Spesifikasi dan Harga Nokia C2, Kok Speknya Begini?

Nokia kembali merilis produknya yang diberi nama Nokia C2. Namun, sayangnya ada yang aneh dengan spesifikasi yang dibawa smartphone ini. Mengincar pasar entry level, Nokia akan menjual smartphone nya ini dengan harga yang tergolong sangat murah. Apakah smartphone ini akan masuk ke tanah air atau berapa kira-kira harganya mengingat speknya yang rendah.

Desain dan Layar

Dirilis pada 16 Maret lalu, Nokia C2 generasi terbaru 2020 ini hadir dengan desain kekinian. Bila dulu C2 dari Nokia identik dengan tombol QWERTYnya, kali ini hadir dengan layar 5,7 inch berjenis IPS. Desainnya sendiri meski ingin mengadopsi desain bezeless atau minim bezel namun bezelnya masih tampak sedikit tebal.

Bodinya terbuat dari material plastik karena memang harga jualnya yang ada di rentang harga entry level. Kamera belakangnya sendiri tersusun secara vertikal layaknya kamera kekinian meski hanya membawa satu kamera dan juga sebuah flash. Tidak ada sensor sidik jari di bagian belakang maupun di bawah layarnya karena fitur ini tidak tersedia untuk C2.

Performa

Sisi performa mungkin adalah sektor yang paling membuat kamu mengernyitkan dahi. Alasannya adalah Nokia C2 membawa ram yang hanya 1 GB saja di tengah ram smartphone yang kebanyakan sudah mencapai angka 3 GB setidaknya untuk standar penggunaan masa kini. Internal nya juga Nokia mengandalkan memori 16 GB yang masih bisa diekspansi.

Untuk prosesornya, Nokia C2 mengandalkan chipset bernama Unicoc yang merupakan prosesor 28 nm dengan GPU tidak diketahui detailnya. Baterai yang digunakan sendiri masih sebatas 2800 mAh yang hanya cukup memberikan tenaga untuk penggunaan sehari-hari tanpa pemakaian berat atau penggunaan aplikasi game berat.

Meskipun memiliki spek yang demikian rendahnya, C2 ini sudah mengandalkan Android 9.0 dengan kustomisasi Go Edition sehingga penggunaan ram dan sistemnya lebih ringan. Android Go sendiri digunakan untuk smartphone entry level dengan spek rendah yang targetnya adalah pengguna smartphone yang baru beralih dari fiture phone.

Kamera

Untuk kamera, Nokia C2 mengandalkan masing-masing 1 kamera belakang dan 1 kamera depan. Untuk kamera belakangnya, Nokia memberikan kamera beresolusi 5 MP sedangkan untuk kamera depannya, Nokia membawakan kamera dengan resolusi yang sama yaitu beresolusi 5 MP dengan tambahan flash. Meski tidak begitu impresif, namun ini sudah cukup untuk pasar yang dituju.

Harga

Dengan spesifikasi terbatas mulai dari RAM 1 GB, kamera depan dan belakang 5 MP, internal 16 GB, Nokia mematok harga yang terbilang sulit bersaing dengan brand lainnya yakni senilai 1,4 jutaan rupiah. Padahal dengan harga tersebut, kita bisa mendapatkan smartphone dengan prosesor minimal mediatek dengan ram dan internal yang lebih tinggi.

Bahkan untuk brand lokal sendiri, smartphone dengan spek 3 GB pun bisa kita dapatkan. Memang sepertinya Nokia menjual smartphone ini terlalu mahal dan Android Go menjadi alasan mengapa spek smartphone ini tidak terlalu tinggi. Namun dengan harga diatas, pastinya konsumen akan berpikir banyak bila melihat spek, harga serta pesaing dari brand lainnya.

Sebagai perbandingan di rentang harga tersebut, masih banyak smartphone yang lebih layak seperti Realme C2, Redmi 8A, Advan G3 Pro 2020, Oppo A1K, Samsung Galaxy A10S dan M10. Namun keputusan tetap berada di tangan kamu, bila kamu merasa ini adalah smartphone yang layak, kamu bisa segera mencari produknya secara online. Semoga artikel ini memberikan informasi sebagai pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment