Tips

Cara Menyambungkan Akun Gopay ke Prakerja

Cara Menyambungkan Akun Gopay ke PrakerjaArenaPonsel.com, Hingga saat ini, minat untuk mengikuti program Kartu Prakerja sudah tidak dapat dihitung lagi. Bahkan banyak peserta Prakerja yang sudah mendapatkan insentif. Pembayaran insentif Prakerja ada beberapa metode, salah satunya adalah Gopay. Dengan Gopay, proses pencairan insentif Prakerja jauh lebih mudah. Bagi yang belum mengetahui cara menyambungkan akun Gopay ke Prakerja, simak penjelasan berikut:

Mengenal Lebih Dekat dengan Kartu Prakerja

Pemerintah menyelenggarakan program pelatihan kompetensi sekaligus kewirausahaan kepada masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Ini dikenal dengan program Kartu Prakerja. Dengan adanya program Prakerja ini, diharapkan masyarakat mendapatkan skill untuk mencari pekerjaan maupun membuka peluang usaha mikro dan kecil.

Baca: Cara Mengatasi Akun Gopay Terkunci

Selanjutnya setelah berhasil menjadi peserta Prakerja, maka peserta akan diberikan insentif untuk mendapatkan kerja. Insentif akan diberikan kepada peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan yaitu senilai 600 ribu rupiah tiap bulan dan akan diberikan selama 4 bulan. Untuk menerima insentif ini, pengguna memerlukan dompet digital ataupun rekening bank.

Cara menyambungkan akun gopay ke prakerja

Cara Menyambungkan Akun Gopay ke Prakerja

Dari sekian banyak alternatif, Gopay banyak dipercaya pengguna menjadi sarana untuk mencairkan insentif Kartu Prakerja. Selain karena proses verifikasi akun yang mudah dan cepat, Gopay juga menawarkan kepraktisan dalam membayar berbagai macam kebutuhan harian. Sistem pengoperasian Gopay juga sangat mudah sehingga siapapun dapat mengaksesnya. Untuk menyambungkan akun Gopay ke Prakerja, simak langkah berikut:

1. Pastikan Sudah Memenuhi Persyaratan

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum menyambungkan akun Gopay ke Prakerja. Yakni pastikan sudah memiliki akun Gopay terlebih dahulu. Selain itu, nomor HP yang terdaftar di Prakerja dan Gopay juga harus sama. Untuk dapat mencairkan insentif Prakerja, maka peserta juga harus sudah lolos Kartu Prakerja.

2. Upgrade Gopay Plus

Apabila ingin menyambungkan akun Gopay ke Prakerja, maka sebelumnya harus upgrade akun Gopay ke versi Gopay Plus terlebih dahulu. Berikut ini cara upgrade yang wajib diikuti:

  • Buka aplikasi Gojek melalui smartphone;
  • Pilih menu Gopay kemudian tap menu Lainnya;
  • Selanjutnya pilih Gopay Plus dan klik Upgrade Sekarang;
  • Kirim dokumen berupa foto selfie yang memegang KTP, tunggu beberapa saat; dan
  • Setelah pihak Gojek berhasil verifikasi akun, cek secara berkala hingga muncul notifikasi upgrade

3. Buka Akun Prakerja

Jika akun Gopay sudah upgrade ke Gopay Plus, langkah selanjutnya adalah menautkan Gopay ke Prakerja. Cara menyambungkan akun Gopay ke Prakerja untuk metode pembayaran adalah dengan membuka akun Prakerja melalui smartphone terlebih dahulu. Selanjutnya klik ikon garis tiga dan klik menu Masuk.

4. Aktifkan Sambung Rekening

Pada halaman utama akun Prakerja, maka akan otomatis muncul notifikasi Rekening Belum Tersambung. Klik menu Sambung Rekening. Kemudian akan muncul beberapa pilihan terkait metode pembayaran. Pilih Gopay kemudian sambungkan agar pembayaran intensif Prakerja bisa dilakukan melalui Gopay.

5. Lakukan Konfirmasi

Selanjutnya konfirmasi nomor HP dengan cara klik menu Konfirmasi yang ada di bagian bawah. Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan melalui SMS di nomor yang sudah didaftarkan sebelumnya. Kemudian klik Konfirmasi. Jika sudah, masukkan PIN Gopay dan klik Konfirmasi lagi. Setelahnya, proses menyambungkan akun Gopay ke Prakerja pun sudah berhasil.

Itulah cara menyambungkan akun Gopay ke Prakerja dengan benar. Dengan menyambungkan Gopay ke Prakerja akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Karena selain sebagai tempat penampungan insentif, Gopay juga sering mengadakan promo spesial khusus kepada peserta Prakerja. Seperti untuk membeli pulsa, paket data, belanja online dan lainnya.