Tips

Cara Mengetahui Wa diSadap atau di Hack

Saat ini hampir semua orang di dunia ini menggunakan aplikasi WhatsApp karena menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Setiap orang yang menggunakan smartphone menggunakan WhatsApp. Dan karena ini merupakan aplikasi perpesanan yang banyak digunakan, terkadang kita merasa bahwa bagaimana jika seseorang memata-matai kita? Atau terkadang kita berpikir bahwa bagaimana cara mengetahui wa disadap atau diretas? Simak terus artikel ini untuk mengecek apakah wa kamu disadap atau tidak

Banyak orang berpikir bahwa karena WhatsApp menawarkan enkripsi ketat untuk penggunanya, peretasan tidak mungkin dilakukan. Memang tidak semudah itu untuk meretas akun WhatsApp seseorang, akan tetapi juga bukan tidak mungkin untuk dilakukan di jaman sekarang ini.

WhatsApp dari waktu ke waktu selalu meningkatkan tingkat keamanan aplikasinya. Jadi dapat dikatakan kalau WhatsApp saat ini jauh lebih aman daripada sebelumnya. Dan tidak hanya itu, mereka terus meningkatkan tingkat keamanannya untuk menyediakan platform yang sangat aman dan handal bagi penggunanya.

Bagaimana Cara Mengetahui Whatsapp disadap atau tidak?

cara mengetahui wa disadap atau tidak

Peretas menggunakan banyak trik untuk masuk ke akun WhatsApp kamu. Tetapi banyak dari trik mereka telah ketinggalan zaman dan tidak mungkin menggunakannya dan tidak ketahuan. Dan karena WhatsApp adalah platform yang sangat besar sehingga setiap hari ada banyak upaya yang dilakukan oleh banyak orang untuk masuk ke akun orang lain. Dan itulah mengapa tim keamanan WhatsApp tidak berdiam diri sepanjang hari. Mereka selalu menghentikan peretas dan pengguna tak dikenal memasuki akun kamu.

Salah satu teknik umum dan sering digunakan banyak orang untuk masuk ke akun WhatsApp seseorang adalah melalui fitur “WhatsApp Web”. Tetapi sekarang tidak mungkin menggunakan web WhatsApp untuk masuk ke akun WhatsApp kamu. Karena kamu akan mendapatkan notifikasi di smartphone kamu bahwa web WhatsApp kamu aktif di perangkat lain.

Cek juga: Cara Menyadap Whatsapp Anak Tanpa Ketahuan

Bagaimana Cara Mengamankan Wa agar Tidak Disadap?

Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik atau gratis

Sangat mudah bagi peretas untuk mendapatkan akses ke aplikasi kamu dengan bantuan jaringan Wi-Fi yang tidak aman. Sebagian besar peretasan email di dunia terjadi dengan bantuan koneksi Wi-Fi yang tidak aman. Dan jika email kamu dapat diretas dengan Wi-Fi yang tidak aman, maka semua aplikasi di ponsel cerdas kamu dapat dengan mudah diretas dengan jaringan Wi-Fi yang tidak aman tersebut.

Kamu harus tahu bahwa peretas dapat dengan mudah mengakses perangkat kamu jika kamu berdua terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Dan itulah mengapa kamu tidak harus memilih Wi-Fi gratis atau publik.

Menggunakan jaringan Wi-Fi yang tidak aman dapat membuat WhatsApp kamu diretas tanpa sepengetahuan kamu. Dan itulah mengapa kamu harus menjauh dari koneksi Wi-Fi acak yang biasa kamu jumpai. Dan dengan menghindari jaringan Wi-Fi seperti itu, kamu menjaga akun WhatsApp kamu aman dari peretasan.

Baca juga: Cara Melihat Status Whatsapp Tanpa Diketahui Pengirimnya

Jangan beri siapa pun akses ke smartphone kamu

Tahukah kamu bahwa meskipun kamu memberikan akses ke ponsel cerdas kamu hanya untuk beberapa saat dalam beberapa saat itu juga seseorang bisa mendapatkan akses ke file cadangan WhatsApp kamu, atau seseorang juga dapat mengirim email semua obrolan kamu ke beberapa id email lainnya? Atau dapat menginstal aplikasi mata-mata yang tidak terlihat di smartphone kamu hanya dalam beberapa menit. Jadi sangat berisiko untuk menyerahkan ponsel cerdas kamu terutama ketika kamu tidak dapat melihat apa yang dilakukan orang itu di atasnya.

Kamu harus menyadari bahwa setiap ponsel memiliki nomor IMEI unik dan akun WhatsApp kamu terhubung dengan nomor IMEI ponsel kamu. Dan hanya perlu beberapa detik untuk mengetahui nomor IMEI ponsel kamu jika orang tersebut memiliki akses ke ponsel cerdas kamu bahkan selama 10 hingga 20 detik. Dan jika orang itu mendapat akses ke nomor IMEI kamu, maka seluruh ponsel kamu bisa diretas termasuk akun WhatsApp kamu juga.

Jadi, pastikan kamu tidak memberikan akses ke ponsel cerdas kamu kepada siapa pun terutama orang asing, dan bahkan ketika seseorang yang kamu kenal sebagai ponsel cerdas kamu memastikan bahwa kamu mengawasi apa yang dilakukan orang itu di dalamnya.

Jangan menginstal Aplikasi apapun dari sumber yang tidak dikenal

Jika kamu menginstal file apk dari situs web atau toko aplikasi yang tidak dikenal, maka kamu harus segera berhenti melakukannya. Dan hapus semua aplikasi yang telah kamu unduh dari sumber yang tidak dikenal. Ini sangat beresiko. kamu menempatkan perangkat kamu pada risiko yang sangat tinggi untuk diretas jika kamu mengunduh file apk aplikasi dari sumber yang tidak sah. Dengan mengunduh file apk aplikasi apa pun dari apa pun selain dari toko aplikasi resmi Google dan Apple, itu adalah undangan yang jelas bagi peretas.

Tidak hanya itu, kamu juga harus mengunci Google Play Store dan Apple App Store kamu. Dan selalu periksa detail pengembang, ulasan pengguna, peringkat pengguna, dll. Sebelum mengunduh aplikasi apa pun ke handphone kamu.

Tips Tambahan

  • Jangan membuka pesan atau tautan apa pun yang telah dikirimkan kepada kamu melalui email atau di WhatsApp atau di mana pun dari seseorang yang tidak kamu kenal dan yang terlihat mencurigakan.
  • Sekarang seperti yang kamu ketahui bahwa beberapa aplikasi penyadap dapat digunakan untuk memata-matai kamu. Jadi, setiap kali kamu merasa seseorang menyadap WhatsApp kamu, segera buka pengaturan ponsel kamu dan periksa apakah ada aplikasi yang kamu tidak ingat pernah mengunduh. jika kamu melihat aplikasi seperti itu segera hapus aplikasi itu dari perangkat kamu.
  • Perbarui Smartphone dan WhatsApp kamu secara teratur.

Itu dia beberapa tips cara mengecek wa disadap atau tidak dan tips cara mengamankan wa agar tidak disadap orang lain. Semoga bermanfaat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment