Tutorial

Tips Cara Memasukan Tempat Usaha di Google Maps

cara memasukkan tempat usaha di Google MapsSalah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat promosi usaha kita adalah Google Maps. Percaya atau tidak, tidak sedikit orang yang membuka aplikasi peta digital ini setiap harinya dan Google pun memberikan rekomendasi untuk pengguna sesuai dengan apa yang mereka cari seperti Cafe atau restauran. Nah berikut ini ada cara memasukkan tempat usaha di Google Maps.

Untuk cara memasukkan tempat usaha di Google Maps ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu bermodalkan sebuah smartphone saja. Hanya saja untuk mendaftarkan bisnis atau usahamu ke Google Bisnis kamu memerlukan sebuah perangkat komputer. Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu coba.

Untuk menambahkan tempat menggunakan smartphone:

1. Buka aplikasi Google Maps. Jika diminta, pilih akun atau masukkan alamat surel dan kata sandi akun sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.cara memasukkan tempat usaha di Google Maps

2. Ketuk Menu setelah itu, menu pop-out akan ditampilkan. Kemudian pilih opsi Kirim masukan/add missing place, lalu Tambahkan tempat atau Add Missing Placecara memasukkan tempat usaha di Google Maps

3. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman “Add a place“., lalu ikuti petunjuk di layar

4. Isi semua data sesuai dengan yang kamu kehendaki yakni mulai dari kolom “Name” yang ada di bagian atas layar, kemudian ketikkan nama tempat yang ingin kamu tambahkan.cara memasukkan tempat usaha di Google Maps

5. Selanjutnya, pilih kolom “Address” dan ketikkan alamat tempat tersebut. Pastikan kamu juga mencantumkan nama kota, provinsi/daerah, termasuk kode pos. Pasalnya semakin banyak informasi yang kamu cantumkan maka semakin cepat pula Google akan memverifikasi keberadaan tempat yang ingin kamu tambahkan.

6. Selanjutnya pilih kolom “Category” dan pilih kategori yang sesuai dengan tempat yang kamu tambahkan. Kamu bisa mencari kategori yang lebih spesifik dengan cara mengetikkan kata kunci kategori pada kolom teks apabila tidak dimunculkan pilihan.

7. Langkah terakhir, kamu perlu memasukkan informasi-informasi tambahan seperti berikut

  1. “Phone number” (nomor telepon)
  2. “Website” (situs web)
  3. “Hours” (jam operasional) pilih hari operasi, dan tambahkan jam buka dan jam tutup tempat dengan memilih pilihan “SET OPEN AND CLOSE HOURS”

8. Pilih Send atau Kirim agar Google bisa melakukan konfirmasi pada tempat yang baru anda tambahkan. Pada beberapa smartphone android, tombol send ini berupa ikon pesawat kertas

Itulah cara memasukkan tempat usaha di Google Maps melalui smartphone. Kamu juga bisa memasukkan atau menambahkan tempat usahamu melalui desktop atau komputer dengan langkah-langkah yang hampir serupa. Mulai dari isian datanya pun juga sama, yang membedakan hanyalah tampilannya yang mungkin lebih luas ketimbang menggunakan smartphone.

Manfaatkan juga Google Bisnis sebagai aplikasi untuk mengatur lebih lanjut usaha anda selain cara memasukkan tempat usaha di Google Maps diatas. Untuk Google Bisnis sendiri kamu harus membukanya melalui desktop. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Melalui komputer, buka Google Maps.
  2. Di kotak pencarian, masukkan nama bisnis yang baru saja kamu masukkan. Pastikan Google sudah menerima tambahan lokasi pada Google Maps kamu
  3. Pilih nama bisnis dan pilih yang sesuai dengan milikmu
  4. Pilih opsi Klaim bisnis ini, kemudian pilih opsi Kelola sekarang. Sedangkan untuk memilih bisnis lain, pilih opsi Saya memiliki atau mengelola bisnis lain.
  5. Pilih opsi verifikasi, kemudian ikuti langkah selanjutnya di layar

Dengan mendaftarkan bisnis atau usaha kamu di Google Bisnis, kamu akan mendapatkan berbagai kelebihan seperti visibilitas toko pada Google Maps yang lebih baik. Selain itu juga aplikasi ini diberikan secara gratis sehingga kamu tidak perlu khawatir. Semoga artikel ini membantu memperlancar bisnis dan usaha kamu.

Sending
User Review
5 (2 votes)

Leave a Comment