Samsung Galaxy Fold 5G, Tebak Berapa Harganya?

Samsung sebagai salah satu brand besar teknologi dunia selalu dituntut untuk menghasilkan inovasi baru dari konsumennya. Jika tidak, maka Samsung bisa saja tersungkur dikalahkan brand lain yang terus berkembang. Salah satu inovasi terbaru Samsung meski bukanlah yang pertama di dunia adalah Samsung Galaxy Fold 5G. Sebuah tablet dan juga smartphone dengan layar tekuk.

Desain dan Layar

Karena bisa ditekuk, maka Samsung Galaxy Fold 5G memiliki dua dimensi layar. Yang pertama adalah layar berukuran 7,3 inch berjenis Dynamic AMOLED beresolusi 1536 x 2152 pixels serta memiliki fitur HDR10+. Berbeda dengan pesaingnya dari Huawei, layar utama Samsung ini tidak digunakan sebagai layar keduanya karena dilipat ke arah dalam sehingga tertutup. 

Untuk menangani ini, Samsung menyediakan layar kedua di bagian cover dengan ukuran 4,6 inch berteknologi Super AMOLED. Meskipun sempat ada permasalahan di sisi layar utama yakni bagian lapisan plastik yang bila robek akan merusak lapisan layarnya, Samsung sudah memperbaikinya sejak dirilis pada November tahun lalu. Bodinya sendiri dibalut metal premium yang kuat.

Untuk sensor sidik jarinya, Galaxy Fold 5G menempatkannya di sisi frame atau bagian sampingnya. Tersedia dua pilihan warna yakni Space Silver dan Cosmos Black. Di sisi lain mungkin kamu akan merasakan jika perangkat ini tergolong cukup berat. Pasalnya memang Samsung mengandalkan engsel yang kuat agar perangkatnya dapat awet digunakan dibuka dan ditutup berkali-kali.

PerformaSamsung Galaxy Fold 5G

Untuk performa, Samsung Galaxy Fold 5G dibekali prosesor tertinggi tahun lalu yakni Snapdragon 855 yang sudah mendukung jaringan 5G. Prosesor tersebut dipasangkan dengan Adreno 640 serta satu pilihan ram 12 GB dan internal 512 GB tanpa ada slot memori eksternal namun sudah mengandalkan UFS 3.0. Rasanya dengna 512 GB kita tidak membutuhkan memori tambahan.

Untuk menopang performanya, Samsung Galaxy Fold 5G mengandalkan baterai berkapitas 4235 mAh dengan kemampuan charging hingga 15 W dan juga Type C yang memiliki fitur Reversible Connector dengan kemampuan hingga 9 W. 

Kamera

Di sisi kamera, Galaxy Fold 5G menyediakan komposisi Tripple Camera dengan komposisi sebagai berikut, kamera utamanya mengandalkan kamera beresolusi 12 MP F/1.2 dengan lensa wide dengan OIS, kamera 12 MP, f/2.4, dengan lensa telephoto) AF, OIS, serta kemampian 2x optical zoom, dan yang terakhir kamera 16 MP, f/2.2 dengan lensa ultrawide.

Memang jika dibandingkan dengan smartphone kelas menengah atau kelas flaghship resolusi yang dibawa oleh Fold 5G ini mungkin kecil. Akan tetapi jangan salah sangka karena besaran resolusi tidak menjamin kualitas fotonya. Untuk kamera depannya Samsung membekali dua kamera yakni dengan resolusi 10 MP, f/2.2 dengan lensa wide, 8 MP, f/1.9 lensa wide.

Uniknya ada sebuah kamera lagi yang terletak di bagian covernya yang memiliki resolusi 10 MP, f/2.2 dengan lensa wide) sehingga total kamera yang ada di perangkat ini ada 6 buah kamera. Menarikap?

Harga

Sisi harga mungkin yang akan paling disorot dari semua pembahasan diatas. Pasalnya dengan inovasi yang belum banyak bisa dibuat, Fold sudah pasti memiliki harga yang tinggi. Di Indonesia sendiri Fold 5G dijual dengan harga 34 juta rupiah. Harga tersebut bahkan diatas smartphone flagship terbaru dengan spesifikasi tertinggi.

Oleh karena itu jelas hanya golongan tertentu saja yang mungkin berminat dengan smartphone ini. Akan tetapi, beberapa tahun kedepan smartphone layar lipat mungkin akan menjadi tren dan harganya jauh lebih murah karena biaya produksinya yang tidak lagi mahal. Semoga artikel ini memberikan manfaat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment