Tutorial

Kompres File PDF Menjadi Kecil Tanpa Aplikasi

kompres file PDF menjadi kecil

kompres file PDF menjadi kecilSaat melakukan pendaftaran seperti CPNS atau beasiswa, seringkali berkas yang harus dilampirkan berformat PDF dan juga berukuran kecil. Maka dari itu agar ukuran file yang dikirimkan tidak terlalu besar, kita harus kompres file PDF menjadi kecil. Lalu bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan website yang menyediakan layanan kompres PDF atau aplikasi PDF. Berikut ini kita jelaskan caranya secara mendetail.

Sebelumnya, kamu juga tidak perlu khawatir bila file PDF menjadi tidak bisa terbaca atau berkurang kualitasnya. Alasannya karena proses kompres saat ini jauh lebih baik dan file PDF berbeda dengan file gambar yang ketika dikompres akan pecah gambarnya. Untuk tutorial kompres file PDF menjadi kecil kali ini kita akan menggunakan situs https://smallpdf.com secara online.

  1. Buka situs web Small PDF melalui desktop atau juga smartphone
  2. Di halaman utama situs web Small PDF, pilih menu Compress PDF
  3. Akan muncul halaman baru, pilih file PDF dengan memilih menu Choose File atau dengan drag and drop (seret dan letakkan) file ke kotak yang tersedia
  4. Tunggu hingga proses kompres selesai
  5. Selanjutnya, akan ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu Basic Compression dan Strong Compression. Perbedaannya untuk Basic Compression dapat mengurangi ukuran file hingga 40 persen sedangkan untuk Strong Compression memiliki kemampuan kompres hingga 75 persen. Hanya saja Strong Compression tak gratis, akan tetapi kamu bisa gunakan opsi mencoba gratis selama 14 hari dengan syarat mendaftar.
  6. Kamu bisa memilih Basic Compression apabila sudah mencukupi kebutuhan syarat ukuran maksimal file PDF yang pada umumnya 300 Kb hingga 800 Kb,
  7. Setelah memilih antara Basic Compression atau Strong Compression, klik CHOOSE OPTION
  8. Tunggu hingga proses penyimpanan selesai
  9. Akan muncul halaman berikutnya dengan informasi kapasitas file PDF setelah proses kompres.
  10. Klik tombol Download untuk mengunduhnya
  11. Selesai

Meskipun aplikasi ini ditujukan untuk desktop, namun kamu juga bisa mengaksesnya melalui browser smartphone. Nah, berikut ini ada beberapa pilihan situs lainnya yang bisa digunakan untuk kompres file PDF menjadi kecil. Berikut daftarnya.

1. PDF Compressor

Situs dari PDF Compressor bisa dengan mudah kamu temukan melalui Google. Bahkan situs ini mengklaim bahwa sistemnya tidak akan mengubah DPI atau kepadatan tampilannya sehingga kualitas dokumen akan tetap bagus untuk dicetak. Kamu bisa mempertimbangkan situs ini karena mudah juga digunakan.

2. SodaPDF

Selanjutnya ada SodaPDF yang juga memiliki kelebihan tersendiri ketimbang beberapa situs lainnya yakni memiliki kemampuan untuk mengompres PDF dengan ukuran yang diinginkan. Ada tiga opsi kompresi yaitu low quality dengan hasil ukuran paling kecil, good quality dengan hasil ukuran menengah, serta high quality dengan kompresi minimal dan ukuran paling besar.

3. iLovePDF

Rekomendasi selanjutnya untuk situs kompres file PDF adalah iLovePDF. Situs ini hampir sama seperti SodaPDF yakni punya tiga opsi kompresi agar hasil dan ukurannya sesuai dengan keinginanmu. Sebelum melakukan kompresi disarankan kualitas filenya masih bagus, setelah itu anda bisa mulai melakukan kompresi ekstrem untuk kualitas file rendah, serta kompresi rendah untuk kualitas file tinggi.

Itulah beberapa rekomendasi situs yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan kompresi file PDF. Situs tersebut juga dapat dikunjungi melalui smartphone sehingga kamu tidak perlu repot menginstal aplikasi tertentu. Semoga artikel ini membantu kamu dalam mempersiapkan file PDF untuk persyaratan uang hendak kamu penuhi melalui internet atau email. Semoga sukses.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment