Cara Mengecek Garansi Samsung

Cara Mengecek Garansi Samsung SmartphoneArenaPonsel.Com, Mengecek garansi Samsung untuk ponsel cukup penting dilakukan. Itu utamanya untuk ponsel dengan penggunaan kurang dari satu tahun. sebab apabila ponsel bermasalah maka masih bisa dilakukan klaim servis tanpa perlu mengeluarkan biaya. Cara mengecek garansi Samsung berikut ini dapat dilakukan oleh para pemilik ponsel asal Korea Selatan ini.

Samsung menjadi pilihan merek produk elektronik populer di Indonesia. Samsung memiliki banyak macam produk dengan fitur, spesifikasi dan kualitas cukup bagus ditambah layanan purna jual yang memuaskan. Layanan aftersales itu termasuk memberikan garansi dari perangkat apabila mengalami kerusakan dalam masa garansi. Untuk produk ponsel, Samsung biasanya memberikan garansi selama 1 tahun. Karena itu konsumen yang membeli ponsel Samsung baru memang sebaiknya tahu cara mengecek garansi Samsung.

cara mengecek garansi samsung

Cara Mengecek Garansi Samsung SEIN dengan Kode UMB

Garansi yang diberikan SEIN (Samsung Elektronik Indonesia) yaitu 12 bulan dihitung dari tanggal pembelian. Garansi Samsung tersebut dapat dimanfaatkan untuk meminta penggantian suku cadang original ditambah servis ke Service Center Samsung. Guna memudahkan mekanisme klaim garansi Samsung, konsumen diharuskan membawa pula nota pembelian dan kartu garansi.

Metode termudah dalam mengecek garansi Samsung yaitu mengetikkan kode UMB. Konsumen akan mengetahui tanggal berapa persisnya ponsel pertama kali dihidupkan dimana periode garansi dihitung 12 bulan dari tanggal itu. Untuk prosedur cara mengecek garansi Samsung SEIN untuk ponsel dengan kode UMB adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu telepon di ponsel.
  • Ketikkan kode UMB yang formatnya *#12580*369#.
  • Data terkait ponsel Samsung itu langsung ditampilkan. Konsumen dapat mengetahui tanggal pembelian pada menu ‘RF Cal’. Misalnya 20220411 yang berarti tanggal pembelian ponsel yaitu 11 April 2022.

Baca: Cara Cek garansi iPhone

Cara Cek Garansi Samsung SEIN dari Website IMEI

Metode Cek garansi Hp Samsung berikutnya yaitu dengan mengakses situs layanan dari imei.info. Cukup dengan mengetikkan kode IMEI ponsel Samsung itu. Pelajari bagaimana caranya berikut ini :

  • Mula-mula, konsumen mesti mengetahui kode IMEI ponsel Samsung yaitu dengan menekan kode *06# dan lihat berapa deretan angka yang muncul. Konsumen pun dapat mengetahuinya melalui menu ‘About Phone’ dalam menu setting ponsel. Di samping itu, konsumen pun dapat mengecek kode IMEI ponsel dari kemasan box ponsel ketika membeli.
  • Berikutnya, masuk ke situs layanan dengan alamat di www.imei.info. Buka menggunakan aplikasi browser di laptop atau ponsel. Ketikkan angka IMEI ponsel Samsung dalam kolom yang ada. Berikutnya, tekan ikon ‘Check’.
  • Lalu, konsumen dapat membaca sejumlah data terkait perangkat Samsung itu. Klik pada menu ‘Samsung Garansi / SN / Carrier Check’ yang akan menampilkan keterangan lengkap tentang garansi Samsung.

Cara Cek Garansi Samsung dari Kartu Garansi

Diantara ketentuan dalam mengajukan garansi Samsung yaitu menyertakan kartu garansi plus kertas nota pembelian. Oleh karena itu cara mengecek garansi Samsung juga dengan dengan mengecek kartu garansi yang disertakan dalam kemasan produk Samsung. Kecuali itu, konsumen pun dapat mengetahuinya dari nota pembelian dengan melihat tanggal yang tercantum.

Cara Mengecek Garansi Samsung dari Customer Service

Metode yang juga dapat digunakan yaitu menelepon bagian layanan konsumen Samsung yang ada beberapa saluran. Konsumen dapat meminta bantuan kepada petugas CS meminta data garansi dengan menghubungi salah satu channel berikut ini :

  • WhatsApp Chat: api.whatsapp.com/send?phone=628170215588
  • Telepon: 0800-112-7777 atau 0800-112-8888