Cara Kompres PDF Menggunakan Word, Adobe Acrobat Pro dan Orpalis PDF Reducer

cara kompres PDF

Salah satu format file dokumen yang banyak digunakan adalah format PDF. File ini umumnya digunakan untuk menyimpan dokumen resmi agar sulit diubah. Beberapa bahkan menjamin orisinalitas dokumen tersebut. Hanya saja seringkali dalam mengirim file PDF, ukurannya dibatasi sehingga perlu mencari cara kompres PDF.

Berikut ini ada beberapa cara kompres PDF dengan menggunakan beberapa aplikasi desktop yang sering kita gunakan. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut ulasannya untuk kamu yang mungkin membutuhkannya untuk mengirim PDF dalam ukuran yang kecil.

1. Menggunakan MS Word

Aplikasi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk kamu. Kamu bisa melakukan cara kompres PDF ini untuk versi Ms Word tahun 2013 keatas. Sedangkan untuk varian sebelumnya masih belum memiliki fitur ini. Kamu bisa menggunakan dua cara yakni membuat dokumen melalui Ms Word terlebih dahulu atau dari PDF yang sudah ada.

1. Apabila kamu ingin mengompres file yang sudah jadi, terlebih dahulu buka file pdf kita menggunakan aplikasi Word 2013 keatas. Caranya pada file klik kanan kemudian pilih opsi Open With…

2. Secara otomatis file PDF yang dibuka akan berubah menjadi file dokumen word

3. Setelah terbuka kemudian pilih Save as > Browse, dan jangan lupa pada Save as type: ubah format file tersebut menjadi type PDF

4. Langkah terakhir, pilih untuk ukuran Minimum size (publishing online) pada opsi Optimize for. Kemudian klik save untuk menyimpannya. Pilihan kedua adalah ukuran terbaik agar hasilnya tetap layak cetak, jadi kamu harus berhati-hati dalam menentukan settingannya.

2. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Aplikasi ini juga tak kalah populer dikalangan pengguna PC. Hanya saja untuk fitur lengkapnya kamu harus membeli aplikasinya. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan adalah Compress PDF, nah berikut ini adalah cara kompres PDF melalui aplikasi Adobe Acrobat Pro yang sangat mudah dan cepat.

cara kompres PDF

  1. Buka file PDF dari folder yang akan kita kompres.
  2. Setelah file tayang, selanjutnya klik pada File, Save As Other, lalu Reduced Size PDF.
  3. Akan muncul Pop Up window, kemudian pilih Retain existing pada pilihan lalu pilih Make compatible with dan terakhir klik OK.
  4. Pilih direktori folder di laptop atau PC mu yang mudah diakses untuk menyimpan file PDF tersebut.
  5. klik Save, file berhasil dikompresi dengan baik.

3. Menggunakan Orpalis PDF Reducer

Cara selanjutnya untuk mengompres file PDF adalah dengan aplikasi Orpalis yang merupakan aplikasi khusus untuk mengompres file PDF. Cara untuk menggunakannya cukup mudah dan kamu tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mengompressnya, caranya adalah sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Orpalis PDF Reducer kemudian jalankan aplikasinya

2. Pilih file PDF yang akan dikompres dengan cara memilih tombol ( ) pada bagian Source. Kemudian klik tombol ( ) pada bagian Destination untuk menentukan dimana kita akan melakukan penyimpanan file yang telah terkompres.

cara kompres PDF3. Klik Start batch untuk memulai proses kompresing file PDF yang sudah kita masukkan,

4. Tunggu proses kompres selesai

5. Akan muncul Pop Up window yang menunjukan bahwa proses kompresi file PDF mu berhasil, cek hasilnya pada folder yang kamu gunakan untuk menyimpan hasilnya.

Bagaimana? Kira kira mana yang paling mudah untuk kamu gunakan? Masih banyak rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan selain tiga aplikasi diatas, namun kamu bisa memilih salah satu aplikasi diatas karena mudah digunakan. Semoga artikel ini membantumu untuk menyelesaikan syarat pengiriman yang membatasi ukuran file PDF. Semoga sukses.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment