Tips Memilih Hosting Internet yang Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Memilih hosting internet terbaik merupakan keinginan setiap para blogger yang ingin melangkah ke level selanjutnya. Meskipun seringkali dianggap mudah, ternyata ada beberapa langkah memilih hosting internet yang harus diperhatikan. Alasannya tentu saja beragam, mulai dari kenyamanan hingga keamanan situs kita nanti. Lalu kira-kira apa sajakah langkahnya?

1. Harga

Dalam membeli sesuatu pastinya kita mempertimbangkan harga, tak terkecuali dalam memilih hosting. Harga menjadi pertimbangan pertama dalam memilih hosting internet. Akan tetapi harga dari hosting internet ini bukanlah satu-satunya faktor yang harus perhatikan karena spesifikasi menentukan harga dari hostingnya.

Baca juga : Lowongan Kerja di Facebook, Bagaimana Caranya?

Ada dua pilihan hosting yang bisa dipilih yakni hosting lokal dan hosting luar negeri. Silahkan pahami keuntungan dari spesifikasi dan harga yang ditawarkan. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah pastikan tidak melebihi budget awalmu. Jangan sampai biaya sewanya nanti memberatkan pembiayaannya.

2. Tipe Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selain harga ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan dalam memilih hosting internet. Salah satunya adalah tipe atau jenis hosting nya. Ketika memilih jenis atau tipe hosting ini, sebaiknya disesuaikan dengan situs anda. Ada tiga tipe hosting yang bisa dipilih yakni Share Hosting, VPS, dan Dedicate Server.

Untuk pemula, ada baiknya jika memilih tipe share hosting dengan kapasitas pengunjung 100 ribu per bulan. Akan tetapi jika jumlah pengunjung sudah meningkat terutama saat mencapai angka 1 juta perbulan, tipe VPS atau Virtual Private Server dan Dedicate Server harus anda pilih. Harganya? Tentu berbeda dengan tipe share hosting.

3. Kapasitas Bandwith

Hal lainnya yang menjadi pertimbangan dalam memilih hosting internet adalah kapasitas bandwith. Bisa digambarkan jika kapasitas ini adalah sebuah ruang, seberapa banyak pengunjung yang bisa datang ke ruangan tersebut. Apabila sudah penuh, maka pengunjung lain tidak dapat mengunjunginya hingga ada pengunjung yang keluar.

Jumlah bandwith ini juga ditentukan dengan kebutuhan situs yang anda miliki. Apabila masih memulai, ada baiknya memilih bandwith rendah. Akan tetapi bila ada kemungkinan jumlah pengunjung meningkat, budget untuk bandwith ini bisa anda tambahkan.

4. Teknologi dan Fitur Hosting

Langkah Memilih Hosting InternetHal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah teknologi dan fitur hosting yang ditawarkannya. Teknologi yang dimaksud adalah spesifikasi dan fitur komputer yang digunakan untuk memberikan layanan hosting tersebut mulai dari Core processor, RAM, SSD dan lainnya termasuk fitur layanan seperti SSL.

5. Kualitas Server

Yang juga tidak boleh dilupakan dalam memilih hosting internet adalah dengan mengecek kualitas server nya. Seperti lokasi misalnya sangat berpengaruh karena semakin dekat servernya maka semakin baik pula pengalaman pengunjung saat mengunjungi situs anda. Jadi jangan lupa tanyakan informasi mengenai kualitas server nya.

6. Pelayanan Pelanggan

Pelayanan PelangganSebagai pemilik situs kerap kali mengalami permasalahan tertentu. Hal ini perlu anda tekankan diawal sebelum membeli hosting tersebut. Apakah pelayanan yang diberikan 24 jam atau tidak serta apakah pelayanannya cepat dan responsif.

7. Kualitas Sistem Keamanan

Keamanan adalah hal yang tidak boleh anda lupakan dalam memilih hosting. Apalagi jika situs anda berhubungan langsung dengan para customer atau pelanggan yang erat kaitannya dengan keamanan data. Hal ini jelas sangat perlu anda tekankan dan bahkan anda perlu memberikan budget lebih untuk hal ini.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda coba ikuti sebelum membeli hosting. Beberapa hal lainnya yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana metode pembayarannya serta bagaimana komentar pengguna lainnya terhadap penyedia hosting tersebut. Semoga artikel ini membantu anda dalam mencari hosting yang tepat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment