Berita

Google Pixel 4A, Katanya Desainnya Jelek Tapi Kok

Selain membuat sistem operasi Android, Google juga juga membuat berbaibperangkat keras seperti salah satunya adalah smartphone yang sekarang disebut sebagai Pixel. Pixel 4 sendiri merupakan produk terakhir flagship dari Google di tahun 2019. Di tahun 2020 ini, Google belum menampakkan flagshipnya tapi malah muncul isu Google Pixel 4A yang desainnya banyak dikritik.

Desain dan Layar

Google Pixel 4ASisi desain memang paling banyak yang disorot dari smartphone terbaru Google. Meski masih rumor, bocoran gambar dari smartphone inilah yang membuat Pixel 4A diberi kata “Ugly” atau jelek. Google sebelumnya merilis Pixel 4 standar dan Pixel 4 XL di tahun 2019 dengan perbedaan yang cukup signifikan. Namun sepertinya varian terkecil yakni Pixel 4A disiapakan untuk tahun ini.

Dugaan sementara mengapa desainnya dianggap buruk adalah pada sisi kamera belakangnya yang berbentuk kotak kecil dengan beberapa kamera. Layarnya sendiri tidak mencapai 6 inch atau hanya mencapai angka 5,81 inch dengan resolusi Full HD. Untuk layar depannya sendiri bisa dibilang kekinian karena sudah mengusung desain punch hole camera sehingga layar tampak lebih luas.

Tak hanya itu saja, alasan buruknya sisi desain juga mungkin karena Pixel 4A mengadopsi sensor sidik jari yang terletak di belakang bodinya dimana di varian lainnya, Pixel 4 hanya menyertakan sensor deteksi wajah untuk fitur keamanannya. Padahal saat ini banyak smartphone kelas menengah maupun flagship yang sudah mengandalkan sensor sidik jari dibawah layar.

Untuk pilihan warna dari Pixel 4A pun hanya diketahui berwarna putih seperti pada gambar yang menjadi bocoran dan juga warna hitam yang mana berasal dari GSMArena. Material dari perangkat ini juga masih tertutup rapat informasinya. Mengapa ini penting pasalnya Google seringkali memberikan sentuhan berbeda untuk material dari produknya seperi generasi awal Pixel.

Performa

Di sisi performa inilah kita bisa mengetahui bahwa memang ada penurunan spesifikasi yang membuat Google Pixel 4A turun ke pasar Mid End. Prosesor yang digunakan bukanlah prosesor high end seperti Snapdragon 865 terbaru atau yang tahun lalu Snapdragon 855, melainkan hanya Snapdragon 730 yang dipasangkan dengan RAM 6 GB. Internalnya pun hanya terbatas pada angka 64 GB saja.

Meski demikian, untuk urusan baterai Pixel 4A dapat lebih diandalkan karena mengalami peningkatan dari yang hanya 2800 mAh menjadi 3080 mAh. Untuk keterangan lain dari spesifkasinya belum diketahui selain smartphone ini akan mengandalkan USB Type C.

Kamera

Di sisi kamera juga belum mendapatkan banyak bocoran. Namun, kita tidak bisa menyepelekan Google dalam urusan kamera. Pasalnya seri smartphone Google selalu menghasilkan gambar yang menawan meski beresolusi kecil dan jumlah kameranya sedikit. Salah satu contohnya adalah fitur Night Mode dari Google yang benar-benar menawan.

Informasi yang berhasil kami dapatkan dari GSMArena menyatakan bahwa tidak ada perbedaan kamera antara seri Pixel 4 dan juga Pixel 4A. Namun untuk informasi jelasnya kita nantikan saja pada saat perilisannya dalam waktu dekat.

Harga

Untuk harga dari Google Pixel 4A sendiri diduga akan mencapai angka 5,7 jutaan rupiah. Data ini didapatkan dari situs TomsGuide yang menyatakan bahwa harganya tidak akan berbeda dengan seri Pixel 3A sebelumnya. Muncul juga asumsi bahwa patokan harga 399 Dollar ini untuk menjegal iPhone 9 yang konon sedang dipersiapkan oleh Apple.

Dari berbagai hal diatas, memang belum diketahui secara pasti spek lengkap yang akan dibawa oleh Pixel 4A. Namun untuk kamu yang merupakan penggemar Android dan merindukan perangkat android murni, maka Pixel 4A bisa menjadi salah satu opsi meski kecil kemungkinan Pixel 4A dijual secara resmi di Indonesia.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment