Realme 6i, Varian Yang Lebih Murah Dari Realme 6

Realme sebelumnya sudah memamerkan dua seri Realme 6 mereka yakni Realme 6 standar dan Realme 6 Pro. Namun sepertinya Realme akan menambah lini baru yang menyasar para pengguna dengan budget yang lebih terbatas yakni Realme 6i. Lalu apa saja kira-kira yang ditawarkan varian Realme 6 yang lebih murah ini? Apakah masih layak untuk diincar tahun ini? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar

Realme 6i

Untuk desain sendiri, Realme 6i memang menyasar pengguna dengan budget yang lebih terbatas, terutama pengurangan fitur terutama di bagian layar depannya. Bila di varian Pro dan standarnya Realme 6 membawa layar dengan punch hole camera, maka varian 6i ini masih membawa kamera dengan waterdrop design di bagian tengahnya.

Layarnya sendiri terpaut kecil dimana ukuran 6i lebih besar 0,02 inch yakni 6,52 inch dan sebenarnya tidak terlihat begitu mencolok perbedaannya sehingga ukurannya pun masih terbilang sama meski varian standarnya sudah mengadopsi refresh rate 90 Hz dan sensitifitas layar 120 Hz . Sedangkan untuk bagian kamera belakangnya masih memiliki desain yang sama meski tentunya berbeda spek.

Untuk 6i sendiri masih menggunakan sensor sidik jari di bagian belakang backdoor yang mana untuk varian Realme 6 Standar berada di sampingnya. Pilihan warna untuk keduanya masih menjadi misteri namun dari bocoran yang ada, gaya tampilan keduanya berbeda meski sama-sama masih berbodi plastik dan juga frame yang mengandalkan plastik.

Performa

Di sisi performa, Realme 6i juga mengalami sedikit penurunan spek. Pasalnya varian 6i masih menggunakan Mediatek Helio G80 sedangkan varian standarnya menggunakan Helio G90T. Varian Pronya malah menggunakan Snapdragon 720G. Varian ram yang ditawarkan 6i juga lebih rendah yakni sebatas 4 GB saja dengan dua pilihan internal 32 GB dan 64 GB.

Prosesor 6i sendiri merupakan sebuah prosesor gaming yang diluncurkan oleh Mediatek. Maka tidak heran jika Realme juga membekali baterai berkapasitas besar yakni hingga 5000 mAh, dengan kemampuan pengisian daya hingga 18 W. Meski tidak sebesar daya dari varian standarnya, namun rasanya sudah sangat cukup dengan baterai yang lebih besar.

Kamera

Sisi kamera juga menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin memboyong Realme 6i ke rumah. Meski sama-sama membawa 4 buah kamera, namun varian yang ditawarkan juga cukup menggoda yakni kamera utama berlensa wide dengan resolusi 48 MP, kamera ultrawide beresolusi 8 MP dan dua kamera lainnya yakni Macro 2 MP serta 2 MP lagi untuk sensor kamera belakang.

Meskipun demikian, Realme 6i masih memiliki kesamaan dengan varian standarnya yakni keberadaan kamera depan yang memiliki resolusi sama yakni 16 MP. Jelas ini menjadi poin plus yang perlu dipertimbangkan oleh mereka yang mengerti fotografi karena jika dilihat secara kasat mata maka sulit ditemukan perbedaan dari hasil selfienya.

Harga

Direncanakan untuk dirilis dalam waktu dekat, Realme 6i diduga akan menyasar pasar di rentang harga dua jutaan rupiah. Mengapa demikian? Karena Realme mematok varian standarnya di angka 3 jutaan rupiah sehingga sangat tidak mungkin jika keduanya saling beradu satu sama lainnya.

Dengan berbagai pertimbangan diatas, Realme 6 versi murah ini layak untuk kamu pertimbangkan apabila memiliki budget yang terbatas. Sebagai pertimbangan, sebaiknya kamu menunggu Redmi 9 atau Note 9 karena ada kemungkinan keduanya membawa spesifikasi yang lebih baik dengan harga tetap terjangkau. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang masih berburu gadget terjangkau dengan spesifikasi terbaik.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment