Xiaomi Redmi 8A, Low-end Tapi Menggoda

Xiaomi Redmi 8A adalah salah satu smartphone yang dirilis Xiaomi tahun lalu, tepatnya pada bulan September 2019. Di tahun 2020 ini, memang sudah banyak smartphone entry level yang dirilis, namun apakah smartphone ini masih layak untuk digunakan di tahun 2020 ini? Nah berikut beberapa referensi seputar spesifikasinya yang mungkin akan memberikan jawaban untuk kamu.

Desain dan Layar

Xiaomi Redmi 8A

Dengan sentuhan backdoor yang berbeda, Xiaomi Redmi 8A memberikan kesegaran untuk desain yang mana bisa dibilang desain smartphone saat ini begitu-begitu saja. Dengan sebuha kamera dna flash yang terletak dalam sebuah braket hitam, Xiaomi memberikan sebuah aksen vertikal yang menarik. Meski memang di sisi bahan, smartphone ini masih menggunakan plastik.

Meskipun demikian, layar IPS LCD berukuran 6,2 inch sangat oas digenggam, apalagi layar HD nya juga terbilang cukup memuaskan dengan perlindungan gorilla glass 5. Desain kamera depan berupa waterdrop membuat layar depannya juga tampak lebih luas dan segar. Tidak sedikit brand smartphone yang masih mengandalkan desain kamera depan berupa waterdrop.

Performa

Karena harganya yang terjangkau, berkisar 1 jutaan saja, maka performa yang diusung Xiaomi Redmi 8A ini bisa dibilang sangat pas-pasan, namun masih cukup untuk bermain game. Pasalnya Redmi 8A dibekali dengan Snapdragon 439 yang memang ditujukan untuk smartphone di kelas entry level. Dukungan ramnya pun tersedia di angka 2 GB, 3 GB dan satu lagi adalah 4GB. Pilihan ROMnya juga terbatas pada angka 32 dan 64 GB.

Hal yang mendukung lainnya adalah di sisi baterai. Untuk baterainya sendiri diisi dengan baterai Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh. Dengan processor kelas entry level ditambah resolusi HD, membuatnya semakin awet, bisa dipakai 2 harian tanpa charge.

Menurut klaim dari pihak Xiaomi sendiri guna mempercepat pengisian daya baterainya, Xiaomi membawa charger dengan kapasitas mantap yakni 18 W meski tidak diketahui berapa lama yang dibutuhkan untuk mengisi 100 persen baterinya.

Kamera

Xiaomi Redmi 8AUntuk sisi kamera, smartphone entry level ini memiliki kamera yang mungkin bagi kamu sangat kurang memenuhi trend masa kini. Hanya saja untuk jumlah kameranya kita tidak bisa berharap banyak mengingat harganya yang terbilang murah. Kamera depannya pun terbilang sangat standar karena memang selain jumlah resolusi gambar ada juga fitur kualitas kameranya juga.

Xiaomi Redmi 8A membawa sebuah kamera di bagian belakang dengan resolusi 12 MP dan fiturnya standar saja, tidak terlalu banyak fitur yang akan membuatmu wah. Selain kamera utama, Xiaomi menjelaskan bagian kamera depan yang mana juga hanya ada satu saja yakni dengan resolusi 8 MP saja. Kira-kira apakah ini sudah cukup membantu kamu di musim hujan.

Harga

Sebagai sebuah smartphone entry level, Xiaomi Redmi 8A pastinya membawa harga yang bersaing. Untuk varian Redmi 8A terendahnya kita bisa membawa pulang dengan mahar sejumlah 1,3 jutaan rupiah saja. Sedangkan untuk varian standarnya yang memiliki ram 4 GB dihargai dnegan harga 1,7 jutaan ke atas. Maka sangat sulit bukan untuk menentukan yang mana.

Dengan harga yang terbilang, sangat terjangkau untuk seri smartphone dari Xiaomi meski memang spesifikais lengkapnya masih sangat berat untuk tahun 2020 ini. Sekarang, tinggal kamu menentukan mana yang sesuai dengan keinginannu. Yang terpenting adalah bahwa memang kamu mencari produk yang sesuai untuk apa yang kamu butuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari pilihan smartphone untuk tahun 2020 individual.selamat berburu.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment