Samsung Galaxy A31, Update Seri A Lagi

Samsung akan segera merilis update terbaru seri A nya yakni Samsung Galaxy A31, smartphone yang sudah diumumkan semenjak awal Maret lalu ini diprediksi akan masuk ke pasar pada 27 April 2020. Smartphone yang masuk dalam kategori midrange ini membawa beberapa perubahan terutama di sisi layar yang membawa desain kekinian dan juga sudah dibawa oleh seri A lainnya.

Desain dan Layar

Samsung Galaxy A31Di sisi desain, Samsung kembali membawa warna-warna berani seperti warna merah yang menyala dengan corak yang muncul bila terkena cahaya. Meski belum diketahui apa material yang dibawa tapi bagian bodi belakang smartphone ini tampil menawan dengan update Quad Camera. Tersedia 4 warma Prism Crush Black, Blue, Red dan White.

Untuk layarnya sendiri, Samsung Galaxy A31 membawa sedikit perbedaan yang sangat berarti. Layarnya masih berukuran 6,4 inch berjenis Super AMOLED hanya saja ada peningkatan resolusi dimana sebelumnya hanya 720p menjadi 1080p dengan kepadatan yang meningkat hingga 411 ppi.

Hal yang sama juga terjadi pada kamera depannya yang ada sedikit perubahan. Jika melihat smartphonenya, kita tidak akan melihat adanya sensor sidik jari pasalnya Samsung meletakkan sensor sidik jarinya dibawah layar sama seperti versi sebelumnya.

Performa

Di sisi performa, Samsung Galaxy A31 belum diketahui akan membawa prosesor apa. Namun bila melihat versi sebelumnya, Samsung menggunakan prosesornya sendiri yakni Exynos yang dipasangkan dengan GPU Mali. Bila Samsung menggunakan strategi yang sama, maka mungkin A31 akan mendapatkan update prosesor Exynos,

Sedangkan untuk ram dan internalnya sudah diketahui yang mana akan tersedia tiga varian yakni RAM 4 GB dengan pilihan internal 64 dan 128 GB dan RAM 6 GB dengan internal 128 GB. Ketiga varian tersebut juga ada peningkatan dibandingkan dengan versi A sebelumnya. Tak hanya itu saja, kapasitas baterainya juga meingkat dari yang sebelumnya 4000 menjadi 5000 mAh.

Karena sebelumnya smartphone ini sudah menggunakan USB Type C, jadi tidak mungkin jika akan ada penurunan spek. Smartphone ini masih menggunakan port yang sama yang mana masih memiliki kemampuan Fast Charging 15 W sama seperti versi sebelumnya.

Kamera

Di sisi kamera, smartphone ini mengandalkan Quad Camera yang mana terdiri dari kamera utama dengan resolusi 48 MP berjenis wide, kamera ultrawide 8 MP, kamera Macro dengan resolusi 5 MP dan sebuah kamera sensor beresolusi 5 MP. Sebelumnya hanya ada 3 kamera saja dan resolusi kameranya juga tidak sebesar versu terbarunya atau Samsung Galaxy A31 ini.

Sedangkan kamera depannya, yang menggunakan desain mirip, juga mengalami penambahan resolusi kamera yakni dari 16 MP menjadi 20 MP dengan setting lensa wide. Penambahan resolusi dan jumlah kamera belakang ini tentu menjadi sebuah poin plus untuk kamu yang memang mencsri smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni. Apalagi kamera Samsung juga dikenal cukup baik.

Harga

Smartphone yang akan hinggap di pasar dalam jangka waktu dekat ini sudah dipastikan akan ada di pasar Indonesia seperti smartphone seri A Samsung lainnya. Lalu berapa kira-kira harganya? Untuk harganya sendiri belum diketahui. Namun dari beberapa situs luar mengatakan bahwa kisaran harga untuk smartphone ini adalah sekitar 374.000 Won yang jika dirupiahkan sekitat 4,7 jutaan rupiah.

Namun itu juga belum diketahui apakah harga tersebut untuk varian tertingginya atau varian terendahnya. Bukan berarti juga jika harganya di tanah air akan lebih murah mengingat seringkali prosesornya berbeda seperti tidak diberi prosesor yang mendukung jaringan 5G karena di Indonesia belum ada sinyalnya. Sekian ulasan Samsung Galaxy A31, semoga bermanfaat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment