Tips

Aplikasi Kesehatan Untuk Kebugaran di Bulan Puasa

Bulan puasa bukanlah menjadi batasan untuk kita dalam berolahraga. Namun, dalam berolahraga maupun menjaga nutrisi tubuh kita, penting untuk mendapatkan masukkan yang tepat. Bila tidak, bukan berarti kita malah akan menciderai tubuh kita atau malah mengganggu kesehatan. Berikut ini ada beberapa aplikasi kesehatan untuk kebugaran di bulan puasa.

1. My Fitness Pal

aplikasi kesehatanAplikasi kesehatan yang bermanfaat untuk kebugaran di bulan puasa yang pertama adalah My Fitnes Pal. Aplikasi ini menghadirkan jurnal makanan bermanfaat secara daring, yang bermanfaat untuk apa saja yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Hal ini bisa mencegah kita terlebih saat berbuka puasa yang kadang tidak terkontrol dalam memilih makanan yang bergizi dan baik untuk tubuh kita.

Kunci dari aplikasi ini tentu ada pada bagaimana kita jujur dalam konsumsi makanana kita sehingga tidak hanya sekedar bugar saja, namun juga kita bisa mendapatkan berat badan ideal yang mungkin sudah kamu idam-idamkan.

2. Motion Traxx

Untuk membantu kamu berolahraga saat menjelang berbuka, ada aplikasi kesehatan yang bermanfaat untuk kebugaran di bulan puasa yakni Motion Traxx. Aplikasi ini mengajak kamu untuk berolahraga sambil mendengarkan musik. Alhasil, kegiatan olahragamu tidak akan bosan dan juga penuh semangat.

Lagu yang diberikan juga bukan lagu sembarangan, karena sudah dipilih mana yang cocok unfuk pemansasan, saat olahraga dan juga saat pendunginan. Jadi tidak asal bikin playlist ya.

3. Yoga Wake Up

Selanjutnya ada Yoga Wake Up sebagai aplikasi kesehatan yang bermanfat untuk kebugaran di bulan puasa. Aplikasi multifungsi ini juga bisa dijadikan sebagai alarm yang diikuti dengan pengingat untuk melakukan latihan yoga. Aplikasi ini akan memberikan gambaran gerakan yoga untuk 10 menit setiap harinya. Gerakan yang diberikan juga sesuai urutan gerakan yang berbeda setiap harinya.

Bahkan, fokus aplikasi ini juga bisa lebih pada meditasi beberapa gerakan pose yoga, yang sangat cocok dilakukan untuk kamu yang sedang berpuasa.

4. 7 Minute Workouts

Aplikasi kesehatan yang bermanfaat untuk kebugaran di bulan puasa keempat adalah 7 Minute Workouts. Aplikasi ini tepat  untuk kamu yang masih sibuk bekerja baik dari rumah atau di kantor. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengajari anak agar tidsk terlalu “mager” alias malas gerak untuk berolahraga, karena bisa dilakukan dalam waktu yang singkat yakni 7 menit saja.

Aplikasi ini akan fokus antara kekuatan dan kardio yang latohannya tidak membutuhkan peralatan khusus namun dapat meningkatkan detak jantung melalui gerakan sederhana. Kamu juga akan mendapat notifikasi untuk melakukan olahraga tujuh menit ini setiap harinya.

Waktu berolahraga saat puasa

Sebelum kamu memulai latihan dan olahragamu melalui aplikasi diatas, kamu juga wajib paham waktu yang tepat untuk berolahraga selama bulan puasa ini. Pasalnya tentu saja tubuh kita ada dalam kondisi yang berbeda dibandingkan dengan hari-hari seperti biasanya. Nah berikut adalah waktu olahraga yang disarankan saat berpuasa.

1. Sebelum Sahur

Waktu yang tepat untuk berolahraga yang pertama adalah sekitar setengah jam sebelum sahur. Awali kegiatan olahragamu dengan minum air yang agar tubuh tetap terhidrasi. Jangan lupa setting alarm agar waktu sahurmu cukup.

2. Setelah Buka Puasa

Setelah buka puasa juga menjadi waktu yanh disarajkan untuk olahraga. Namun, sebelumnya tunggu sejenak agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Jangan memaksakan diri untuk olahraga di saat makanan belum selesai dicerna, karena bisa mengakibatkan kerugian pada tubuh, baiknya, jangan konsumsi makanan berat sebelum olahraga setelah berbuka.

3. Setelah Isya

Apabila setelah buka uasa masih sedikit rawan untuk berolahraga, maka waktu setelah Isya merupakan waktu yang aman dan disarankan untuk berolahraga. Alasannya adalah karena setelah jam 19.00 makanan yang dimakan saat buka puasa sudah tercerna dengan baik. Tak hanya mana bagi pencernaan, sesi olahraga kamu pun akan lebih berenergi.

Ingat juga bahwa selama bulan puasa ini, kamu tidak diperbolehkan untuk berolahraga lebih dari 60 menit. Jadi cukup ikuti saran aplikasi diatas ya,

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment