Whatsapp

Bosen Dengan Stiker Biasa ? Ini Cara Membuat Stiker Whatsapp Sendiri

membuat stiker Whatsapp sendiri

Salah satu fitur terbaru Whatsapp yang banyak disukai adalah keberadaan sticker. Jika sebelumnya kita hanya diperkenankan mengirimkan emoticon, sekarang kita bisa mengirimkan stiker dan bahkan kita juga bisa membuat stiker sendiri menggunakan foto kita. Nah berikut ini ada tutorial singkat dan mudah untuk membuat stiker Whatsapp sendiri.

Baca juga : Cara Menemukan Grup Whatsapp dan Membuat Link Grup Sendiri

Ada beberapa pilihan aplikasi untuk membuat stiker Whatsapp sendiri, namun kali ini kita akan membahas langkah pembuatan stiker dengan menggunakan aplikasi Sticker Maker. Beberapa aplikasi pilihan lainnya yang bisa dipakai adalah aplikasi Personal Sticker for Whatsapp. Kamu bisa mencobanya nanti. Apa saja langkahnya? Berikut ulasannya untuk kamu.

Selain aplikasi tersebut, ada beberapa aplikasi lainnya yang kita butuhkan yakni Background Eraser. Background Eraser berguna untuk menghilangkan background atau latar belakang foto yang akan kita gunakan. Aplikasi tambahan lain seperti Phonto atau PicsArt bisa dipakai untuk menambahkan tulisan pada foto yang kita pakai sebagai sticker.

Mempersiapkan Foto

Sebelum memulai membuat stiker Whatsapp sendiri, terlebih dulu kita harus mempersiapkan foto dengan menghapus background dan menambahkan tulisan agar semakin lucu.

1. Pertama, buka aplikasi Background Eraser dan pilih foto yang telah kita siapkan dengan memilih Load a photo. Sebagai tips, pilih foto yang menampilkan adegan yang ekspresif dan juga tidak terlalu ramai sehingga mudah menghilangkan backgroundnya.

2.  Lakukan crop untuk mempermudah menghapus background

2. Selanjutnya, hapus latar belakang dari foto tersebut dengan magic auto atau manual. Caranya cukup dengan usapkan jari kita pada bagian yang ingin dihilangkan

3. Setelah proses menghapus background foto selesai, jangan lupa tekan done lalu save gambar tersebut dan gambar akan tersimpan dalam format PNG.

Menambahkan kata-kata dengan aplikasi PicsArt

1. Tekan ikon ( + ), kemudian all photos dan pilih foto yang tadi sudah kita hilangkan latar belakangnya.

2. Pilih opsi penambahan teks kemudian ketik kata-kata yang kita inginkan. Pastikan kata-kata tersebut berhubungan dengan ekspresi pada foto

3. Setelah selesai menambahkan teks, simpan atau save foto tersebut.

4. Kamu bisa mengulangi langkahnya hingga beberapa kali untuk menghasilkan banyak foto yang nantinya kita gunakan sebagai stiker

Membuat Stiker Whatsapp dengan Sticker Maker

Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto yang sudah kita siapkan agar dapat digunakan sebagai stiker. Nah berikut ini langkah yang kamu bisa ikuti.

1. Buka aplikasi Sticker Maker

2. Tekan Create a new stickerpack. Isikan nama stikerpack atau nama stiker yang akan kamu unggah misalnya ekspresi dan nama author yaitu namamu sendiri. Kemudian akan muncul stiker dengan nama yang telah kita isikan tadi. Klik nama stikernya untuk membuat stiker

3. Akan muncul dua pilihan opsi untuk membuat stikernya yakni memotret dengan kamera atau mengambil foto yang sudah ada pada galeri. Kita pilih yang kedua karena kita sudah menyiapkan fotonya. Bila foto atau gambar sudah kita pilih, ada opsi untuk menghapus background dari foto tersebut. Apabila kita sudah menghapus dan menambahkan kata-kata pada file foto kita, maka kita hanya perlu menekan tombol Yes, Save My Sticker.

4. Ulangi prosesnya hingga setidaknya memiliki 3 stiker. Kemudian tekan tombol Publish Sticker Pack. Lalu akan muncul jendela konfirmasi dan kembali pilih Yes Publish. Lalu tekan Add untuk menambahkannya di Whatsapp

5. Langkah terakhir, kita buka Whatsapp kemudian cek apakah stiker sudah ada di Whatsapp atau belum. Bila belum, terpaksa kamu harus mengulang prosesnya

Itulah cara membuat stiker Whatsapp sendiri. Mudah bukan? Asyiknya lagi kamu tidak dibatasi untuk membuat stiker tersebut sehingga kamu bisa membuat stiker sebanyak-banyaknya. Selamat berkreasi.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Add Comment

Leave a Comment