Tutorial

Tutorial Mengunci File PPT, Biar Tidak Dicontek

tutorial mengunci file PPT

Untuk kamu yang masih kuliah atau masih bersekolah pastinya sering diberi tugas dalam bentuk presentasi. Nah agar tugas presentasi kamu tidak dicontek, ada cara untuk menghindari hal tersebut yakni dengan mengunci filenya. Caranya pun mudah, berikut langkah-langkah tutorial mengunci file PPT agar tidak bisa dicontek temanmu.

Baca juga : Cara Menghilangkan Background Dengan Mudah Tanpa Editing

Tutorial ini juga sangat bermanfaat untuk kamu yang sehari-harinya bekerja dan selalu membuat presentasi proyek terhadap calon klien. Tentu kamu tidak ingin presentasi yang susah payah kamu buat itu bocor di tangan pesaing atau bahkan rekan kerjamu. Atau secara tidak sengaja file PPT mu dirubah oleh orang lain ketika laptop mu dipinjam.

Oleh karena itu, untuk menjaga file tersebut ikuti tutorialnya selangkah demi selangkah. Sebagai informasi, setidaknya fitur ini sudah ada di seri Office terbaru dan juga beberapa versi sebelumnya. Jadi tutorial ini hanya berlaku untuk Office 2010 keatas, sementara untuk Office lainnya seperti Office 2003 juga bisa, namun caranya berbeda dan cukup ribet.

Berikut langkah-langkahnya

1. Buat File PPT atau Gunakan File PPT Lama

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam tutorial mengunci file PPT kali ini adalah membuat terlebih dahulu file PPT nya. Kalau kamu sudah membuatnya, kamu bisa melewatkan langkah pertama. Namun jika belum, cobalah buat sebuah file PPT.

2. Kunci File PPTmu

Untuk langkah kedua dari tutorial mengunci file PPT adalah dengan mengunci file PPT yang sudah kamu buat. Untuk pengunciannya, pilih menu di pojok kiri atas. Setelah muncul ke semua menunya, pilih pada menu protect presentation. Setelah itu akan muncul menu protect with password.

Setelah kamu mengeklik menu protect with password akan muncul menu atau jendela baru yang menayangkan sebuah kolom ditengahnya. Isi kolom ditengahnya dengan password yang kamu kehendaki bisa mulai angka hingga perpaduan angka dan huruf. Yang terpenting password tersebut susah untuk ditebak dan kamu mengingatnya.

3. File PPT Terkunci!

Nah dengan cara diatas filemu akan sulit diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Setelah file PPT mu terkunci, maka saat mengeklik atau membuka filenya akan muncul permintaan password yang hanya kamu yang tahu.

4. Dokumen lain

Itulah tutorial mengunci file PPT, namun dengan langkah yang sama, kamu juga bisa mengunci file yang lain, asal masih merupakan produk dari Microsoft Office seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. Untuk File Word sendiri ini sangat bermanfaat karena kamu bisa mengunci dokumen penting atau surat cinta yang ingin kamu sampaikan secara rahasia.

Sedangkan untuk dokumen Excel sendiri umumnya berisi laporan keuangan yang bersifat sensitifm sehingga tidak boleh dibuka oleh orang lain yang tidak berkepentingan. Oh ya jangan sampai kamu memberi password yang susah diingat, akan berbahaya bila kamu lupa password karena akan lebih susah lagi untuk meng unlock nya.

Tutorial ini bermanfaat juga untuk menjaga dokumen lainnya agar tidak sembarangan dibuka orang lain. Selain itu saat kita meletakkannya di flashdisk dan ketika flashdisk hilang maka file tersebut tidak dapat dibuka.

Itulah tutorial mengenai bagaimana cara mengunci atau memberi password pada file presentasi atau PPT dan juga beberapa file lainnya di Microsoft Office. Semoga setelah ini keamanan file lebih terjaga dan tidak ada yang memanfaatkan atau mencurinya dari anda. Selamat mencoba!

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment