Cara Mengembalikan Grup WA yang Hilang

Cara Mengembalikan Grup WA yang HilangArenaPonsel.com kali ini akan membahas cara memulihkan grup Whatsapp yang hilang atau tidak sengaja terhapus. Saya akan memberikan beberapa tips dan trik tentang cara melakukan ini, jadi semoga kamu akan bisa terbantu dengan tips di artikel ini.

Setelah grup dibuat, pembuat grup dapat menambah atau menghapus anggota dari grup sesuai keinginan mereka. Dan, jika mereka mau, mereka juga dapat menghapus grup sepenuhnya.

Ketika sebuah grup dihapus, itu akan dihapus untuk semua anggota grup. Artinya grup tersebut tidak akan muncul lagi di daftar WhatsApp mereka dan mereka tidak akan dapat melihat pesan apa pun yang dipertukarkan dalam grup tersebut.

Namun, penting untuk dicatat bahwa grup yang dihapus akan tetap tersedia di server WhatsApp untuk beberapa waktu. Ini karena WhatsApp menyimpan cadangan semua pesan yang dipertukarkan di platformnya.

Cara Mengembalikan Grup WA yang Hilang

Cara Mengembalikan Grup WA yang Hilang atau Tidak Sengaja Terhapus

Jika Kamu ingin mendapatkan kembali chat grup WhatsApp yang dihapus, ada dua cara yang bisa Kamu lakukan. Metode pertama lebih memakan waktu, tetapi tidak memerlukan bantuan orang lain. Metode kedua sedikit lebih mudah dan Kamu perlu menghubungi sesama anggota grup. Kedua metode ini akan mengekstrak chat untuk Kamu dalam format yang berbeda.

Untuk memulai, buka WhatsApp dan buka tab chat. Di sini, Kamu akan melihat semua chat WhatsApp Kamu, baik individu maupun grup. Jika Kamu tidak dapat menemukan chat grup yang Kamu cari, coba gunakan fungsi pencarian.

Setelah Kamu menemukan chat grup, ketuk dan tahan untuk memilihnya. Kemudian, ketuk tiga titik di sudut kanan atas dan pilih “Ekspor chat.”

Kamu sekarang memiliki dua opsi: Ekspor chat tanpa media atau Ekspor chat. Jika Kamu ingin menyimpan file media yang terkait dengan chat (seperti foto, video, dan pesan suara), pilih “Ekspor chat tanpa media.” Jika Kamu hanya ingin mengekspor teks chat, pilih “Ekspor chat”.

Sekarang Kamu dapat memilih cara berbagi chat yang diekspor. Kamu dapat membagikannya melalui WhatsApp, Bluetooth, email, atau aplikasi lain di ponsel Kamu.

Jika Kamu baru saja menghapus chat WhatsApp secara tidak sengaja dan mencoba mencari cara untuk mendapatkannya kembali, Kamu tidak sendirian. Ini terjadi pada yang terbaik dari kita, dan itu bisa sangat menyakitkan.

Kabar baiknya adalah bahwa ada beberapa cara untuk memulihkan chat WhatsApp yang dihapus, tetapi penting untuk dicatat bahwa itu hanya berfungsi jika Kamu memiliki cadangan riwayat percakapan Kamu.

Install Ulang Aplikasi Whatsapp dan Restore Data

Jika Kamu secara teratur mencadangkan data WhatsApp Kamu ke iCloud atau Google Drive, Kamu seharusnya dapat memulihkan chat yang dihapus dengan mencopot pemasangan lalu menginstal ulang WhatsApp dan memulihkan cadangan Kamu.

Namun, jika Kamu tidak memiliki cadangan atau jika Kamu tidak mencadangkan data sebelum menghapus chat, Kamu kurang beruntung. Setelah chat dihapus, itu hilang untuk selamanya.

Ada satu metode lain yang bisa Kamu coba, tetapi ini agak sulit. Jika Kamu memiliki cadangan data WhatsApp sebelum Kamu menghapus chat, Kamu dapat mencoba memulihkan cadangan itu dan melihat apakah chat disertakan.

Namun, ini hanya berfungsi jika Kamu memiliki cadangan data sebelum Kamu menghapus chat. Jika Kamu tidak memiliki cadangan atau jika Kamu tidak mencadangkan data WhatsApp Kamu sebelum menghapus chat, Kamu kurang beruntung.

Meskipun metode ini mungkin tampak sempurna, itu mungkin tidak bekerja untuk semua pengguna yang tidak mencadangkan file mereka, mereka yang tidak memiliki waktu seperti itu, dan mereka yang tidak ingin melalui semua kerumitan. Jenis metode ini untuk kepentingan para pengguna tersebut. Namun, itu tidak dapat mengembalikan chat Kamu yang hilang ke tempat asalnya.

Cara Dapat Backup Chat Grup WA dari Teman

Bagaimana Cara Dapat Backup Chat Grup WA dari Teman anggota grup? Untuk dapat mlakukan cara ini, Kamu harus memiliki peserta lain di grup itu, dan Kamu harus menghubungi mereka dan meminta mereka untuk mengekspor chat grup untuk Kamu. Jika Kamu tidak tahu cara mengekspornya di perangkat seluler, Kamu dapat menghubungi orang lain untuk membantu Kamu. Atau Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Apa langkah-langkah untuk mengekspor chat grup WhatsApp? Silakan sampaikan cara berikut ke teman / anggota grup wa untuk expor backup chat grup wa:

  1. Buka WhatsApp di ponsel cerdas Kamu dan arahkan ke layar chat.
  2. Temukan chat grup yang ingin Kamu ekspor dan ketuk untuk membuka percakapan.
  3. Arahkan ke ikon tiga titik di sudut kanan atas dan ketuk di atasnya.
  4. Pada menu floating yang muncul, pilih opsi More.
  5. Pada menu selanjutnya, pilih opsi Export chat.
  6. Pilih apakah Kamu ingin memasukkan file media atau tidak. WA biasanya akan beri peringatan kalau menyertakan file media akan membuat ukuran file ekspor lebih besar. Jika file media ini tidak terlalu penting buat Kamu, pilih saja TANPA MEDIA; jika memang penting, silakan tetap pilih INCLUDE MEDIA.
  7. Saat Kamu memilih opsi ini, menu pop-up lain akan muncul yang mengatakan “Kirim chat melalui…”.
  8. Di bawahnya akan ada pilihan yang berbeda termasuk WhatsApp dan Gmail. Karena ini sering kali merupakan cara paling praktis untuk mengekspor chat, kami menyebutkannya secara terpisah.

Kamu dapat memilih opsi apa pun yang paling sesuai untuk Kamu dan teman Kamu. Setelah Kamu melakukannya, Kamu akan melihat kemungkinan untuk membagikan file ini melalui metode yang Kamu pilih.

Ikuti saja petunjuknya, dan teman Kamu akan segera menerima file .txt yang berisi semua pesan (dan media) dari chat grup wa yang hilang atau terhapus.

Cara Membuat Grup WhatsApp baru

Grup WhatsApp adalah cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, tetapi bagaimana jika grup wa hilang baik sengaja atau tidak sengaja dihapus? Jika data dalam grup wa tidak penting bagi Kamu, tetapi anggotanya penting, Kamu dapat membuat grup baru dengan orang yang sama. Dengan cara ini, Kamu akan memiliki ruang yang menyenangkan untuk bergosip lagi.

Apakah Kamu bingung tentang cara membuat grup Wa baru? Prosesnya sederhana dan hanya akan memakan waktu beberapa menit. Begini caranya:

  • Buka WhatsApp di smartphone Kamu. Pada layar chat, ketuk ikon pesan hijau mengambang di sisi kanan bawah layar Kamu.
  • Kamu akan dibawa ke tab Pilih kontak. Opsi pertama adalah: Grup baru. Ketuk opsi ini, dan Kamu akan dibawa ke tab lain dengan daftar semua kontak Kamu.
  • Di sini, Kamu dapat memilih semua anggota yang ingin Kamu tambahkan ke grup Kamu dengan menggulir atau mengetikkan nama mereka di bilah pencarian (dengan mengetuk ikon kaca pembesar di sudut kanan atas).
  • Setelah Kamu menambahkan semua orang, ketuk panah hijau di sudut kanan atas untuk membuat grup. Membuat grup Whatsapp baru itu mudah bukan?

Cara Bergabung Kembali ke Grup WA

Jika Kamu secara tidak sengaja meninggalkan chat grup WhatsApp, atau dihapus dari grup tersebut, jangan khawatir – mudah kok untuk bergabung kembali.

Yang perlu Kamu lakukan adalah meminta admin untuk menambahkan Kamu kembali, atau menggunakan tautan undangan jika Kamu tidak tahu siapa adminnya.

WhatsApp ada fitur yang memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan grup WhatsApp melalui link undangan yang ditetapkan. Siapa pun di WA dapat memanfaatkan link undangan itu untuk bergabung di Grup Wa. Selain itu kamu bisa pakai metode : cara menemukan grup whatsapp.

Jadi, jika Kamu ingin bergabung kembali dengan chat grup, cukup minta tautan undangan kepada teman, dan Kamu akan segera kembali ke grup.

Kami berharap ulasan Cara Mengembalikan Grup WA yang Hilang ini dapat membantu kamu memulihkan grup Whatsapp yang sengaja atau tidak sengaja terhapus di smartphone kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan.

About Author: