Tutorial

Cara Kompress PDF Menggunakan Smartphone Android Mudah dan Cepat

cara kompress PDFSmartphone android bisa melakukan banyak hal, bahkan yang bersifat teknis sekalipun seperti mengompress file yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di PC. Selain itu kamu juga bisa mengetik dokumen, memotret, berinternet, kirim email dan termasuk kompress file PDF. Cara kompress PDF ini juga sangat mudah dan tidak serumit di PC.

Nah untuk kamu yang sering kirim mengirim file PDF, berikut ini ada cara kompress PDF menggunakan smartphone android dengan aplikasi. Aplikasi untuk kompres PDF ini juga mudah digunakan dan juga bisa diunduh dengan gratis di Play Store. Oleh karena itulah, rekomendasi ini wajib kamu baca. Kamu hanya tinggal memilih mana yang sesuai dengan keinginanmu. Berikut ulasannya.

1. PDF Tools

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk melakukan kompress pada file PDF adalah PDF Tools. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang bisa digunakan untuk mengolah file PDF mu seperti contohnya melakukan Merge PDF, Split PDF, Delete Page, Lock PDF, unlock PDF, add watermark, dan yang tak kalah penting adalah mengompres file PDF.

Dengan User interface-nya yang simpel dan mudah untuk ditelusuri, aplikasi ini juga bisa diunduh gratis. Uniknya lagi, aplikasi ini tidak menampilkan iklan yang biasanya muncul di aplikasi gratisan. Jelas ini adalah pilihan tepat untuk kamu yang suka gratisan. Unduh segera di Play Store, ukurannya hanya 5 MB saja kok.

2. All PDF: PDF Reader

Meski judulnya seperti memberikan fungsi untuk membaca file PDF, namun aplikasi All PDF : PDF Reader ternyata memiliki lebih banyak fitur bermanfaat untuk mengatur dan mengedit file PDF mu. Fitur seperti split PDF File, merge PDF, organize pages, edit metadata, dan organisasi page mungkin akan berguna untuk kamu yang sering berhubungan dengan dokumen PDF

Tak hanya itu saja, aplikasi yang bisa digunakan untuk kompres PDF melalui smartphone android ini juga dapat melakukan extract gambar yang ada di dalam dokumen PDF kemudian menyimpannya dalam sebuah folder. Tak hanya itu saja, All PDF juga dapat kamu andalkan untuk meng convert file PDF menjadi format gambar JPG.

3. I Love PDF

cara kompress PDFMungkin kamu mengenal nama yang satu ini dari website kompress PDF, namun ternyata ada versi aplikasinya. Versi android dari situs tersebut menawarkan berbagai kemudahan lain dalam mengolah file PDF, terutama untuk melakukan kompres file PDF. Apalagi aplikasi ini sudah dikenal di berbagai negara dan memiliki banyak bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Aplikasi ini bisa kamu unduh dari Play Store secara gratis dengan ukuran file 23 MB. Meskipun cukup besar ketimbang dua aplikasi diatas, namun aplikasi ini sudah banyak digunakan dan memiliki rating yang baik dan direkomendasikan untuk kamu yang setiap harinya perlu melakukan kompres pada file PDF nya.

Cara kompress file PDF

Lalu bagaimana cara kompress PDF tersebut? Kurang lebih sama di setiap aplikasi yakni jalankan aplikasinya, kemudian buka file PDF yang akan dikompresi kemudian lakukan pengaturan seperti ukuran kompresi dan tunggu hingga selesai prosesnya. Bahkan untuk penggunaan aplikasi ini umumnya tidak membutuhkan akses internet.

Itulah beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk kamu yang membutuhkan aplikasi kompres file PDF di smartphone mu. Semoga artikel ini memberikan wawasan terutama dalam mengolah berbagai file yang sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari seperti file PDF.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment