Samsung Galaxy Note 10 Lite, Versi Imut dari Keluarga Note Series

Samsung sudah dikenal dengan Note Seriesnya yang selalu menghadirkan fitur mantap tak tertandingi, bahkan oleh seri S nya. Seri Note ini mempunyai fitur unik dengan keberadaan stylus canggihnya. Dan kini, Samsung berusaha untuk membawa sebagian dari kecanggihan Note Series dalam varian yang lebih murah yakni Samsung Galaxy Note 10 Lite. Kira-kira seperti apa spesifikasi yang dibawa?

Baca juga : Spesifikasi dan Harga Hp Samsung J5 Pro Terbaru 2020

Sama seperti Galaxy S10 Lite nya, beberapa fitur Note 10 Lite dipangkas dari versi standar nya seperti resolusi layar yang tidak setajam Galaxy S10 maupun Note 10, pilihan internal hanya 128 GB dan triple kamera yang hanya 12 MP saja. Namun yang paling menarik adalah seri S10 Lite yang ternyata membawa kamera yang jauh lebih baik dengan harga yang sama persis.

Desain

Samsung Galaxy Note 10 Lite

Di sisi desain, perubahan dari versi standarnya dengan versi litenya cukup kentara. Versi Lite membawa ukuran layar yang lebih besar yakni 6,7 inch dimana versi standarnya hanya 6,3 inch saja. Layar dari Note Lite juga cenderung lebih membulat ketimbang Note 10. Perbedaan lainnya ada pada kualitas layar dimana Note 10 jelas mengungguli dengan Dynamic Amoled Capacitive.

Pada Note Lite sendiri hanya dibekali layar Super Amoled yang khas pada smartphone menengah samsung. Hal lainnya yang berbeda adalah pilihan warna yang tersedia hanya Aura Glow, Aura Black, dan Aura Red sedangkan versi Note 10 ada tambahan Aura Pink. Dengan ukuran layar yang lebioh besar, Note 10 Lite jelas lebih berat ketimbang Note 10.

Spesifikasi

Samsung Galaxy Note 10 LiteDi sisi spesifikasi, ada perbedaan kentara dari keduanya. Untuk Note 10 Lite membawa prosesor Exynos 9810, berbeda dengan Note 10 sudah memakai Exynos 9825. Untuk pilihan ram dan internal nya lebih beragam, Note 10 Lite memiliki ram yang lebih kecil yakni 6 GB dan 8 GB dengan internal 128 GB, dimana untuk Note 10 hanya ada pilihan ram 8 GB dan internal 256 GB saja. Meskipun demikian, skor Antutu Note 10 Lite jauh tertinggal oleh skor Note 10.

Hal yang hilang dari Note 10 pada versi litenya adalah kemampuan fitur water resistantnya yang tidak diketahui informasinya. Namun pada versi lite terdapat peningkatan besaran baterai yakni 4500 mAh dimana sebelumnya hanya 3500 mAh saja. Dengan optimalisasi UI One 2.0 dari Samsung, membuat daya tahan baterai Note 10 Lite jauh lebih baik.

Kamera

Di sisi kamera, Samsung membekali spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lite sedikit dibawah dari versi standarnya yakni dengan komposisi triple camera sebagai berikut 12 MP, f/1.7 dengan lensa wide, 12 MP, f/2.4, 52mm lensa telephoto dengan  2x optical zoom serta 12 MP, f/2.2, berlensa ultrawide. Yang hilang adalah fitur SuperSteady Video dari Note 10.

Untuk kamera depannya, Samsung membekali Note 10 Lite dengan peningkatan resolusi yang awalnya hanya 10 MP saja namun kini beresolusi 32 MP meski, diatas kertas kamera 10 MP dari Note standar ini memiliki fitur dan spesifkasi yang jauh lebih baik. Namun, hasil dari kamera depan Note 10 Lite tetap masih bisa diandalkan untuk selfie ataupun bermain TikTok.

Harga

Diluncurkan pada Q1 tahun 2020 ini, Samsung Galaxy Note 10 Lite dijual dengan harga mulai dari 8 jutaan. Sedangkan untuk versi standarnya di tahun 2020 ini masih menyentuh angka 9 hingga 13 jutaan rupiah. Dengan perbedaan angka yang cukup signifikan, beberapa fitur Samsung Note 10 Lite masih bisa diandalkan dan layak untuk berada di tahun 2020.

Apakah menurutmu versi Note 10 Lite ini lebih baik dibanding seri Samsung lainnya seperti di Seri A yang juga mencapai angka 8 jutaan? Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan mengenai perkembangan gadget terutama smartphone dan sebagai pertimbangan sebelum membawanya pulang.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment