Sony

Sony Xperia 1 II, Flagship Terkini dari Sony

Sony ternyata masih bertahan di sektor smartphone nya meski mengalami kekalahan menghadapi gempuran berbagai brand smartphone yang semakin banyak jumlahnya. Kali ini Sony hadir langsung dengan smartphone flagship terbarunya yang disebut sebagai Sony Xperia 1 II yang  mana di belakang angka satu tersebut dibaca sebagai Mark II. Lalu apa sajakah yang spesial?

Desain dan Layar

Sony Xperia 1 IIDi sisi desain, Sony berusaha melawan trend smartphone kekinian yang bisa dibilang sangat membosankan. Sony hadir dengan layar 6,5 inch berteknologi OLED. Sony juga membekali layarnya kemampuan refresh rate 90 Hz di layar 4K yang membuat pergerakan di layar sangat lembut. Tak hanya itu saja, Gorilla Glass 6 juga digunakan baik di depan maupun di belakang.

Hal yang mungkin membuat kesan berbeda dari kebanyakan smartphone saat ini adalah bagian frame, dimana Sony Xperia 1 II tetap mempertahankan frame metal yang kaku, tidak melengkung sehingga tampak solid. Sayangnya Sony hanya menyertakan dua warna saja untuk smartphone kekiniannya ini yakni Black dan juga Purple.

Performa

Di sisi performa, Sony jelas tidak akan mengecewakan fans setianya yang masih mengandalkan perangkatnya. Sony Xperia 1 II dibekali dengan prosesor terkini yakni Snapdragon 865 yang dipadukan dengan Adreno 650. Hanya tersedia satu varian dari Sony Xperia 1 generasi kedua ini yakni RAM 8 GB dengan internal 256 GB yang masih bisa ditambahkan MicroSDXC.

Untuk mendukung keseharian kamu, Sony kali ini membenamkan baterai Li Po yang kapasitasnya cukup besar yakni 4000 mAh dan sudah menggunakan USB Type C yang jelas mendukung fast Charging meski tidak diketahui besarannya dan juga mendukung Reversible Connector. Sony juga masih gemar meletakkan sensor sidik jarinya di bagian frame samping sehingga mudah untuk diakses.

Kamera

Untuk sisi fotografi, Sony jelas tidak bisa diremehkan karena Sony juga dikenal sebagai salah satu pembuat sensor kamera terbaik untuk smartphone atau kamera digital. Apalagi Sony dikenal dengan kerjasamanya bersama Carl Zeiss yang merupakan produsen lensa kelas elite. Disini Sony Xperia 1 II mengandalkan Quad Camera yang tersusun vertical didalam bracket.

Komposisi dari keempat kamera tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kamera 12 MP f/1.7 24mm, wide lens, dual Pixel PDAF dan dukungan OIS
  • Kamera 12 MP f/2.4 70 mm, telephoto 3x optical zoom, didukung OIS
  • 12 MP f/2.2 16 mm, ultrawide, Dual Pixel PDAF
  • 3 MP, TOF 3D untuk sensor kedalaman gambar

Keberadaan OIS dalam kamera Sony membuat gambarnya lebih stabil dan meski resolusinya kecil, namun bukan berarti kualitas hasilnya pun buruk. Untuk kamera depannya Sony mengandalkan kamera beresolusi 8 MP f/2.90, 24mm dengan settingan lensa wide. Untuk perekaman video, kamera belakang Sony Xperia 1 II didukung OIS dan EIS sedangkan untuk depannya hanya EIS.

Harga

Meskipun Sony Xperia 1 II belum diketahui apakah akan masuk ke tanah air atau tidak, namun kita bisa menyiapkan dana yang pas bila tertarik dengan smartphone milik Sony ini. Xperia 1 Mark II dihargai sebesar 1119 Euro atau jika dirupiahkan mencapai angka 18 jutaan rupiah. Itupun belum ditambah biaya pajak bila memang masuk ke Indonesia.

Itulah review singkat Sony Xperia 1 II. Memang sebagai sebuah smartphone flagship, Xperia 1 II dibanderol dengan harga yang mahal. Namun, tentunya harga itu sepadan dengan kualitas yang ditawarkan. Hanya saja Sony memiliki banyak lawan berat dengan rentang harganya tersebut dari brand smartphone lain.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment