Cara Membuat Video Animasi

Terlepas dari tren yang datang dan pergi, jelas bahwa kita akan terus membutuhkan konten menarik yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan audiens dan menghasilkan kunjungan di halaman dan prospek. Video animasi akan menjadi bagian penting dalam strategi komunikasi atau pemasaran.

cara membuat video animasi

Proses pembuatan Video Animasi yang Menarik

Ada banyak tujuan yang bisa kita bahas dengan video animasi. Kita dapat menyoroti penggunaannya untuk:

  • Menjelaskan atau mempromosikan bisnis, layanan, produk, atau aplikasi.
  • Penyebaran informasi yang relevan: tentang aktivitas perusahaan selama setahun terakhir, menjelaskan model bisnisnya, tujuan, pencapaian selama setahun terakhir, dll.

Profil profesional yang berbeda dalam agensi dan, mungkin, kolaborator eksternal (produser, editor, ilustrator, penyiar, dan animator) terlibat dalam mempersiapkan karya-karya ini. Jadi, penting untuk memiliki metodologi kerja yang melibatkan profil ini dan memfasilitasi pekerjaan Anda dan iterasi dengan klien. Nah, hari ini Kita akan memberi tahu Anda bagaimana Kita melakukannya. Kita akan melihat bagaimana menangani proyek-proyek ini secara bertahap dan dalam urutan kronologis.

baca: Aplikasi Edit Video Android Terbaik Pilihan YouTuber

1. Persyaratan pengumpulan

Biasanya, klien menghubungi Kita karena dia memiliki kebutuhan komunikasi khusus dan membutuhkan potongan video animasi yang memungkinkan. Seperti dalam semua proyek, tujuan pertama Kita adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait dengan pekerjaan yang akan Kita lakukan. Kita bertanya tentang beberapa aspek:

  • Tujuan yang ingin dicapai.
  • Audiens yang Kita targetkan.
  • Saluran siaran.
  • Format yang diperlukan.
  • Jika itu adalah video untuk halaman web, jejaring sosial, proyek di suatu acara, dll.

Penting juga untuk mengetahui ide atau pesan utama yang ingin Anda sampaikan kepada audiens dan jika ada gaya ilustratif atau branding yang harus kita perhitungkan.

2. Membuat proposal

Dalam proposal teknis pembuatan video animasi, Kita mengekspos masalah seperti durasi, ruang lingkup salinan konten, skrip dan narasi, gaya ilustratif yang akan digunakan, dan kondisi branding.

Putuskan apakah akan rumit atau sederhana tentang jenis animasi. Itu bisa berupa animasi teks, karakter, dengan ikon. Ini dapat mencakup musik perpustakaan, efek suara, ucapan, serta segala sesuatu yang Kita anggap relevan untuk menentukan karya dan karakteristiknya.

Selain itu, Kita membuat jadwal dengan tugas, pencapaian, dan hasil yang berbeda, di mana Kita secara tegas menyebutkan perlunya ketersediaan klien untuk validasi yang memungkinkan Kita untuk terus maju dalam proyek dan dengan semua informasi ini, Kita menyiapkan anggaran.

3. Naskah

Naskah harus mencerminkan semua aspek cerita yang ingin kita ceritakan dalam video, menggambarkan apa yang akan terjadi di setiap adegan dan membuat deskripsi terperinci dan terperinci tentang apa yang akan kita lihat di layar, teks, karakter, dll. berisi anotasi untuk produksi, penulis, ilustrator dan animator.

Selain itu, ini adalah dokumen pertama yang akan membantu kita berinteraksi dengan klien. Anda harus mendapatkan gambaran yang sangat kasar tentang hasil akhir dengan membacanya. Ini adalah dokumen yang harus divalidasi klien dalam versi finalnya.

4. Narasi

Meskipun tidak semua video animasi memerlukannya, memiliki narasi pengantar akan sangat menambah nilai proyek. Dari naskah yang disetujui, copywriter atau editor akan menyiapkan teks yang akan melayani penyiar untuk meriwayatkan cerita. Dokumen ini harus berisi indikasi tentang nada yang akan digunakan, dan berhati-hati untuk tidak menggunakan varian idiomatik, jargon atau ekspresi yang dapat menyebabkan salah tafsir.

Selain itu, jika mengandung kata-kata dalam bahasa lain, bentuk pengucapannya yang benar harus ditunjukkan. Rekaman lokusi tidak dilakukan tanpa persetujuan teks ini oleh klien.

Kita harus ingat bahwa beberapa pengguna mungkin memiliki masalah dengan aksesibilitas ke konten suara, baik karena mereka tidak memiliki speaker atau karena mereka memiliki masalah pendengaran. Kita dapat meningkatkan pengalaman pengguna ini secara signifikan dengan menampilkan narasi di layar dalam mode subtitle.

5. Gaya Bahasa

Naskah akan menunjukkan preferensi untuk mempekerjakan penyiar yang paling cocok, indikasi nada yang akan digunakan (riang, dewasa, sugestif) yang paling sesuai dengan sifat proyek, tema atau audiens yang kita tuju.

Masalah penting lainnya yang harus kita pertimbangkan sebelum merekrut talenta suara adalah varian bahasa. Orang Inggris Inggris tidak sama dengan orang Amerika, begitu pula orang Spanyol dari Spanyol atau Amerika Latin.

Apa yang harus kita pertimbangkan saat membuat lokasi video? Manajemen suara, manajemen waktu dan keheningan, jenis diksi, keterampilan interpretasi. Apakah ada lagi?

Meskipun ada platform online dengan akses ke banyak suara profesional, kita harus melakukan casting dan melibatkan klien dalam keputusan akhir untuk membuat keputusan yang tepat. Di antara kualitas yang harus kita hargai dalam diri seorang penyiar adalah:

  • Manajemen suara.
  • Manajemen waktu dan keheningan.
  • Memiliki suara yang sugestif.
  • Buat diksi yang jelas.
  • Memiliki kemampuan akting.

Terakhir, penting untuk menyoroti pentingnya rekaman profesional yang berkualitas karena rekaman yang buruk dapat merusak proyek.

6. Storyboard

Jika kita kembali ke naskah, kita menemukan bahwa kita sudah memiliki cerita, urutan, narasi dan indikasi produksi yang berbeda. Semua ini akan membantu seniman grafis mendesain ilustrasi dan menyusun adegan berdasarkan teks atau elemen grafis, dengan mengandalkan garis waktu yang akan menandai durasi video.

Selain itu, Anda akan memiliki instruksi yang akan membantu Anda mengembangkan gaya ilustrasi yang paling tepat, serta pengamatan mengenai penggunaan warna, font, logo, dan masalah lain yang terkait dengan merek perusahaan klien atau sifat proyek.

Dokumen ini, biasanya dibuat dalam program desain vektor seperti Adobe Illustrator, akan digunakan oleh animator untuk melakukan pekerjaannya. Sangat penting untuk memvalidasi storyboard dengan klien sebelum melanjutkan dengan tugas animasi. Setelah divalidasi, pekerjaan tidak berakhir di sini. File grafik harus disiapkan sedemikian rupa sehingga mudah ditangani oleh animator. Dalam tugas ini, memiliki desain vektor akan sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal.

7. Animasi

Animator menerima storyboard, file yang dirawat, dan sulih suara. Tugasnya adalah membuat segala sesuatunya menyatu, memberikan keselarasan dan memainkan tempo narasi. Ini adalah pekerjaan yang sangat teliti yang membutuhkan banyak pengalaman dan pengetahuan dalam penggunaan lanjutan dari program animasi vektor. Animator akan menghidupkan karakter dan urutan untuk mencapai hasil yang menakjubkan.

8. Audio Pasca Produksi

Setelah animasi selesai, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan menambahkan musik dan efek suara ke proyek, sehingga hasil akhir akan optimal. Meskipun musik khusus dapat dibuat, memilih file audio yang paling sesuai adalah yang paling biasa. Kita juga dapat menambahkan penekanan pada transisi Kita dengan menambahkan efek suara. Hasil akhirnya akan menjadi video yang sempurna jika kita melakukannya dengan benar.

9. Pengiriman akhir

Terakhir, Kita akan mengirimkan video, umumnya dalam format MP4-HD atau yang telah Kita sepakati sebelumnya dengan klien. Kita harus ingat bahwa format yang paling tepat akan diberikan oleh penggunaan video di saluran yang berbeda, video untuk YouTube tidak sama dengan untuk Instagram.

10. Perubahan pada video terakhir

Ini adalah masalah yang rumit karena perubahan yang terjadi pada versi final dapat melibatkan biaya tambahan dalam produksi. Dengan demikian, menghindari perubahan akhir akan menimbulkan pembengkakan biaya dan penundaan dalam proyek. Tujuan dari semua pekerjaan sebelumnya akan dapat melewati langkah ini.

Setelah memberi tahu Anda sepuluh langkah yang Kita anggap penting untuk proses kreatif video animasi, apakah Anda siap untuk meluncurkan proyek itu? Apakah Anda jelas tentang langkah-langkahnya, tetapi apakah Anda memerlukan bantuan selama prosesnya? Beritahu Kita ide-ide Anda.