Samsung Galaxy M11, Update Segar Dengan Harga Sama

Samsung kembali merilis produknya yang kali ini menyasar pasar smartphone murah. Vsrain seri M terbaru dari Samsung ini memiliki spek yang terbilang cukup update dari seri sebelumnya yakni M10s yang juga merupakan update kecil untuk M10. Kira kira apa saja yang menjadi poin plus dari Samsung Galaxy M11? Berikut ulasannya sebagai pertimbangan smartphone murah entry level.

Desain dan Layar

Samsung Galaxy M11

Di sisi desain, Samsung Galaxy M11 mengalami sedikit perubahan namun bisa diacungi jempol. Pasalnya secara fisik atau ukurannya memang sama namun untuk kamera belakangnya kini lebih terpadu dalam bracket hitam dan untuk kamera depannya sendiri juga sudah mengandalkan punch hole camera design. Peletakkan tulisan Samsung di bagian belakangpun turun ke area bawah.

Bodinya masih menggunakan plastik, namun Samsung Galaxy M11 malah mengalami penurunan di sisi layarnya yang kini mengandalkan layar berjenis TFT dimana sebelumnya pada Galaxy M10S menggunakan Super AMOLED. Ukurannya masih sama yakni 6,4 inch dengan resolusi 720p. Untuk sensor sidik jarinya juga masih terletak di bagian bodi belakang.

Tersedia tiga pilihan warna menarik untuk kamu pilih yakni Black, Purple dan juga Sky Blue. Pilihan warnanya sendiri bertambah yang sebelumnya hanya dua saja.

Performa

Sisi performa mungkin akan menarik bagi beberapa orang yang menggemari Snapdragon. Pasalnya dulu M10s menggunakan Exynos dan saat ini Samsung Galaxy M11 menggunakan Snapdragon 450 Octa Core. Pilihan ram nya juga meningkat dari yang hanya 3 GB dan internal 32 GB sekarang tersedia varian 3 GB dan 4 GB yang internalnya tersedia juga hingga 64 GB.

Tak hanya sisi dapur pacunya saja, sisi daya tahan baterai juga ditunjang penuh dengan kapasitas 5000 mAh yang sebelumnya hanya 4000 mAh saja. Galaxy M11 juga masih mengandalkan USB Type C yang memang sudah sepantasnya karena baterai yang kini lebih besar. Namun kemampuan chargingnya juga masih sama dengan kemampuan charge Galaxy M10S yakni hingga 15 W.

Hanya saja berdasarkan dari sumber seperti GSM Arena, M11 sepertinya kehilangan sensor sensor penting seperti gyro dan juga compass. Sangat disayangkan memang.

Kamera

Seperti yang tadi sudah dibahas jika sisi kamera terlihat lebih elegan baik di kamera depan maupun belakangnya. Untuk kamera belakangnya sendiri sekarang terdapat 3 kamera mulai dari kamera utama 13 MP berlensa wide, kamera ultrawide 5 MP serta sebuah kamera sensor 2 MP saja. Kameranya sendiri terbilang pas untuk smartphone entry level.

Sedangkan untuk kamera depannya yang sudah mengusung desain punch hole camera, Samsung Galaxy M11 mengandalkan kamera dengan resolusi yang sama dengan versi sebelumnya yakni 8 MP. Hanya saja untuk kali ini Samsung memberikan setingan lensa wide sehingga dapat mengambil cakupan gambar yang lebih luas.

Harga

Dengan adanya penurunan spek di sisi layar meski desainnya juga berubah, harga dari smartphone ini nantinya diprediksi sama dengan versi sebelumnya yakni Galaxy M10 dan M10s. Harganya diprediksi tidak jauh dibawah angka 2 juta. Hanya saja karena tersedia varian yang lebih tinggi yakni RAM 4 Gb dengan internal 64 Gb, maka akan ada harga kedua yang diprediksi juga tidak terlalu jauh.

Dengan pertimbangan di sisi spek dan juga di sisi kamera, Samsung Galaxy M11 bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang menginginkan smartphone baru khususnya smartphone dari Samsung. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan untuk kamu.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment