Tips Tutorial

Cara Upload Aplikasi ke Play Store Sekaligus Cara Mengelolanya

cara upload aplikasi ke Play StoreApakah kamu tahu, tidak sedikit orang berhasil mendapatkan banyak keuntungan dengan membuat aplikasi smartphone android? Mereka disebut sebagai developer atau pengembang. Aplikasi yang mereka buat bisa berupa game atau aplikasi sederhana namun bermanfaat. Selain mengembangkan aplikasi, tentunya mereka juga harus tahu cara upload aplikasi ke Play Store agar aplikasinya diterima oleh Google.

Untuk kamu yang ingin menjadi developer atau pengembang, kamu bisa membuat aplikasinya dengan Android Studio, selain itu kamu juga harus memilikirkan ide aplikasinya. Cara pembuatan aplikasinya pun tidak mudah, setidaknya kamu harus mempelajari dasar pemrograman Java. Tutorialnya tersebar di berbagai sumber mulai dari buku, internet hingga video YouTube.

Cara upload aplikasi ke Play Store

Nah untuk kamu yang berhasil membuat aplikasinya dan ingin segera dipublikasikan di Play Store. Berikut ini ada cara upload aplikasi ke Play Store.

  1. Pertama, kamu harus mengunjungi Google Play Console. Disinilah kamu akan membuat aplikasi dan mengatur semua pembayaran
  2. Selanjutnya, kamu harus melakukan pembayaran awal sebagai pengembang via Console. Untuk pembayaran awal, kamu harus melakukannya via kartu kredit.  Jumlah yang harus kamu setorkan sebesar 25 Dollar, bila dirupiahkan tidak lebih dari 500 ribu rupiah. Selesaikan pembayaran dan segera upload aplikasi mu.
  3. Langkah kedua adalah membuat aplikasinya. Jadi selain dengan Android Studio, kamu juga bisa membuat aplikasinya di Google Play Console. Namun bila kamu sudah membuatnya, maka tinggal mengunggahnya saja dengan Drag and drop apknya atau dengan menekan browse dan pilih file apknya
  4. Lengkapi informasi mengenai aplikasi kamu dan selesaikan
  5. Setelah berhasil diunggah, agar aplikasi dapat diunduh oleh orang lain maka kamu harus merilis atau mempublikasikannya

Cara mengelola aplikasinya

Cara pengelolaan aplikasinya cukup panjang dan lumayan rumit. Namun ini sangat penting karena aplikasi yang kita unggah tidak boleh sembarangan, terutama pada pengaturan rating usia. Ditambah lagi kamu juga ingin mendapatkan uang dari aplikasi ini. Berikut cara pengelolaannya.

  1. Mengisi rating aplikasi. Di langkah pertama ini kamu perlu melengkapi data aplikasi yang diajukan dengan cara mengisi kuisioner. Untuk pengajuan ini kamu perlu menunggu selama 2 jam hingga beberapa jam sampai akhirnya muncul sertifikat aplikasimu dari berbagai lembaga
  2. Selanjutnya, kamu juga diminta untuk mengisi harga dari aplikasimu atau kamu juga bisa membuatnya dapat diunduh gratis. Menariknya lagi kamu bisa mengatur distribusi aplikasi nya seperti di negara mana saja aplikasimu bisa diunduh
  3. Setelah semua persyaratan terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah menunggu hingga aplikasimu muncul di Play Store. Ketika sudah dirilis, jangan lupa promosikan aplikasi buatanmu agar semakin banyak orang yang mengunduhnya dan darisana kamu bisa mendapatkan pundi pundi pendapatan tambahan.

Bagaimana? Memang terkesan sangat ribet namun ketika sudah terbiasa membuka Google Play Console, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Kamu bisa mendapatkan pundi pundi uang dengan membuat aplikasinya bisa diunduh secara gratis atau berbayar. Bila digratiskan kamu akan mendapatkan uang dari iklan atau dari item-item yang harus dibeli di dalam aplikasinya.

Jadi sudah sepatutnya kita sebagai pengguna harus menghargai karya para pengembang dengan membeli aplikasinya. Karena membuat aplikasi tidaklah mudah, belum lagi para pengembang harus mempublikasikan dan mempromosikan aplikasinya agar diunduh banyak orang.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mengembangkan karir sebagai pengembang aplikasi. Selamat mencoba, jangan pernah berhenti belajar untuk membuat aplikasimu sendiri.

Sending
User Review
( votes)

Leave a Comment