Samsung

Samsung Galaxy A80, Dulu NgeHits, Sekarang?

Samsung Galaxy A80Tahun 2019 bisa dikatakan sebagai tahun pencarian jati diri. Pasalnya banyak inovasi untuk smartphone agar layarnya tidak dipasangi poni. Alhasil berbagai cara dilakukan mulai dari pop up camera hingga seperti yang dilakukan Samsung Galaxy A80 ini yakni flip camera. Lalu apakah smartphone dengan sistem kamera ngehits ini bisa bertahan di tahun 2020? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar

Sisi layar Samsung Galaxy A80 ini jelas bisa dikatakan superior. Pasalnya smartphone ini tidak memiliki poni, notch ataupun hole di layarnya yang seluas 6,7 inch berteknologi Super AMOLED. Bezelnya yang tipis membuat layarnya terlihat begitu luas dan tetap nyaman dalam genggaman. Semuanya itu dikarenakan desain kamera unik dari A80 yang juga berjenis slide.

Tersedia tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih mulai dari Angel Gold. Ghost White serta Phantom Black. Bodinya juga sudah dibalut oleh kaca Gorilla Glass 3 termasuk untuk layar depannya. Tak hanya luas, layar A80 juga menyembunyikan sensor sidik jari yang semakin membuatnya terlihat futuristik saat ditampilkan di tahun 2019 lalu.

Performa

Samsung Galaxy A80Samsung Galaxy A80 dihadirkan untuk pasar menengah dan juga sebuah inovasi dari Samsung, sehingga performanya cukup patut diperhatikan. Prosesor Snapdragon 730 dipasangkan dengan GPU Adreno 618 membuat smartphone ini bisa diajak ngebut. Apalagi didukung dengan RAM 8 GB dan juga internal 128 GB tanpa tambahan eksternal.

Mengandalkan layar Super AMOLED pastinya membuat smartphone ini lebih hemat daya, maka tak heran baterai sebesar 3700 mAh dianggap cukup untuk keseharianmu. Smartphone ini juga sudah mengadopsi USB Type C yang mampu mengisi baterai dengan daya mencapai 25 W. Alhasil, waktu pengisian baterai bisa berjalan dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama.

Kamera

Sisi kamera merupakan bagian yang patut kamu perhatikan. Pasalnya di tahun 2020 ini banyak brand yang membuat smartphone dengan 4 hingga 6 kamera dan juga resolusi kamera yang besar. Berbeda dengan Samsung Galaxy A80 yang hanya menyediakan total 3 buah kamera saja yakni sebagai berikut. Kamera utama 48 MP wide, 8 MP ultrawide serta sebuah kamera TOF 3D untuk sensor kedalaman.

Karena memiliki motor penggerak yang dapat mengubah kamera belakangnya menjadi kamera depan dengan sistem flip atau membalik, maka untuk selfie kamera pun mendapatkan kualitas yang sama dengan kamera belakangnya termasuk hasil selfie dengan fitur bokehnya. Ini yang juga bisa menjadi poin plus selain dari sisi desain, layar dan juga performa yang masih layak.

Harga

Jika layar, desain, performa dan juga kamera masih sangat layak untuk digunakan di tahun 2020 ini, selanjutnya adalah menilai apakah harga yang ditawarkan Samsung juga layak mengingat sudah banyak generasi smartphone terbaru yang mengungguli spesifikasi A80 tersebut dengan harga yang murah. Keputusan tetap berada ditanganmu.

Samsung Galaxy A80 sendiri saat peluncurannya dihargai sebesar 9,5 jutaan rupiah di bulan Mei 2019. Sekarang A80 bisa kamu beli dengan harga yang turun hingga 2 juta rupiah yakni dijual dengan harga 7,5 jutaan rupiah saja. Tentu perbedaan angka 2 juta ini meskipun belum berumur satu tahun, patut menjadi pertimbangan kamu untuk membeli Galaxy A80.

Di tahun 2020 dengan harga 7,5 jutaan rupiah, kamu bisa mendapatkan smartphone lain dibanding Samsung Galaxy A80. Bahkan dari Samsung sendiri seperti Galaxy S10 Lite atau naik sedikit kamu bisa mendapatkan Galaxy Note 10 Lite. Namun kamu harus merelakan kamera depan dan layar full nya yang tidak sebaik Galaxy A80. Semoga sukses.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment