Samsung

Samsung Galaxy A70, Sudah Berumur Setahun Masih Layakkah?

Samsung Galaxy A70Menjadi salah satu lini smartphone kelas menengah dari Samsung di tahun 2019 lalu menjadikan smartphone ini banyak sebagai pilihan. Namun, bagaimana di tahun 2020 ini? Apakah Samsung Galaxy A70 masih bisa diandalkan? Mari kita ulas bersama perangkat yang diluncurkan pada bulan Maret tahun 2019 lalu, kira-kira apa yang masih menjadi daya tarik dari perangkat ini.

Desain dan Layar

Di sisi desain, sebagai salah satu smartphone mid end, Samsung Galaxy A70 tentu diharapkan memiliki desain terutama built material yang tidak sembarangan. Sayangnya smartphone ini mendapatkan kritik pedas dari para pengamat teknologi karena bodinya yang terbuat dari plastik meski tidak terasa seperti plastik di smartphone entry level.

A70 juga tidak hadir dengan balutan warna yang gonjreng namun tetap berkilauan dengan warna dasar Coral, Blue, Black dan White. Layarnya sendiri berukuran 6,7 inch, Super AMOLED beresolusi 1080 x 2400. Layarnya hanya dilindungi Gorilla Glass 3 saja. Kamera depannya terletak di ujung tengah atas yang disebut Samsung sebagai Infinity O.

Untungnya Samsung meletakkan sensor sidik jari di bawah layar dari A70 ini sehingga membuatnya tampak semakin layak meski harga jualnya dipatok tinggi. Namun untungnya saat ini harga jual A70 semakin turun.

Performa

Di sisi performa, seperti yang diharapkan pada smartphone mid end, Samsung membekalinya dengan Snapdragon 675 yang dipasangkan dengan Adreno 612. Ada dua buah pilihan ram yakni 6 dan 8 GB, namun berbeda untuk pilihan memori internal yang hanya ada satu yakni 128 GB dan masih bisa ditambahkan dengan memori eksternal. Untungnya smartphone ini sudah memakai USB Type C.

Samsung juga membekali smartphone ini dengan kapasitas baterai yang besarnya sama seperti dengan lini lainnya dan sepertinya baterai besar ini sudah menjadi branding baru untuk Samsung. Samsung membekalinya dengan baterai berkapasitas 4500 mAh. Samsung juga mengandalkan charger dengan daya 25 W yang membuat waktu casnya semakin cepat meski kapasitas baterai besar.

Kamera

Sisi kamera Samsung Galaxy A70 tahun 2019 ini masih layak untuk dipertimbangkan. Pasalnya meski hanya membawa 3 kamera belakang saja, namun A70 membawa kamera dengan kualitas yang cukup mumpuni seperti kamera utama 32 MP F/1.7 berlensa wide, kamera 8 MP F/2.2 berlensa ultrawide serta kamera 5 MP untuk sensor depth focus.

Untuk kamera depannya, Samsung menyertakan sebuah kamera dengan resolusi besar yakni 32 MP dengan lensa wide serta mendukung fitur HDR. Sektor kamera ini cukup layak dipertimbangkan apabila harga yang ditawarkan sesuai dengan ekspetasi atau budget yang sudah kamu siapkan.

Harga

Untuk harga sendiri, Samsung Galaxy A70 untuk varian RAM 6 GB nya sendiri dihargai 5,2 jutaan rupiah. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB nya dihargai 5,2 jutaan rupiah. Kedua varian A70 ini mengalami penurunan hingga 500 ribuan semenjak pertama kali dirilis pada bulan Maret 2019 lalu. Meskipun demikian keputusan tetap berada di tangan kamu.

Harganya yang semakin turun ini dikarenakan Samsung sudah merilis penerusnya yakni Galaxy A71 yang bahkan dirilis di tahun yang sama, tepatnya pada bulan Desember 2019. Selisih harganya saat pun terpaut hingga 500 ribuan saja namun dengan peningkatan di beberapa poin seperti desain, kamera dan juga spesifikasi prosesor dan termasuk One UI 2.0 dari Samsung.

Sebagai informasi, Samsung Galaxy A70 bekasnya semakin murah, harganya berada di kisaran 2 jutaan hingga 3 jutaan rupiah saja. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bisa dijadikan referensi dalam berbelanja gadget maupun smartphone. Selamat berburu gadget terbaru.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment