Tips

Aplikasi Video Call Selain Zoom Yang Aman

Video call seakan-akan menjadi salah satu kegiatan kita yang tidak lepas sehari-harinya. Benar saja karena kita dilarang untuk bertemu langsung untuk pencegahan penyebaran Corona. Di tengah booming Video Call, Zoom menjadi aplikasi video call populer. Meski kini harus terjegal karena faktor keamanan, berikut ada beberapa aplikasi video call pengganti Zoom yang aman digunakan.

1. Hangout Meet

aplikasi video callAplikasi bernama Hangout Meet ini merupakan pengembangan dari aplikasi Hangout yang sempat tenggelam. Aplikasi buatan Google ini mampu menayangkan video call hingga 250 orang sekaligus. Sayangnya aplikasi ini hanya terbatas digunakan mereka yang membeli domain email dari Google agar dapat memulai percakapan atau rapat. Untuk Gmail gratisan bisa ikut melalui undangan saja.

2. Skype

aplikasi video callYang satu ini juga merupakan aplikasi video call pengganti Zoom yang aman untuk digunakan rapat ataupun untuk bertemu dengan rekan atau saudara. Meski ada keterbatasan untuk panggilan tertentu saja. Namun Skype sendiri bia diandalkan karena bisa melakukan video call dengan group hingga maksimal 25 orang bersamaan. Tentu lebih dari cukup kan untuk rapat satu kantor.

3. Cisco Webex

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang merupakan aplikasi yang terbilang memiliki fitur yang lengkap mulai dari voting, oret-oret layar menggunakan stylus, hingga tanya jawab atau quiz. Sayangnya untuk pengguna gratis hanya dibatasi pemakaiannya selama 40 menit setiap harinya. Jadi jika kamu ingin menggunakannya tanpa bataan waktu terpaksa kamu harus membayar aplikasinya.

4. Whatsapp

aplikasi video callSiapa bilang Whatsapp tidak masuk dalam daftar aplikasi video call pengganti Zoom yang aman. Ya, meski memiliki keterbatasan anggota pada Group Call yakni hanya 8 orang saja maksimal. Namun karena Whatsapp sudah sering digunakan dan juga kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan, kamu bisa memanfaatkannya untuk group video call dengan keluarga atau teman dekat.

5. Facetime

Untuk aplikasi video call pengganti Zoom yang aman selanjutnya ada Facetime. Facetime memiliki kualitas video call yang baik dan juga aman karena dimiliki oleh perusahaan teknologi raksasa terkemuka yakni Apple. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang memiliki Apple Devices seoerti iPhone, iPad atau MacBook.

6. Messenger

Ya, Facebook juga tidak mau ketinggalan dalam menyediakan layanan group video callnya. Messenger sudah lama diketahui memiliki layanan video call. Namun, kini kamu bisa menggunakannya dengan maksimal 50 orang. Angka tersebut cukup besar dibandingkan beberapa aplikasi diatas sehingga kamu bisa menggunakannya untuk keluarga, teman atau bahkan rapat.

7. Slack

Aplikasi video call pengganti Zoom yang aman selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Slack. Mungkin nama ini asing untuk kamu namun untuk para pekerja kantoran milenial aplikasi ini sangat populer digunakan untuk komunikasi dalam satu tim kerja. Fitur video call groupnya juga bisa digunakan hingga 15 orang sehingga sangat cukup untuk tim kerja kecil dalam proyek.

Meski beberapa aplikasi video call diatas memiliki keterbatasan, namun kamu bisa memilihnya berdasarkan kebutuhanmu seperti kria-kira berapa orang yang akan ikut serta dalam group call tersebut. Jika kamu membutuhkan fitur lebih untuk perusahaanmu, kamu bisa mengajukan pembayaran untuk penggunaan jasa video call group tersebut.

Memang berbayar, namun itu tidak begitu oenting dibandingkan dengan keamanan dari setiap penggunanya. Bila video call tersebut hanya sebatas keluarga atau sahabat dekat, kamu bisa menggunakan Whatsapp atau Messenger, Selamat mencoba dan mencocokan mana yang cocok untuk kamu gunakan bersama keluarga, rekan atau juga hubungan kantor.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment