Berita

OnePlus 8 Pro, Masihkah Flagship Killer?

Sempat dikenal sebagai flagship killer karena menghadirkan spek tinggi dengan harga yang lebih terjangkau, OnePlus sepertinya harus bekerja keras untuk menyaingi flagship dari banyak brand yang semakin canggih fiturnya seperti Redmi dan Realme. Maka tak perlu heran jika OnePlus dirumorkan akan segera merilis smartphone terbarunya yakni OnePlus 8 Pro. Lalu seperti apa speknya?

Desain dan Layar

Di sisi desain, OnePlus 8 Pro masih tampil dengan gaya desain kekinian yang mungkin bagi sebagian orang membosankan karena seakan tidak ada bedanya dengan OnePlus 7 Pro. Akan tetapi, OnePlus menghadirkan susunan kamera yang sedikit berbeda di bodi belakangnya. Bodinya sendiri didominasi oleh kaca Gorilla Glass 6 dibagian depannya dan Gorilla Glass 5 di belakangnya, lengkap dengan frame alumunium yang kuat dan ringan.

Untuk layarnya sendiri dirumorkan akan membawa Fluid AMOLED. Belum diketahui bagaimana jenis layar ini bekerja. Namun speknya sendiri mantap dengan DCI-P3 100%, HDR10+ serta yang terpenting adalah refresh rate tinggi dengan 120 Hz. Tak hanya itu saja, smartphone yang tersedia dalam dua warna Blue dan Silver ini memiliki sensor sidik jari dibawah layar khas flagship jaman sekarang.

Alhasil di sisi layar serta desainnya, OnePlus mengadirkan sebuah smartphone yang memang layak untuk bersaing dengan flagship mahal sekalipun. Walaupun OnePlus masih tetap harus berhati-berhati karena Redmi dan Realme juga sudah siap meluncurkan flagship killer andalannya.

Perfoma

Sebagai sebuah flagship killer, OnePlus 8 Pro jelas menggunakan chipset Snapdragon terbaru yakni Snapdragon 865 yang mendukung 5G. Prosesornya tersebut dipasangkan dengan GPU Adreno 650 yang gahar dalam memproses grafis di perangkat ini. Tersedia dua pilihan RAM yang bisa disesuaikan dengan budget atau kebutuhanmu sehari-hari yakni 8 GB dan 12 GB.

Tak hanya itu saja, tersedia dua pilihan internal UFS 3.0 yakni 128 GB dan satu lagi sebesar 256 GB. Kamu bisa memilih jenis ukurannya yang disesuikan dengan masing-masing ukuran RAM nya. Baterai dari perangkat ini juga tergolong besar yakni 4500 mAh dan sudah mengandalkan pengisian cepat hingga 50W menggunakan port USB Type C yang terbaru.

Kamera

Sisi kamera juga menjadi salah satu spek yang mendapatkan sentuhan. Total terdapat 5 kamera, quad camera di belakang serta sebuah kamera selfie berukuran resolusi besar. Untuk kamera belakangnya, OnePlus mengandalkan kamera beresolusi 64 MP dengan fitur laser AF serta fitur OIS. Untuk kamera keduanya ada lensaphoto 12 dengan 3x Optical Zoom.

Satu lagi kamera belakangnya yakni dengan lensa Ultrawide dengan resolusi 20 MP dan terakhir kamera 0.3 MP, TOF 3D, (depth). Sedangkan di depannya terdapat 1 buah kamera sebesar 32 MP dengan kemampuan lensa wide. Dengan komposisi kamera diatas, mungkin tidak cukup impresive, namun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan brand lain.

Harga

Sebagai sebuah flagship killer, tentu harga yang ditawarkan juga lebih murah. Akan tetapi jika benar pun kita kesulitan mendapatkan produknya karena smartphone OnePlus masih sangat jarang ditemui di Indonesia secara resmi. Padahal India menjadi salah satu market yang menjanjikan bagi mereka dan kabarnya smartphone ini akan dirilis pada bulan Maret ini.

Harga yang dipatok oleh OnePlus untuk OnePlus 8 Pro sendiri adalah di kisaran 57,290 Rupee yang bila dirupiahkan akan berada di angka 11 jutaan untuk varian terendahnya. Namun untuk varian tertingginya, OnePlus belum memberikan kabar pastinya. Bila melihat speknya mungkin harga untuk varian tertinggi berkisar antara 14 jutaan atau bahkan lebih.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment