonesia atau tidak. Karena memang persaingan pasar Indonesia yang ketat.

Desain dan Layar

Sony Xperia L4Di sisi desain, seperti yang sudah disampaikan jika Sony Xperia L4 ini memiliki bodi seperti flagshipnya yang memanjang. Ini memang trend yang sedang dibangun oleh Sony dengan yakni rasio 20:9. Sementara ukuran layarnya sendiri berukuran 6,2 inch berjenis IPS LCD dengan resolusi 720p. Sayangnya mungkin kepadatan layarnya yang kurang yakni hanya 295 ppi saja.

Untuk bodinya, smartphone ini masih didominasi plastik. Meski demikian desainnya masih cukup bersih terutama bagian bodi belakangnya yang hanya ada kamera saja. Karena seperti biasa, Sony meletakkan sensor sidik jarinya di samping yang kini sepertinya banyak diikuti. Kamera depannya masih mengandalkan single water drop camera namun tak tampak mengganggu.

Hanya saja untuk warna yang tersedia hanya ada dua saja yakni warna hitam dan biru. Sony memang dikenal tidak terlalu banyak memberikan varian warnanya.

Performa

Di sisi performa, mungkin menjadi hal yang patut dipertimbangkan dari Sony Xperia L4. Pasalnya smartphone ini menggunakan prosesor Mediatek Helio P22 yang mana mungkin masih dianggap miring oleh sebagian orang. Sedangkan  untuk ramnya sendiri hanya ada satu saja yakni ram 3 GB. Sedangkan internalnya sendiri juga sama hanya disediakan pilihan 64 GB.

Sedangkan untuk baterainya sendiri Sony Xperia L4 ini dibekali baterai berkapasitas 3850 mAh. Mungkin kapasitas ini terbilang kurang bersaing dimana smartphone saat ini setidaknya memiliki baterai 4000 mAh. Namun dengan managemen sistem yang baik smartphone ini dapat bertahan dengan baterai tersebut. Namun smartphone ini juga sudah mendukung fast charging dan Type C.

Sedangkan untuk perlindungan anti air dan anti debu yang biasanya menjadi fitur andalan dari smartphone buatan Sony sepertinya absen untuk seri Xperia L4. Hal ini juga mungkin karena untuk mengurangibp harga jual smartphonenya.

Kamera

Sisi kamera mungkin menjadi sektor yang bisa menjadi poin plus untuk Sony Xperia L4. Pasalnya smartphone ini sudah membawa tiga kamera yang mana meskipun belum 4 kamera, namun sudah cukup mumpuni. Dengan komposisi kamera seperti kamera wide beresolusi 13 MP, kamera ultrawide beresolusi 5 MP dan sebuah kamera sensor kedalaman beresolusi 2 MP.

Sedangkan untuk kamera depannya, Xperia L4 membawa kamera dengan resolusi sebesar 8 MP. Kamera depan dan belakangnya sudah mampu merekam video dengan resolusi 1080p@30 fps. Apalagi mengingat Sony merupakan salah satu produsen kamera smartphone termasuk untuk sensornya sehingga resolusi yang kecil tidak berarti kualitas gambarnya juga buruk.

Harga

Dengan spek yang dibilang penuh plus dan minus, Sony Xperia L4 ini mungkin harus kamu pilih dengan berbagai pertimbangan. Pertimbangan pertama tentu ada di kameranya yang mana produk dari Sony terbilang senior untuk urusan kamera. Sedangkan pertimbangan untuk tidak membeli smartphone ini mungkin ada di sisi performanya yang terbilang pas-pasan.

Pertimbangan lainnya ada pada harganya yang mana untuk pasar Eropa dijual dengan harga 199 Euro saja yang jika dirupiahkan akan mencapai angka 3,2 jutaan. Bagaimana? Apakah menurutmu harga tersebut pas? Sebelumnya Sony juga meluncurkan samrtphone terjangkau seperti Xperia 10 II. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi terbaik untuk memilih smartphone yang akan kamu beli.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment