Aplikasi Pencari Kunci Gitar

Aplikasi pencari kunci gitar dapat diandalkan para pencinta musik dalam menemukan kunci lagu sehingga ia dapat mengenali nada dan melodinya dengan baik. Kebanyakan aplikasi tersebut mengenali kunci lagu real time mengandalkan algoritma tertentu.

Jika Anda ingin meningkatkan permainan gitar Anda, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mulai menghafal kunci. Aplikasi pencari kunci gitar dapat sangat membantu dalam hal ini, karena aplikasi ini akan menunjukkan kepada Anda di mana menempatkan jari Anda di senar gitar untuk memainkan kunci yang Anda inginkan.

Lalu mana saja rekomendasi aplikasi pencari kunci gitar terbaik?

aplikasi pencari kunci gitar

Rekomendasi Aplikasi Pencari Kunci Gitar Terbaik

Rapid Evolution

Menjadi pilihan aplikasi pencari kunci lagu yang dapat diandalkan. Di samping tombol lagu, aplikasi ini pun bisa mengenali BPM, Replay Gain, dan Beat Intensity. Juga bisa difungsikan untuk memasukkan tag metadata dalam lagu. Langkah-langkah mencari kunci gitar dengan Rapid Evolution adalah sebagai berikut :

  • Masukkan satu lagu melalui menu Impor. Aplikasi ini memfasilitasi berbagai format lagu diantaranya MP3, OGG, FLAC, WAV, MPC, APE dan lainnya.
  • Klik pada lagu yang akan dicari kuncinya. Klik kanan kemudian pilih menu Detect > Key. Aplikasi akan mulai mencari perkiraan kunci lagu lalu setelah selesai, kunci lagu lagu itu akan ditampilkan. Pengguna bisa menandai kunci lagu yang terpindai dari metadata lagu yang pas.
  • Masuk ke menu Options > Settings pengguna bisa mengatur beberapa parameter diantaranya setting deteksi. Pengguna bisa mengaktifkan atau tidak pada ‘detect start and end key‘ dan ‘detect advanced key’. Pun pengguna bisa mengatur persentase sampel audio yang akan diproses.
  • Setting lain yang dapat disetel diantaranya library settings, data mining settings, similarity settings, dan lainnya. Pengguna pun bisa menjalankan lagu itu langsung dari aplikasinya.

Cek: Aplikasi Gitar Listrik Untuk Menyetem Gitar

Guitar and Bass

Pilihan lain aplikasi pencari kunci gitar namun yang ini berbasis Windows. Aplikasi ini tak menampilkan kunci lagu tertentu, namun untuk mencari kunci lagu terkait akord lagu itu. Pengguna bisa masuk ke Tools menu lalu pilih Key Finder. Pengguna bisa menginput chord maka kemudian akan ditampilkan daftar kunci yang relevan dengan chord itu.

Gitar dan Bass intinya merupakan aplikasi untuk belajar instrumen diantaranya gitar, bass, mandolin dan banjo. Pengguna bisa memilih berbagai tool untuk membantu mempelajari musik. Umpamanya belajar tentang Tuner, Chord Finder, atau Metronom. Pengguna bisa menjumpai banyak latihan mulai dari kunci gitar, tangga nada, latihan telinga, dan sebagainya.

KeyFinder

Ini merupakan aplikasi pencari kunci gitar yang bersifat open source yang artinya gratis dan tersedia untuk perangkat Windows maupun Mac. Sesuai namanya, Keyfinder digunakan untuk mencari kunci lagu agar pengguna bisa lebih mengerti skala maupun harmoninya. Langkah-langkah menggunakan KeyFinder adalah sebagai berikut :

  • Seret kemudian lepaskan lagu dalam kolom yang telah disediakan. Aplikasi akan menampilkan metadata lagu itu mulai dari judul, penyanyi, album, komentar, dan sebagainya. Apabila lagu itu memuat data metadata kunci lagu makan akan ditampilkan dalam kolom tag tersendiri.
  • Agar dapat mencari kunci lagu real time, pengguna dapat memilih beberapa lagu kemudian klik tab Run Batch Analysis. Pengguna akan bisa mengetahui kunci lagu yang telah dikenali.
  • Pengguna pun bisa menjalankan analisis detil menggunakan grafik yang caranya adalah klik kanan di lagu itu. Tampilan grafik akan memperlihatkan tuts piano dan pemetaan data not lagu. Pengguna pun bisa menentukan sendiri warna chromagram grafik. Dan bahkan pengguna dapat menulis kunci yang ada di metadata.
  • Pengguna bisa melakukan beberapa pengaturan misalnya rentang lagu (frekuensi mulai, jumlah oktaf, dan sebagainya.), segmentasi dan juga analisis spektral.

KeyFinder merupakan aplikasi pencari kunci lagu portabel, dimana pengguna bisa menjalankannya tanpa harus memasangnya dulu di komputer atau laptop.

Chord Tracker

Chord Tracker adalah aplikasi hebat untuk mengidentifikasi akor dan dapat berguna saat Anda mengatur atau mempelajari sebuah lagu.

Setelah memilih file audio, aplikasi akan memberi nama semua akord dan juga menampilkan BPM. Anda dapat melihat akor dalam notasi staf, melihat not yang membentuk akor pada keyboard, atau mendapatkan diagram akor untuk gitar.

Anda dapat memilih bagian tertentu dari audio untuk diulang dan Anda bahkan dapat mengedit aransemennya dengan memilih akord serupa lainnya yang direkomendasikan oleh aplikasi.

Selain itu, Anda dapat mengubah tempo trek dan mengubah kunci agar sesuai dengan preferensi Anda. Katakanlah Anda mencoba memainkan gitar dan versi vokal dari sebuah lagu yang terlalu keras untuk jangkauan vokal Anda. Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi beberapa seminada dan mendapatkan akord yang tepat yang Anda perlukan untuk versi transpos Anda.

Terakhir, Anda bahkan dapat menghubungkan instrumen yang kompatibel ke perangkat Anda dan merekam akord yang ingin diidentifikasi oleh aplikasi.

MyChord

MyChord adalah aplikasi fungsional untuk ponsel android dan juga iphone yang juga menawarkan pengalaman pengguna yang lancar. Anda dapat memilih file audio yang diunduh dan dalam beberapa detik aplikasi akan menampilkan akord untuk seluruh trek.

Akurasinya cukup tinggi, dan MyChord sangat bagus dalam mendeteksi perubahan akord yang cepat dan mengidentifikasi akord yang tidak jelas dengan benar. Aplikasi ini juga memiliki fitur perekaman yang memungkinkan pengguna untuk merekam lagu atau file audio secara langsung yang ingin mereka analisis.

Selain itu, aplikasi pencari kunci gitar MyChord ini juga menampilkan bagan dan diagram akord untuk instrumen seperti gitar, ukulele, banjo, dan mandolin. Jika Anda ingin dapat memainkan versi dengan cepat di salah satu instrumen ini, aplikasi membuat prosesnya cepat dan mulus.

About Author: