Xiaomi Redmi 8A Pro, Spek Apa Yang Dibawa di 2020?

Diluncurkan pada awal April lalu, Xiaomi Redmi 8A Pro bisa menjadi salah satu pilihan untuk pengguna android yang menginginkan smartphone dengan harga murah namun memiliki spek gahar seperti yang menjadi ciri khas dari Xiaomi. Namun, apakah smartphone ini bisa memenuhi kebutuhan di tahun 2020 yang sudah hampir tengah tahun ini? Kita lihat reviewnya.

Desain dan Layar

Di sisi desain, kita bisa mengatakan jika smartphone cukup impresif meski bodi belakangnya masih terbuat dari plastik dan juga menggunakan frame plastik. Wajar saja mengingat harganya yang terbilang murah dibawah 2 juta, pasti ada bagian yang dipotong budgetnya oleh Xiaomi. Layarnya sendiri berukuran 6,22 inch berjenis IPS LCD dengan resolusi 720p dan punya kecerahan 400 nits.

Meskipun demikian, Xiaomi Redmi 8A Pro masih mengandalkan sensor sidik jari di bagian belakang namun hal ini dianggap positif karena di varian sebelumnya fitur ini absen. Untungnya Xiaomi menyediakan banyak pilihan warna mulai dari Sky White, Sea Blue dan juga Midnight Grey yang sedikit menyamarkan bodinya yang didominasi oleh plastik,

Kamera depannya pun masih mengandalkan water drop camera yang mana mungkin sudah banyak ditinggalkan oleh brand lain dan berganti dengan desain punch hole. Namun jika kamu tak mengapa dengan desain dan lebih mengutamakan performa, tentu ini tidak menjadi masalah.

Performa

Di sisi performa, Xiaomi Redmi 8A Pro sudah mengandalkan prosesor Snapdragon 439, ternyata tetap sama walaupun memakai nama Pro. Untuk kamu yang merupakan penggemar SoC Snapdragon, mungkin tidak ada salahnya mempertimbangkan smartphone ini. GPU yang digunakan adalah Adreno 505 dan untuk RAM tersedia dua varian yakni 2 dan 3 GB.

Sedangkan untuk memori internalnya, Redmi 8A Pro dibekali satu pilihan saja yakni 32 GB berjenis eMMC 5.1. Tersedia slot memori eksternal khusus untuk memperbesar eksternalnya dengan memori microSDXC. Sisi performa semakin mantap karena Xiaomi menyertakan baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang bisa diisi dengan fast charging berdaya hingga 18W.

Hal positif lainnya di sisi performa, smartphone ini sudah menggunakan USB Type C serta wireless Radio FM yang mana masih jarang ditemukan di smartphone lain di rentang harga yang sama dengan Redmi 8A Pro ini.

Kamera

Xiaomi Redmi 8A ProUntuk kamera, mungkin masih perlu dipertimbangkan karena Xiaomi Redmi 8A Pro hanya dibekali Dual Camera saja dengan spek yang secukupnya di tahun 2020 ini. Komposisi kamera belakangnya adalah kamera utama 13 MP dengan setting kamera wide dan kamera sensor beresolusi 2 MP. Untuk fitur tambahannya hanyalah HDR, Panorama dan LED Flash saja.

Sedangkan untuk kamera depannya juga sekedar cukup saja dengan resolusi hanya 8 MP serta settingan lensa yang tidak diketahui dan untungnya masih memiliki fitur HDR. Untuk hasil fotonya, kamu mungkin perlu melihat review secara langsung karena memang besaran MegaPixel untuk sebuah smartphone bukanlah jaminan hasil gambarnya baik atau sempurna.

Harga

Dengan beberapa pertimbangan positif di sisi performa dan baterai besar serta port daya yang kekinian, Xiaomi Redmi 8A Pro mungkin bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mencari smartphone untuk penggunaan ringan sehari-hari seperti bermain sosial media dan komunikasi saja. Harganya di pasaran saat ini adalah 1,5 – 1,6 jutaan, beda tipis dengan Redmi 8A versi 4 GB dan Realme C3.

Semoga artikel ini memberikan informasi untuk membantu kamu yang sedang mencari referensi smartphone terjangkau di tahun 2020 ini. Selamat memilih smartphone.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment