Cara Mengirim Video ke Google Classroom

Cara mengirim video ke Google Classroom ada beberapa pilihan. Pengguna dapat langsung membuat rekaman video kemudian diunggah di Google Classroom. Pengguna pun dapat membuat video lebih dahulu yang kemudian ditempatkan ke Google Drive atau Youtube. Nah kemudian link video tadi diunggah ke Google Classroom.

Google Classroom merupakan aplikasi gratis berbasis web yang didesain demi menunjang aktifitas belajar mengajar antara guru dengan siswa.  Classroom memudahkan para guru dalam mengelola dan memberikan penilaian progress atau kemajuan siswa-siswanya sembari tetap terkoneksi dari mana saja. Berhubung Google Classrom basisnya adalah web, maka aplikasi ini otomatis pun menyatu dengan layanan Google Suite for Education yang lain mulai dari Gmail, Google Docs, serta Google Calendar.

Siswa siswa dapat memperoleh dan mengumpulkan tugas dalam Classroom, begitupun dengan guru. Fitur ini bisa menekan tingkat konsumsi kertas sekaligus memudahkan metode pembelajaran, lebih-lebih saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Ada banyak fitur yang berguna baik bagi guru maupun siswa dalam menunjang proses belajar mengajar.

Fitur pertama yang bisa dimanfaatkan bagi para guru dari Google Classroom yaitu membentuk kelas, mengirimkan tugas, serta membuat evaluasi tanpa harus memakai kertas. Guru dapat memasukkan berbagai materi atau konten yang diambil dari YouTube, Google Forms, maupun data yang tersimpan dalam Google Drive, sekaligus juga menjalankan tanya-jawab dengan siswa.

Para guru pun dapat mengirimkan undangan untuk wali siswa dan orangtua untuk membaca rangkuman atas hasil pembelajaran anak sekaligus berbagai tugas yang telah diberikan. Dikarenakan aplikasi ini membutuhkan akses internet maka segala kegiatan dalam Google Classroom dapat dilaksanakan dengan realtime. Intinya berbagai fitur yang terdapat di Google Classroom benar-benar memudahkan tugas para guru.

Sementara fitur yang berguna untuk siswa yaitu bisa melihat langsung tugas yang tersedia dan mengumpulkannya di Classroom.  Para siswa pun dapat melihat hasil evaluasi dari guru. Lalu fitur lain yang bisa dimanfaatkan oleh siswa dalam Google Classroom yaitu berkomunikasi di kelas yang diselenggarakan, apakah itu dengan e-mail atau langsung dari aplikasi.

Lalu untuk orangtua siswa, mereka akan memperoleh e-mail secara teratur terkait hasil belajar anak sekaligus membaca segala kegiatan yang dilakukan oleh siswa. Bila umumnya pihak sekolah mesti menghubungi dari grup orangtua murid atau malah dihubungi satu demi satu, namun dengan fitur di Google Classroom maka cakap dilakukan hanya dari satu aplikasi.

Mengunggah video ke Google Classroom lazimnya dilakukan para siswa ketika mendapatkan tugas dari guru. Prosedur cara mengirim video ke Google Classroom adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke Google Classroom menggunakan akun Google.
  • Buka kelas dimana diberikan tugas untuk menyertakan video.
  • Klik pada tugas itu. Klik tombol Expand agar nampak form add attachment.
  • Kini pengguna dapat memasukkan lampiran tugas dengan memanfaatkan Record Video. Pengguna dapat merekam video.
  • Bila memilih Ad Attachment maka akan ada 3 opsi yaitu Drive, Link dan File. Ketuk opsi File untuk memasukkan file video yang telah ada di perangkat.
  • Ketuk simbol tiga strip di sudut kiri atas layar.
  • Ketuk Video kemudian tentukan file video yang hendak dikirimkan.
  • Tunggu proses upload video kemudian tekan tombol Turn In.
  • Bila pengguna telah mengupload video di Youtube sebelumnya maka tinggal copy link video itu. Tetapi tidak tombol record video yang diklik untuk lampiran melainkan klik tombol Link.
  • Otomatis video sudah terkirim ke Google classroom.

 

 

 

About Author: