Nokia

Nokia 9.3, Generasi Pureview Terbaru?

Meski belum diumumkan secara resmi, sudah muncul rumor akan adanya smartphone yang mengambil tagline PureView dari Nokia, yakni Nokia 9.3. PureView sendiri merupakan tagline yang digadang-gadang Nokia saat masih menggunakan Symbian dengan kemampuan kamera 41 MP yang juga sempat dirilis beberapa waktu lalu meski kurang mendapatkan respon positif.

Kali ini Nokia merilis Nokia 9.3 sebagai update dari smartphone PureView Nokia 9 yang diluncurkan 2019 lalu dengan Penta Camera atau 5 kamera belankangnya. Kira-kira apa yang dibawa oleh Nokia 9 generasi terbaru ini? Apakah masih sama dengan hadirnya 5 kamera belakang untuk superioritas kameranya atau fitur impresif lain? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar

Nokia 9.3Di sisi desain, memang belum ada bocoran mengenai update terbaru flagship Nokia ini. Namun dari bocoran yang ada, nantinya Nokia direncanakan akan mengandalkan all screen design yang mana kamera depannya dipastikan sudah mengusung punch hole camera. Untuk material yang dibawa, karena merupakan smartphone flagship pastinya material premium akan disematkan juga.

Yang akan menjadi poin plus lainnya adalah layar dari Nokia 9.3 yang konon akan menggunakan layar OLED dengan refresh rate hingga 120 Hz. Jika benar, maka smartphone ini akan langsung bentrok dengan flagship seperti OnepLus 8 Pro dan juga Samsung Galaxy S20 sebagai pesaingnya. Sedangkan bodi belakang didominasi kamera belakang yang mungkin akan membawa desain baru,

Performa

Sedangkan untuk performanya hanya baru diketahui tentang prosesor yang dibawa yakni Snapdragon 865 yang merupakan prosesor flagship saat ini. Untuk ram dan internalnya sendiri juga belum ada informasi yang jelas. Namun mengingat Nokia 9 yang memiliki RAM 8 GB serta internal 128 GB. Smartphone ini juga dimungkinkan memiliki RAM sama atau lebih besar.

Sedangkan untuk varian lain dengan RAM dan internal yang lebih besar juga belum ada informasi karena memang rumornya sangat terbatas. Hanya diketahui jika awalnya Nokia 9.3 direncanakan akan menggunakan prosesor Snapdragon 865 namun dibatalkan dan digantikan dengan Snapdragon 865. Tentu saja untuk bersaing dengan flagship terbaru brand lain, Nokia harus membawa prosesor yang sama.

Sementara itu untuk baterai juga sama, belum ada informasi seberapa besar ukurannya, namun jika melihat flagship jaman sekarang harusnya Nokia menyematkan baterai minimal 4000 mAh, mengingat versi sebelumnya Nokia 9 hanya 3320 mAh.

Kamera

Untuk kameranya sendiri, Nokia jelas membawakan kamera terbaiknya untuk menjaga nama PureView yang dikenal memiliki kamera dengan kualitas terbaik. Dari informasi yang didapat, Nokia diduga akan membawa kamera beresolusi 108 MP di salah satu dari Penta Camera-nya. Sedangkan untuk kamera lainnya diduga akan ada kamera beresolusi 64 MP.

Untuk kamera depannya juga belum ada informasi selain isu kamera dengan desain punch holenya. Akan tetapi kita bisa berharap banyak dari Nokia yang mungkin juga masih bekerjasama dengan Carl Zeiss yang dikenal sebagai pembuat lensa untuk kamera dengan kualitas terbaiknya.

Harga

Belum diketahui berapa harga yang akan dibanderol Nokia 9.3. Namun jika melihat versi tahun lalu, yakni Nokia 9, harganya bisa diprediksi hingga 11 jutaan rupiah. Meskipun demikian, hal itu belum bisa dijadikan patokan sebelum Nokia secara resmi mengumumkan produk yang konon juga akan diumumkan bersamaan dengan Nokia 7.3 yang desainnya malah sudah muncul. Bahkan untuk Nokia 5.3 sudah dirilis spesifikasi lengkapnya.

Smartphone Nokia sendiri juga sering masih masuk ke Indonesia sehingga untuk kamu yang berminat atau ingin merasakan generasi PureView terbaru, kamu bisa berharap di tahun 2020 ini waktu yang memang belum pasti. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memberikan referensi dan juga informasi mengenai smartphone terbaru yang direkomendasikan untuk kamu.

Sending
User Review
5 (2 votes)

Leave a Comment