Tutorial

Cara Merangkum Video Youtube Menjadi Teks

Apakah ada cara untuk mengubah video youtube menjadi konten teks? Tentu saja, dan Kamu bahkan tidak perlu mengetikkan seluruh video. Menggunakan alat yang kami rekomendasikan, Kamu dapat mengonversi video menjadi teks secara otomatis. Ingin tahu cara merangkum video youtube menjadi teks ini? Baca terus ulasan kami di bawah.

Youtube adalah platform berbagi video yang populer, bahkan lebih besar dari televisi. Itu karena saat ini Kamu bisa menemukan banyak jenis konten di sana. Dari komedi, musik, berita hingga video pendidikan dan informatif. Itu sebabnya guru sering menggunakan youtube sebagai salah satu alat belajar mereka.

Baca: Cara Melihat Pesan WA yang Dihapus

Mungkin Kamu pernah mendapat tugas untuk merangkum video dari youtube. Guru akan memberikan link video pembelajaran tertentu, kemudian kita diminta untuk menontonnya dan merangkum isinya. Hal ini sebenarnya dilakukan agar kita bisa menyimak dengan seksama dan memahami apa isi dari video tersebut.

Mengubah Video Youtube ke Teks Indonesia

Untuk mengonversi Youtube ke teks, kami biasanya mendengarkan dan menonton video terlebih dahulu. Kemudian kami mencatat tentang apa yang dikatakan atau konten dalam video. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan melakukannya terutama jika konten yang disampaikan terlalu cepat. Akibatnya, kami harus menonton ulang video beberapa kali untuk memahami apa yang dikatakan.

Untuk mengatasi masalah itu, banyak yang mulai beralih ke pengonversi video ke teks Youtube. Dengan alat itu, kita dapat secara otomatis mengubah video menjadi teks. Kemudian kita dapat mempelajari materi dalam bentuk tekstualnya.

Cara merangkum video youtube menjadi teks indonesia

Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks secara otomatis Dengan Anthiago

Ada banyak platform yang dapat Kamu gunakan untuk mengubah video menjadi teks secara otomatis. Salah satunya adalah Anthiago: Free Automatic Transcript. Ini adalah alat berbasis situs web gratis yang dapat digunakan untuk mengekstrak subtitle dari youtube, video wawancara, TED Talks dan banyak lainnya. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka video yang ingin Kamu rangkum di YouTube.
  • Tempelkan tautan atau URL di ringkasan Kamu. Kemudian buka browser seperti Google Chrome, Opera Mini, dan lainnya.
  • Buka website yang bernama anthiago.com
  • Setelah halaman web dibuka, scroll ke bawah
  • Kamu akan menemukan tulisan Desgrabador kemudian pilih bahasa Indonesia
  • Kemudian paste link dari dari youtube di kotak yang tersedia.
  • Tekan Transkrip
  • Tunggu alat untuk memproses.
  • Hasilnya akan ditemukan di bawahnya
  • Kamu cukup menyalin teks yang dihasilkan.

Merangkum Video Youtube Menjadi Teks dengan Google Docs

Ada banyak alat pengonversi video ke teks secara online atau offline, tetapi menurut saya fitur Google Voice to text adalah yang terbaik. Beberapa tahun yang lalu, itu tidak cukup efisien, tetapi berkat adanya AI, fitur ini telah berkembang pesat.

Google voice to text, akan mengonversi audio pada video youtube menjadi teks secara real time. Tetapi jika Kamu mencobanya dengan memutar video di satu perangkat dan merekamnya dari perangkat lain menggunakan Google Voice ke teks, Kamu tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan karena sebagian besar kata-kata Kamu akan hilang karena terganggu suara lain diluar video.

Jadi, triknya di sini adalah membuat komputer Kamu merekam audio sistem alih-alih mikrofon. Kemudian putar audio atau video yang ingin Kamu transkripsikan dan rekam dengan Google docs voice to text. Komputasi dilakukan di server cloud Google, jadi Kamu juga memerlukan internet aktif untuk pekerjaan ini. Berikut ini langkah-langkah mudahnya:

  • Sekarang, jalankan Google chrome (ya, ini hanya berfungsi di chrome).
  • Buka Google Documents > Klik kanan dan pilih Buat Dokumen Baru > Alat > Pengetikan suara (voice typing)
  • Di jendela Chrome lain, buka YouTube dan putar video apa pun
  • Sekarang kembali ke Google Drive
  • Ketuk ikon suara Google (Google Voice) dan pilih aksen atau bahasa Kamu dari daftar lalu mulai merekam
  • Selesai

Saya suka menonton video di YouTube dengan teks yang diaktifkan dan saya dapat mengonfirmasi bahwa transkrip YouTube yang dibuat secara otomatis sangat bagus dan membuat sangat sedikit kesalahan. Bahkan video dengan kebisingan sekitar rendah ditranskripsikan dengan akurasi tinggi.

Kalau dalam video youtube tidak aktif subtitlenya, silakan gunakan dua cara di atas untuk meringkas video youtube menjadi teks bahasa indonesia.