Samsung

Samsung Galaxy A51, Desain Smartphone Teranyar Dari Samsung

Samsung sepertinya masih belum puas dengan generasi A50 terdahulunya. Dalam waktu yang terbilang relatif dekat, Samsung merilis generasi terbaru untuk varian A seriesnya dengan penambahan angka 1 untuk seri A50, A70, dan juga A90. Lalu seperti apa spesifikasi Samsung Galaxy A51 yang membawa desain baru dari samsung ini dan juga apakah ada perbedaan?

Desain

Samsung Galaxy A51Samsung Galaxy A51 seperti yang sudah disampaikan membawa beberapa perubahan salah satunya di sisi desain. Hal ini terlihat di bagian depan yang bila sebelumnya menggunakan desain kamera depan dengan gaya water drop, kali ini A51 membawa desain punch hole camera yang lebih terlihat futuristik. Hal yang sama ada juga pada desain kamera belakangnya.

Desain kamera belakangnya berubah dengan kotak yang lebih tebal dan dikarenakan adanya penambahan jumlah kamera yang dulunya ada 3 menjadi 4, sehingga tersusun seperti huruf L. Pilihan warna dari Samsung Galaxy A51 pun lebih lembut ketimbang pendahulunya yakni Prism Crush Black, White, Blue, serta Pink.

Performa

Di sisi performa, Samsung Galaxy A51 juga mendapatkan upgrade meski tak banyak. Kini A51 menggunakan prosesor Exynos 9611 dari Samsung yang sebelumnya di Galaxy A50 menggunakan Exynos 9610. Ada dua pilihan ram yakni 4 atau 6 GB, sedangkan internalnya juga terbagi atas dua pilihan yakni 64 dan 128 GB. Hal ini menjadikan A51 menjadi salah satu smartphone menengah powerful dari Samsung.

Di sisi daya baterai, A51 dibekali kapasitas yang cukup besar yakni 4000 mAh. Disini Samsung tidak memberikan upgrade sehingga tidak jauh berbeda dengan versi terdahulunya. Namun, Samsung mengklaim dengan optimalisasi One UI terbarunya, smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya.

Kamera

Hal yang juga mengalami peningkatan pada Samsung Galaxy A51 adalah di sisi kamera. Bila sebelumnya hanya ada tiga kombinasi triple camera, kali ini Samsung membekalinya dengan quad camera dengan komposisi sebagai berikut. Kamera belakang 48 MP, f/2.0, berlensa wide, 12 MP, f/2.2, berlensa ultrawide, 5 MP, f/2.4, 25mm dengan lensa macro serta 5 MP, f/2.2 sensor kedalaman.

Untuk kamu yang suka selfie dan bermain TikTok, Samsung menyertakan sebuah kamera depan dengan resolusi mantap yakni 32 MP yang sebelumnya di Galaxy A50 hanya 25 MP saja. Namun semoga ini bukanlah hanya sekedar gimmick jumlah MP yang besar. Kamera depannya ini juga berjenis wide sehingga bisa mengambil foto dengan cakupan yang lebih luas.

Harga

Dengan harga kisarran antara 2,9 jutaan hingga 4 jutaan untuk beberapa variannya, Samsung Gaalxy A51 membawa desain yang lebih modern, peningkatan spesifikasi yang meski tidak terlalu tinggi, serta beberapa peningkatan lainnya seperti kamera yang lebih baik, membuat smartphone A51 ini menjadi pilihan yang tepat bila kamu memiliki range budget smartphone 3-4 jutaan.

Mungkin yang paling disesalkan adalah waktu perilisannya yang jaraknya masih sangat dekat, terutama untuk pengguna A50. Samsung Galaxy A50 sendiri dirilis di Q1 tahun 2019 dan A51 diumumkan pada Q4 2019 sehingga hal ini akan mengecewakan mereka yang sudah membeli A50. Namun kembali, bila memang kamu menganggap perubahan diatas layak untuk kamu dapatkan, maka tak ada salahnya melakukan upgrade.

Itulah ulasan Samsung Galaxy A51 yang merupakan salah satu jajaran A series di range menengah. Semoga artikel diatas dapat menjadi pertimbangan kamu untuk membawanya pulang atau mencari pilihan lain yang lebih tepat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment