Tutorial

Cara Mengatasi Youtube tidak Bisa dibuka di Android

Youtube adalah platform video terbesar di internet dengan jam video diunggah setiap menit dan milyaran pengunjung yang masuk setiap bulannya. Dengan banyaknya konten yang tersedia untuk dikonsumsi dan menjadi sumber hiburan dan informasi, Youtube telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita.

Kita saat ini seperti bergantung pada aplikasi video ini sehingga kalau tiba-tiba youtube tidak bisa dibuka di hp android kita, maka kita akan panik. Kalau kamu mengalami masalah youtube tidak bisa dibuka di android, inilah panduan langkah demi langkah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah ini.

Bagaimana Cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di Android?

Silakan ikuti beberapa langkah berikut ini kalau kamu mengalami masalah ini:

cara mengatasi youtube tidak bisa dibuka di android

1. Cek apakah youtube sedang down atau tidak

Hal pertama yang harus diidentifikasi adalah apakah Youtube sedang down dari server-nya atau ada sesuatu di perangkat kita yang menyebabkan Youtube tidak berfungsi di smartphone Android kita. Gunakan situs Down Detector ini untuk mengidentifikasi apakah Youtube mengalami downtime server atau tidak. Jika statusnya baik-baik saja dan menunjukkan “Tidak ada masalah di Youtube” maka masalahnya pasti ada pada hp android Kamu. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah:

2. Periksa Koneksi Internet Kamu

Hal utama lain yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi masalah YouTube tidak berfungsi adalah dengan memeriksa terlebih dahulu koneksi internet Kamu. Setiap kali Kamu menemukan kesalahan semacam ini, periksa koneksi internet Kamu terlebih dahulu dengan membuka menu pengaturan dari bilah notifikasi Kamu. Periksa apakah ponsel Kamu terhubung ke Wi-Fi atau jaringan seluler.

Namun terkadang, menghubungkan ke jaringan saja tidak cukup. Bahkan jika perangkat Kamu menunjukkan “terhubung”, Kamu dapat mencapai server karena masalah internet internal. Coba cari sesuatu di Google , atau cek website favorit kamu lainnya, misalnya detik, kompas, dll, atau buka aplikasi lainnya seperti facebook atau instagram dan periksa apakah itu berfungsi atau tidak, kalau tidak bisa diakses, berarti koneksi internet kamu yang sedang bermasalah.

4. Periksa Waktu dan Tanggal Ponsel Kamu

Pengaturan tanggal dan waktu handphone Kamu memiliki berbagai dampak pada aplikasi yang digunakan, termasuk Whatsapp dan YouTube. Server Google dapat menemukan masalah saat menyinkronkan ponsel Kamu ke YouTube jika tanggal dan waktu Kamu tidak disetel dengan benar. Kamu dapat dengan mudah memperbaikinya secara manual dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan di bawah ini.

  • Buka aplikasi Pengaturan
  • Pilih “Tanggal & waktu”
  • Kemudian aktifkan opsi “Tanggal & Waktu Otomatis”.

Jika ini tidak menyelesaikan masalah YouTube kamu yang tidak bisa dibuka, silakan coba yang berikutnya di bawah ini.

5. Perbarui Aplikasi YouTube Kamu

Meskipun umumnya aplikasi YouTube yang belum diupdate jarang menimbulkan masalah seperti ini, kamu dapat mencoba memperbaikinya dengan memperbarui YouTube dari Google Play store Kamu. Ini akan memakan waktu hanya beberapa menit. Jadi, mari kita coba ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Google Play store di ponsel Android Kamu
  • Pilih Aplikasi & Game Saya isanya ada di menu kiri Atas
  • Pilih tombol Perbarui di sebelah hasil aplikasi YouTube dan lihat apakah Kamu dapat memperbaruinya atau tidak
  • Jika tersedia pilihan untuk pembaruan, coba perbarui sesegera mungkin.

Baca juga: Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

6. Perbarui Android Kamu

Meskipun tidak ada koneksi antara masalah youtube tidak bisa dibuka di Android dengan perangkat lunak Android yang belum diupdate, siapa tahu dengan memperbarui sistem operasi android ini bisa menyelesaikan masalah. Silakan iktui langkah berikut untuk memperbarui os android kamu:

  • Buka aplikasi Pengaturan di Android Kamu
  • Temukan pembaruan Sistem, biasanya di bawah opsi Tentang Telepon
  • Kemudian Unduh dan instal pembaruan jika tersedia

Memperbarui sistem operasi hp android Kamu akan memakan waktu, jadi tunggu sebentar. Dan ketika smartphone sudah selesai dengan prosesnya, kembali ke aplikasi YouTube dan coba lagi buka, sudah bisa atau belum.

7. Reboot Smartphone Android Kamu

Banyak masalah yang terkait dengan ponsel cerdas Kamu sebenarnya dapat diperbaiki dengan cara restart atau reboot hp android kamu. Dengan memulai ulang hp maka akan menutup semua aplikasi dan fungsi yang berjalan di latar belakang, hal ini mungkin akan mengatasi msalah youtube tidak bisa dibuka di android. Seharusnya semua sudah tahu cara reboot / mulai ulang hp ya, namun kalau belum tahu silakan ikuti langkah berikut:

  • Tekan dan tahan tombol daya dari sisi kiri atau kanan Kamu Agak lama (tergantung model smartphone)
  • Akan muncul tiga opsi berbeda; Matikan, Mulai Ulang, dan mode Darurat. Klik restart atau mulai ulang. Kamu juga dapat memilih matikan, dan nanti manual hidukan kembali.
  • Setelah beberapa menit, layar ponsel Kamu akan kembali lagi.
  • Setelah hp android dihidupkan ulang, buka aplikasi YouTube dan coba putar video apa pun, yang Kamu coba putar sebelumnya.

Cek juga: Cara Download Video di YouTube Lewat Laptop

8. Bersihkan Cache di Android Kamu

Jika me-restart ponsel Kamu tidak berhasil memperbaiki YouTube Tidak Bekerja di Android, Kamu dapat mencoba mengosongkan cache. Menghapus file cache akan menghapus data sementara yang disimpan di ponsel Kamu dan ini biasanya dapat menyelesaikan masalah youtube tidak bisa dibuka di android. Silakan ikuti langkah berikut:

  • Buka Menu Pengaturan di Hp android kamu
  • Pilih bagian “Aplikasi & Pemberitahuan” atau “Aplikasi” di pengaturan (tergantung tipe smarpthone kamu) dan buka Manajer Aplikasi atau gulir ke bawah hingga Kamu menemukan YouTube
  • Klik di YouTube dan ketuk “Penyimpanan”
  • Kemudian ketuk “Hapus Data / Penyimpanan” dan “Hapus Cache”

File cache dan data harusnya sudah bersih setelah proses ini. Sekarang coba buka aplikasi Youtube dan login lagi kalau diminta untuk login dan coba putar video apa saja. Seharusnya pakai cara ini sudah bisa sekarang.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah youtube tidak bisa dibuka di hp android. Semoga bisa mengatasi masalah kamu dan kamu bisa mengakses kembali youtube dan menonton kembali video video favorit kamu.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment