Nokia 1.3, Smartphone Android Go dari Nokia

Upaya Nokia untuk terus mendapatkan pasar di tanah air dan juga di beberapa negara lain sepertinya belum sepenuhnya usai. Nokia 1.3 merupakan salah satu produk terbarunya yang bisa dibilang cukup unik karena hanya mengandalkan ram 1 GB saja. Hal ini dikarenakan Nokia mengandalkan sistem operasi Android Go yang memang lebih ringan dari Android standar. Lalu apa saja yang dibawanya?

Desain dan Layar

Nokia 1.3Di sisi desain, Nokia 1.3 tampil cukup menawan dengan ciri khasnya dan juga kekinian. Satu kameranya tersusun secara vertikal bersama LED nya dan kamera depannya tampil dengan desain terbaru water drop. Sentuhan bran Nokia di depan dan di belakang menjadi aksen unik untuk smartphone dengan layar berukuran 5,71 inch berjenis IPS dan beresolusi 720p.

Layarnya mampu menyalah hingga 400 nits kecerahan. Material yang digunakan tentu masih dominan plastik yang mana Nokia menyediakan tiga pilihan warna menarik yakni Cyan, Charcoal dan juga Sand. Bodi belakangnya terbilang cukup bersih karena memang tidak ditemukan sensor untuk pemindai sidik jari karena memang bukan menjadi fitur keamanan dari smartphone ini.

Performa

Di sisi performa, memang akan terlihat tidak lazim di jaman sekarang ini. Prosesor yang digunakan adalah Qualcom QM215 yang mungkin jarang kamu dengan. Proseso ini memiliki spek Quad Core 1.3 Ghz yang mana dipasangkan dengan Adreno 308 sebagai GPU nya. Yang tidak lazim lainnya adalah ram 1 GB saja dan memori internalnya yang hanya 16 GB.

Hal ini karena smartphone ini ditujukan untuk pasar entry level yang biasanya merupakan mantan pengguna fitur phone. Android yang diinstal di smartphone ini juga merupakan android khusus yakni Android 10.0 Go Edition atau bisa dibilang sebagai smartphone Android One. Andorid Go sendiri lebih irit dan lebih ringan untuk smartphone berspek rendah.

Nokia membekali Nokia 1.3 dengan baterai berkapasitas 3000 mAh yang sudah cukup untuk kebutuhan social media dan game ringan serta dengan layarnya yang kurang dari 6 inch resolusi 720p. Smartphone ini juga masih menggunakan MicroUSB 2.0 dengan dukungan USB OTG.

Kamera

Di sisi kamera, Nokia 1.3 mengandalkan kamera yang sangat standar karena memang disesuaikan dengan tujuan pasarnya. Untuk kamera belakangnya, Nokia menyertakan kamera beresolusi 8 MP dengan fitur Autofokus, LED Flash dan juga HDR yang mampu merekam gambar hingga resolusi 720p. Sedangkan untuk kamera depannya, Nokia hanya menyertakan kamera beresolusi 5 MP saja.

Jadi memang kameranya hanya ditujukan untuk mengambil gambar seadanya untuk kepentingan mengirim gambar di media sosial ataupun juga kamera depannya yang hanya untuk kepentingan video call atau mengambil foto selfie.

Harga

Diluncurkan sejak pertengahan Maret lalu, smartphone berjuluk Android Go ini dijual dengan harga 90 Euro. Jika dirupiahkan, smartphone ini dijual dengan kisaran harga 1,5 jutaan rupiah. Memang terbilang sangat terjangkau karena memang memiliki spek yang hanya ditujukan untuk mantan pengguna fitur phone.

Namun bila dibandingkan dengan smartphone dengan rentang harga yang sama dan juga spek yang lebih tinggi, Nokia 1.3 tetap dianggap memiliki nilai plus karena Android Go yang menjadi sistem operasinya. Selain sistem operasinya yang ringan, aplikasi dengan sebutan Go atau Lite di Playstore juga disetting untuk smartphone berspek terbatas. Jadi, Go ini memang didukung oleh Google sendiri.

Semoga artikel ini membantu kamu dalam mencari referensi seputar smartphone terbaru dari Nokia. Apakah kamu berminat?

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment