Asus

ASUS Zenfone 6, Masih Layakkah di 2020?


Diantara banyaknya brand smartphone yang beredar di tanah air, Asus adalah salah satu yang cukup mendapatkan perhatian. Salah satu perangkat terkini miliknya adalah ASUS Zenfone 6 Yang juga menjadi flagship ASUS di tahun 2019. Mengingat ini sudah hampir satu tahun sejak perilisannya, apakah smartphone ini masih layak di tahun 2020? Berikut kita ulas satu persatu.

Desain

ASUS Zenfone 6 Memiliki desain yang juga kekinian seperti smartphone lainnya. Smartphone ini memiliki bezel tipis dan juga memiliki warna bodi yang menjadi trend di tahun 2019. Zenfone 6 memiliki layar IPS dengan luas 6,4 inch dengan perlindungan Gorila Glass 6 dan teknologi HDR 10. Sedangkan warna bodinya memiliki dua pilihan, Midnight Black dan Twilight Silver.

Baca juga : Daftar Harga HP Asus Terbaru Lengkap Pembahasan Spesifikasinya

Tipisnya bezel layar serta ketiadaan poni di depan layar adalah berkat sistem kamera unik yang akan berputar dari kamera belakang menjadi kamera depan. Dengan demikian keberadaan kamera di smartphone ini jumlahnya cukup minimalis. Dengan spesifikasi kamera yang mumpuni, rasanya smartphone ini bisa bertahan di tahun 2020 yang banyak mengandalkan kamera beresolusi besar.

Performa

Di sisi performa, ASUS Zenfone 6 juga masih terbilang sangat mumpuni. Hal ini dikarenakan karena Zenfone 6 menggunakan prosesor tertinggi di tahun 2019 lalu yakni Snapdragon 855. Dipadukan dengan dua pilihan ram yakni 6 dan 8 GB membuat sisi performa terbilang kencang. Apalagi pilihan internal luas mulai 64, 128, hingga 256 GB yang masih bisa ditambah eksternal.

Di sisi daya tahan, ASUS Zenfone 6 juga masih bisa diacungi jempol karena ukuran baterainya yang besar yakni Li-Po 5000 mAh. Dengan kemampuan pengisian baterai Quick Charge 4.0 juga membuat pengisiannya menjadi salah satu yang tercepat. Kemampuan Reverse Charge juga membuat smartphone ini bisa menjadi power bank cadangan, meski jangan sering-sering ya.

Kamera

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ASUS Zenfone 6 memiliki sebuah ciri khas yang sebenarnya sudah pernah diadopsi oleh brand lain namun dnegan sentuhan yang berbeda. Motorized flip camera dari Zenfone 6 membuat kamera belakangnya bisa berputar menjadi kamera depan. Sayangnya jumlah kamera yang hanya dua saja ini mungkin sudah terbilang jadul saat ini.

Pasalnya kamera yang ditawarkan brand lainnya bisa mencapai 4 buah kamera bekakang dengan berbagai fitur khusus. Meski demikian, kombinasi dual camera 48 MP f/1.8 berlensa wide serta 13 MP f/2.4 berlensa ultrawide membuat pengguna selfie puas. Apalagi sisi kameranya juga didukung fokus yang cepat dengan penggunaan Laser AF.

Harga

Dengan berbagai fitur dan spesifikasi diatas, ASUS Zenfone 6 masih bisa dikatakan layak untuk dibeli terutama mereka yang mengutamakan performa. Hanya saja mereka yang menginginkan kamera kekinian, meski sebenarnya kualitas kamera Zenfone 6 juga masih salah satu yang terbaik, smartphone ini mungkin tidak terlalu cocok.

Saat ini Zenfone 6 masih dijual dengan harga di kisaran angka 6 jutaan. Jadi ini sepenuhnya merupakan kebutuhan kamu, apakah dengan karakteristik dan spesifkasi diatas smartphone ini cocok untuk kamu bawa sehari-hari di tahun 2020. Mengingat brand lainnya juga banyak meluncurkan smartphone dengan harga serupa namun dengan banyak pembaruan spek.

Di tengah persaingan antara brand smartphone yang begitu ketat, ASUS harus dapat menghadirkan hal yang baru lagi selain motorized camera yang mungkin harus disesuaikan dengan tren atau keinginan konsumen saat ini. Terlebih tidak sedikit brand yang kini meluncurkan flagship andalan yang berbeda satu dengan lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dalam memnerikan wawasan seputar produk flagship dari ASUS. Untuk ulasan lengkapnya, kamu bisa mencari review di YouTube atau mencarinya di situs resminya. Selamat berburu informasi.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment