Advan G30 Pro 2020, Secara Serius Dibuat Untuk Harga Murah

Advan G30 Pro 2020 yang dirilis pada bulan Desember tahun lalu ini sepertinya menjadi salah satu bukti lain bahwa Advan bisa dengan serius membuat smartphone yang bisa bersaing di tengah pasar Indonesia yang cukup ramai dengan brand baik brand teknologi raksasa maupun brand lokal. Tentunya ada beberapa alasan mengapa kami berkata demikian dan inilah alasannya.

Desain dan Layar

Di sisi desain secara fisik Advan G30 Pro 2020 ini identik dengan G30 Pro sebelumnya. Namun, varian terbarunya dihadirkan dengan penambahan fitur-fitur lokal seperti Genflix dan Gtunes yang ditawarkan secara gratis selama 6 bulan nonstop. Untuk menayangkan konten hiburan tersebut, jelas perangkatnya tidak boleh mengecewakan. Layar 6,3 inch beresolusi HD Plus menjadi jawaban.

Desain poni water drop camera dibagian layar depannya juga terbilang impresif meski memang di tahun 2020 ini mungkin fitur tersebut sudah mulai ditinggalkan. Kamera belakangnya juga terdapat dau buah kamera yang meskipun berjumlah dua namun diatur sedemikian rupa agar tetap tampil menawan dengan harganya yang murah.

Meski bodinya masih didominasi oleh bahan material plastik, namun Advan memberikan pilihan warna menarik yang kekinian dan membuat smartphone ini layak untuk digunakan kamu muda.

Performa

Di sisi performa, Advan G30 Pro 2020 tampil impresif. Dengan mengandalkan prosesor Unisoc yang dibawa, smartphone ini menggunakan prosesor Octa Core dengan kecepatan 1,6 Ghz yang dipadukan dengan satu pilihan ram dan internal saja yakni ram 4 GB dengan Internal 64 GB. Sangat cukup untuk kebutuhan saat ini seperti main game Mobile Legend atau COD Mobile hingga PUBG Mobile.

Memori internalnya masih dapat ditambah dengan memori eksternal hingga kapasitas 128 GB. Untuk baterainya, Advan G30 Pro 2020 mengandalkan baterai berkapasitas 3000 mAh yang sayangnya masih mengandalkan micro USB Type 2.0. Tidak ada keterangan mengenai apakah ada fitur fast charging atau tidak untuk smartphone ini.

Untuk sistem operasinya, Advan membekali G30 Pro 2020 dengan Android 9.0 Pie yang diberik kustomisasi IDOS 9S.12 buatan Advan. Meski minim sensor sidik jari, namun keberadaan IDOS ini membuat smartphone ini sedikit canggih dengan fitur keamanan melakui pemindai wajah.

Kamera

Di sisi kamera, smartphone ini terbilang kurang. Hanya ada dua kamera belakang yang ada yakni kamera utama beresolusi 12 MP dan yang satu lagi hanya cukup 2 MP saja. Tidak ada keterangan lensa apa yang dibawa di setiap kameranya tersebut. Namun, untuk kamera 2 MP nya bisa berupa kamera ultrawide.

Untuk kamera depannya yang mengandalkan water drop design, Advan G30 Pro 2020 ini mengandalkan kamera yang cukup untuk video call atau mengambil gambar selfie. Kamera dengan resolusi 8 MP tersebut bisa kamu andalkan meski memang minim fitur seperti semsor OIS atau lainnya. Mengingat harganya yang terbatas murah, setting kameranya sudah terbilang cukup.

Harga

Sudah 3 bulan semenjak perilisannya, smartphone terjangkau ini masih dijual dengan angka 1,6 juta rupiah di beberapa e commerce dan marketplace tanah air. Sebelumnya juga ada masa promosi yang membuat smartphone ini dijual dengan harga yang lebih murah yakni 1,4 juta rupiah. Dengan pertimbangan di sisi spek dan juga layar, kamu bisa mempertimbangkan untuk membawa smartphone ini pulang.

Namun bila kamu mengutamakan kamera dari sebuah smartphone, bisa dikatakan Advan G30 Pro 2020 kurang memenuhi ekspetasimu. Itulah beberapa review singkat untuk kamu, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment