Begini Cara Kompress Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Melakukan kompress video atau mengurangi ukuran video seringkali bertujuan agar mudah dikirimkan atau untuk membagikannya di sosial media. Hanya saja kualitas video atau audio dari video tersebut menjadi korbannya. Nah untuk mengatasinya berikut ini ada cara kompress video tanpa mengurangi kualitas dari video tersebut.

Untuk membantu kompress video tanpa mengurangi kualitas nya, kita memerlukan beberapa aplikasi yang direkomendasikan dan juga melakukan beberapa settingan agar kualitasnya tetap terjaga. Prosesnya pun tidak sulit dan juga tidak panjang, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Merubah ukuran file video

Untuk cara pertama dari kompress video tanpa mengurangi kualitas adalah mengurangi ukurannya dengan aplikasi Freemake Video Converter. Langkah-langkahnya cukup mudah dan gampang diikuti oleh orang awam sekalipun. Unduh dan instal aplikasi Freemake Video Converter untuk PC, tambahkan video yang akan dikompresi dan pilih format output yang kamu kehendaki, apabila ingin lebih kompatibel di berbagai perangkat kamu bisa memilih MP4.

Lakukan settingan ukuran file yang kamu inginkan seperti yang ada pada gambar, namun sebaiknya jangan mengurangi ukuran file lebih dari yang disarankan oleh aplikasi agar kualitas video terjaga. Klik Convert Video kemudian OK saat proses selesai

kompress video tanpa mengurangi kualitas2. Mengurangi Resolusi

Cara kompress video tanpa mengurangi kualitas selanjutnya adalah dengan merubah atau mengurangi resolusinya, memang resolusi tinggi akan tampak menarik apabila ditayangkan di layar yang lebar. Hanya saja, bila kamu ingin menontonnya dari smartphone akan lebih baik menguranginya dan sesuaikan hingga terlihat jelas di ukuran layar smartphone mu.

Jalankan aplikasi freemake video converter, tambahkan video yang ingin diperkecil ukuran filenya, klik format dari output yang diinginkan dan pilih video dengan resolusi yang sesuai dengan layar smartphone atau setidaknya masih dapat dinikmati kualitasnya (640 x 480 atau 640 x 360, dll) seperti pada gambar. Klik Convert Video dan tunggu hingga prosesnya selesai.

3. Mengubah Codec nya

Video memiliki codec yang mempengaruhi kualitas dari videonya. Menariknya mengubah codec suatu video dengan tepat, membuat ukuran dari filenya berkurang hingga 2-3 kali dari ukuran aslinya. Hal ini juga bisa kamu lakukan dengan aplikasi yang sama yakni Freemake Video Converter. Codec yang paling efisien dipilih adalah format H.264 yang sama dengan file video HD.

Jalankan aplikasi Freemake Video Converter, tambahkan video yang ingin diperkecil ukurannya dan atur Code nya sesuai dengan gambar. Klik Convert dan tunggu prosesnya selesai

4. Menurunkan Frame Rate dan Bit Rate

Cara selanjutnya yang juga bisa mengurangi ukuran dari suatu video adalah dengan mengurangi frame rate serta bit rate dari video tersebut. Dalam aplikasi Freemake Video Converter ini, setting frame rate dan bit rate ditampilkan di samping Video Codec. Oleh karena itulah kamu bisa mengaturnya dengan melanjutkan langkah diatas setelah memilih Codec videonya agar ukurannya semakin kecil dan kualitas video tetap terjaga.

Settingan frame rate bisa diatur pada angka 24 – 30 fps. Sedangkan untuk bit ratenya disarankan di setting pada 1400 – 2000 Kbps. Kamu bisa melihat settingannya pada dua gambar dibawah. Untuk setting bit rate yang direkomendasikan adalah 1.500 – 4.000 Kbps untuk video 720p dan 3.000 – 6.000 Kbps untuk video 1080p.

Bagaimana? Mudah bukan cara mengurangi atau melakukan kompresi ukuran file videonya? Apalagi hanya dengan satu aplikasi saja, tentu langkah-langkah diatas lebih mudah diikuti, semoga artikel ini membantu kamu dalam melakukan editing video yang hendak kamu kurangi ukurannya.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment