Hp Nokia 5.3, Smartphone Pertama Nokia di Tahun 2020

Jatuh bangun Nokia menghadapi perang pasar dengan berbagai brand yang usianya jauh lebih muda darinya ternyata tidak membuat Nokia patah arang. Di tahun 2020 ini, meskipun sedikit terlambat, namun Nokia tetap merilis produknya yang diberi nama Nokia 5.3. Meski sudah banyak bocoran yang didapatkan namun spesifikasi lengkapnya akan muncul pada 19 Maret mendatang.

Desain dan Layar

Nokia hadir dengan sedikit penyegaran pada desainnya. Desain Nokia 5.3 kini mengikuti tren pasar seperti kamera depan dengan desain water drop, sedangkan untuk kamera belakangnya dari gambar yang sudah beredar, keempat kameranya tidak disusun secara vertikal atau disusun dalam brakcet atau dalam kotak yang terletak di pojokan melainkan dengan desain membulat.

Untuk layarnya sendiri, Nokia membawakan layar berukuran 6,55 inch IPS LCD dengan resolusi layar 1080 x 2220 pixels. Cukup impresif jika harga yang ditawarkan juga bisa bersaing dengan pasar level menengah. Tersedia dua pilihan warna yakni Cyan dan Charcoal. Untuk letak sensor sidik jarinya sendiri masih terletak di belakang bodinya.

Performa

Nokia 5.3 mengandalkan prosesor Snapdragon 665 yang dipasangkan dengan Adreno 610. RAM yang digunakan terdiri dari tiga varian yakni 3 GB, 4 GB dan 6 GB. Sedangkan untuk memori internalnya, Nokia hanya menyertakan satu pilihan memori saja yakni 64 GB. Dengan demikian akan muncul tiga varian harga yang mungkin tidak berbeda jauh karena perbedaannya hanya pada RAM saja.

Untuk melengkapi spek diatas, Nokia membekali smartphone nya ini dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang sudah menggunakan port USB Type C sehingga membuatnya memiliki fitur fast charging. Nokia juga menggunakan Android murni tanpa kostumisasi yakni Android 10.0. Selain dikenal cepat mendapatkan update, Android tanpa kostumisasi ini juga mempercepat atau memperingan kinerja smartphone.

Kamera

Untuk kamera, Nokia 5.3 mengandalkan Quad Camera dengan komposisi dan spek yang cukup tangguh. Pasalnya Nokia masih bekerjasama dengan produsen lensa Carl Zeiss sehingga membuat kameranya cukup diperhatikan diantara kamera smartphone lainnya. Komposisi dari keempat kameranya adalah sebagai berikut:

  • Kamera 16 MP, f/1.8 dengan lensa wide, PDAF
  • Kamera 8 MP telephoto
  • Kamera 8 MP ultrawide
  • Kamera 5 MP, f/2.4 untuk sensor kedalaman foto

Sedangkan untuk selfie dan bermain TikTok, Nokia hanya menyertakan sebuah kamera depan dengan resolusi 8 MP saja. Mengingat smartphone di pasar level menengah banyak yang menggunakan resolusi kamera besar, mungkin ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk Nokia. Pasalnya karena menggunakan Android murni, Nokia pun mendapatkan keuntungan dari kamera Google atau Google Cam seperti fitur mode malam.

Namun, untuk jelasnya kita tunggu saja sampai produknya dirilis secara resmi dan muncul review mengenai kamera dari smartphone Nokia ini, apakah resolusinya yang kecil menjadi masalah atau tidak.

Harga

Bocoran oleh HMD selaku pemegang brand Nokia juga merilis tentang harga jualnya meski tidak semua variannya dibocorkan. Harga untuk Nokia 5.3 varian RAM 6 GB sendiri adalah USD 108 atau jika dirupiahkan harganya berkisar antara 2,6 jutaan rupiah. Karena varian RAM 6 GB merupakan varian tertinggi, maka harga varian yang lebih rendah pasti lebih murah.

Hanya saja belum bisa dipastikan juga apakah smartphone ini akan masuk ke Indonesia atau tidak. Namun mengingat produk-produk Nokia sebelumnya selalu hadir di tanah air, kita bisa berharap banyak mengenai smartphone terbarunya ini. Sebelumnya Nokia 5.1 dan 5.1 plus sempat menghebohkan pasar Indonesia, akankah Nokia 5.3 juga bernasib sama? Kita tunggu saja kehadirannya.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment