Samsung Galaxy A01, Smartphone Murah Baru Dari Samsung

Diserang di berbagai lini harga, sepertinya Samsung beleum mau menyerah untuk smartphone harga terjangkaunya. Seri A yang dikenal diawali dengan angka 1 sampai 9 kemudian angka nol ternyata tidak ambil pusing ketika Samsung membaliknya. Samsung baru saja merilis smartphone dengan kode Samsung Galaxy A01. Kira-kira bagaimana spesifikasinya? Kita coba cek bersama.

Desain dan Layar

Samsung Galaxy A01Samsung Galaxy A01 hadir dengan desain yang mengikuti tren saat ini yakni kamera yang tersusun secara vertikal di sebelah kanan. Hanya saja desain kekinian ini tak berlaku untuk layar depannya yang masih membawa gaya water drop, padahal saat ini sudah banyak yang mengandalkan punch hole kamera. Meskipun begitu bodinya masih dominan plastik dan terasa solid dalam genggaman,

Alasannya tentu saja karena ukuran layar yang sebenarnya tidak terlalu besar yakni 5,7 inch saja. Dengan bezel yang tipis dan ketebalan yang tak begitu terasa, smartphone ini sangat mumpuni untuk menemani kamu berkegiatan seharian terutama untuk jamu yang punya budget terbatas. Ada 3 pilihan warna yakni Black, Blue dan Red. Oh iya, banyak yang bilang jika varian ini adalah versi lain dari A10.

Performa

Di sisi performa sepertinya Samsung juga tidak ingin mengecewakan penggemarnya. Pasalnya, Samsung Galaxy A01 ini dibekali dengan baterai 3000 mAh yang terbilang cukup untuk diajak beraktifitas seharian. Prosesornya pun mengandalkan Snapdragon 439 untuk entry level yang terbilang hemat daya. Prosesornya juga dipasangkan dengan Adreno 505.

Untuk RAMnya, Samsung Galaxy A01 membawa satu pilihan saja yakni 2 GB dengan pilihan internal hanya 16 GB. Rasanya memang sangat kurang namun kamu bisa menambahknanya dengan melalui slot memori eksternal. Smartphone ini juga masih menggunakan MicroUSB 2.0 yang tidak memiliki kemampuan fast charging apapun. Akan tetapi pengisian dayanya juga tak terlalu lama.

Kamera

Di sisi kamera, smartphone ini mungkin bisa dibilang cukup. Pasalnya Samsung Galaxy A01 hadir dengan kamera 12 MP berlensa wide f/2.2 serta AF. Sedangkan untuk kamera keduanya hanyalah kamera sensor kedalaman beresolusi 2 MP saja. Jadi dengan harga yang terjangkau kamu masih dapat menghasilkan gambar yang bokeh atau dengan blur di bagian belakang.

Kamera depannya sendiri juga tidak begitu impresif. Samsung menawarkan kamera depan dengan resolusi yang hanya 5 MP saja. Meski demikian hal itu tidak berarti buruk, untuk penggunaan sebagai kamera video call, ukuran 5 MP sudah lebih dari cukup. Sedangkan untuk foto selfie, mungkin kamu harus mengambil hambar dalam ruang yang cukup cahaya.

Harga

Samsung Galaxy A01Dengan keterbatasan spesifikasi diatas, sangat dimaklumi bila kita melihat harganya. Samsung Galaxy A01 dijual dengan harga 1,5 jutaan rupiah saja. Meski dirilis sejak bulan Desember lalu, namun smartohone ini masih terbilang baru di quarter awal tahun 2020 ini. Lalu berapa harganya? Harganya adalah berkisar antara 1,5 jutaan rupiah.

Di rentang harga tersebut, A01 bahkan harus melawan rekannya sendiri mulai dari A10, A10s hingga A11 dan juga masih banyak lagi smartphone lain dari brand pesaingnya yang bisa menyaingi smartphone ini seperti Redmi 8A dan yang baru rilis yakni Realme C3. Jadi kesimpulannya apakah layak jika smartphone ini kamu beli? Jawabnnya adalah sesuaikan dengan budget kamu atau sesuaikan dengan kebutuhanmu sehari-hari.

Semoga artikel ini membantu kamu yang sedang mencari referensi untuk mencari smartphone terjangkau yang sesuai dengan rekomendasi, spesifikasi atau referensi yang tepat. Selamat berburu.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment