E-Wallet Tips

Cara Cek Saldo E Toll Lengkap Tanpa NFC dengan Mudah dan Cepat

Meski sebelumnya penggunaan e toll sempat menimbulkan kontroversi, namun kini kita bisa merasakan manfaatnya. Kita tidak perlu lagi repot membayar dengan uang cash apalagi harus menyiapkan uang pas atau menunggu kembaliannya. Hanya saja kita harus memastikan bahwa saldo e toll kita selalu cukup. Berikut ini ada cara cek saldo e toll dengan mudah.

Cara cek saldo e toll ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang mempersiapkan perjalanan jauh dan menggunakan jalan toll. Alasannya agar kamu tidak perlu kerepotan apabila dana dalam kartu e toll mu kurang. Langsung saja kita membaca setiap langkahnya untuk mengecek saldo e toll kita dan kali ini kita akan menggunakan cara tanpa NFC karena tidak semua memilikinya.

Cek saldo e-Toll melalui ATM

Meski tidak semua ATM mendukung fitur ini, namun tidak sedikit ATM yang mempunyai layanan untuk cek saldo e-Toll. Tentunya yang memiliki fitur ini memiliki dengan logo khusus e money yang mendukung e toll. Dengan demikian, kamu bisa cek saldo tanpa harus membawa kartu ATM bank Mandiri. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cari mesin ATM dengan logo khusus, tekan tombol yang berwarna hijau.
  2. Pilih opsi Mandiri e-Money.
  3. Tempelkan kartu e-Toll ke bagian logo khusus e-Money. Ciri dari logonya punya warna kuning
  4. Kemudian, pilih menu Informasi Saldo
  5. Tunggu hingga proses selesai, kemudian mesin ATM akan menampilkan informasi saldo e-Toll kamu di layar

Mudah bukan? Cara cek saldo untuk e toll tersebut bisa kamu lakukan kapan dan dimana saja selama kamu menemukan ATM dengan logo khusus tersebut. Pasalnya tanpa logo khusus, ATM takkan memiliki alat NFC untuk mengecek kartu e toll mu. Selain csra diatas, masih ada cara yang kedua yakni sebagai berikut.

Melalui Internet Banking Mandiri

Apabila kamu memiliki layanan internet Banking bank Mandiri maka kamu juga dapat memilih cara berikut!

  1. Kunjungi halaman ib.mandiri.co.id di smartphone ataupun di PC
  2. Masuk ke akun kamu, jangan lupa untuk memasukan kata sandinya. Kemudian pilih menu Uang Elektronik atau e Money
  3. Pilih Mandiri e-Money, kemudian klik lagi Informasi Saldo
  4. Selanjutnya masukkan 16 digit nomor unik yang tertera pada e-Toll. Untuk letaknya ada pada bagian depan kartu.
  5. Langkah terakhir, klik Kirim
  6. Semua informasi saldo e-Toll akan ditampilkan di layar ponsel/PC yang kamu pakai

Mudah bukan? Bahkan lebih mudah karena kamu tidak perlu mencari ATM berlogo, hanya saja sinyal perangkatmu juga harus baik selama proses pengecekan ini. Masih ada satu lagi cara yang bisa kamu coba yakni sebagai berikut.

Cara Cek e Toll melalui Minimarket dengan EDC

Langkah selanjutnya yang bisa kamu coba tanpa harus memiliki jaringan internet atau karena tidak memiliki e Banking serta jauh dari ATM yang mendukung pengecekan e toll. Caranya adalah dengan melakukan pengecekan e toll di Indomaret atau Alfamart atau minimarket lainnya yang memiliki alat bernama EDC.

Cara ini paling mudah selama kamu dekat dengan minimarket yang umumnya sudah mendukung EDC karena hanya perlu mengunjungi minimarket. Minimart seperti Alfamart atau Indomaret umumnya sudah memiliki mesin EDC untuk cek saldo. Caranya kamu hanya perlu meminta bantuan petugas kasir untuk cek saldo e-Toll dan kamupun akan mendapatkan hasilnya.

Bagaimana? Mudah bukan caranya? Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat serta memberikan wawasan untuk kamu yang sering bepergian jauh atau baru pertama kali menggunakan e toll. Semoga sukses dengan cara diatas.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment