Cara Menemukan Grup Whatsapp dan Membuat Link Grup Sendiri

Meski memiliki banyak keterbatasan, Whatsapp buktinya masih diminati oleh hampir seluruh pengguna smartphone di tanah air dan juga di berbagai belahan dunia. Selain mudah digunakan, Whatsapp juga menjadi media komunikasi yang atraktif. Kita bisa bergabung dalam grup dengan cara menemukan grup Whatsapp yang sesuai dengan keinginan kita.

cara menemukan grup Whatsapp

Baca juga : Cara Menjadi Admin Grup Whatsapp Tanpa Persetujuan Admin Utama dan Anggota Group

Setidaknya ada dua cara untuk kita masuk ke dalam grup Whatsapp. Yang pertama dengan meminta admin atau rekan anda untuk memasukkan kita ke dalam grup dan yang kedua adalah dengan cara menemukan grup Whatsapp sendiri. Apabila kita sudah menemukan group tersebut, kita hanya perlu menuju link nya dan secara otomatis bisa masuk grup yang kita inginkan.

Cara menemukan grup Whatsapp

Hanya saja, berbeda dengan aplikasi saingannya seperti fitur Facebook Group, Whatsapp membatasi setiap grup hanya untuk 256 orang saja. Tentunya untuk grup Whatsapp yang sudah mencapai angka tersebut, tidak lagi bisa masuk sampai salah satu anggotanya keluar atau dikeluarkan. Berikut ini cara menemukan grup Whatsapp.

1. Buka browser kamu, kunjungi situs yang menyediakan link berbagai grup Whatsapp. Salah satu rekomendasinya adalah http://grouplinks.com. Disana kamu bisa menemukan berbagai grup dengan berbagai tema obrolan misalnya seperti seni fotografi dan sebagainya

2. Pilih grup yang kamu inginkan untuk masuk, kemudian klik tautan atau link grup tersebut

3. Kamu dapat bergabung selama grup belum mencapai angka maksimal

Itulah cara menemukan grup Whatsapp melalui internet dengan berbagai pilihan tema dan kesamaan hobi atau kesukaan. Namun bagaimana bila kamu sendiri yang ingin membuat grup untuk keluarga besar kamu atau rekan atau bahkan kawan lama semasa sekolah dulu? Tentunya akan repot apabila harus memasukkan nomor satu persatu bukan?

Cara membuat link tautan grup Whatsapp

Kamu bisa menggunakan cara yang sama yakni dengan mengirimkan link atau tautan ke kontak yang ada di Whatsapp mu. Berikut ini ada beberapa langkah untuk membuat link untuk mempermudah memasukkan anggota dalam grup Whatsapp:

1. Buka aplikasi Whatsapp kamu, kemudian buka grup WhatsApp yang ingin kamu sebarkan undangan untuk bergabungnya

2. Ketuk info grup tersebut, kemudian ketuk Lainnya dan masuk ke Info Grup

cara menemukan grup Whatsapp3. Pilih fitur Undang via Tautan atau Invite by Link

4. Pilih beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk membagikan link tersebut yakni: Bagikan Tautan langsung ke aplikasi tertentu, Salin Tautan kemudian di paste ke pesan tertentu atau yang terakhir adalah meminta orang yang kamu akan undang untuk scan Kode QR. Untuk pengguna iPhone dapat melakukan scan kode QR menggunakan kamera telepon langsung

5. Sebagai catatan, apabila grup yang kamu buat mulai dimasuki oleh orang yang tidak dikehendaki, kamu selaku admin dapat menggunakan fitur Tarik Kembali link yang sudah dibagikan kapan saja agar link undangan grup sebelumnya tidak valid. Kemudian kamu bisa membuat tautan baru.

Peringatan, pengguna WhatsApp yang memiliki link undangan tersebut dapat bergabung ke grup tanpa konfirmasi. Jadi, sebagai catatan, gunakan fitur ini dengan orang yang dapat kamu percayai. Karena mungkin saja anggota lain meneruskan link tersebut dan dibaca orang lain yang tidak diinginkan untuk bergabung. Disini peran aktif admin sangat penting dalam grup.

Itulah cara untuk menemukan grup Whatsapp dan juga bagaimana cara membuat link untuk mengundang orang lain bergabung dengan grup Whatsapp kita. Bagaimana? Tertarik untuk mempraktekkannya sekarang? Yuk dicoba.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment