Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Cuma satu pilihan agar memori atau penyimpanan internal smartphone selalu lega, adalah memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD. Pilihan ini cukup bermanfaat bagi pengguna yang gemar mengunduh game Android yang mempunyai tampilan grafis tinggi sehingga membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Pelajari cara memindahkan aplikasi ke kartu SD berikut ini.

Kenapa Perlu Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD?

Sekarang ini rata-rata smartphone Android telah terpasang penyimpanan internal dengan kapasitas jumbo setidaknya 32 GB. Namun, ukuran daya tampung memori yang diperlukan aplikasi atau game juga makin bongsor pula. Terlebih, aplikasi yang didownload dan dipasang di perangkat Android juga secara default otomatis terinstal dalam penyimpanan internal sehingga makin menyebabkan memori internal cepat penuh.

Kapasitas penyimpanan telepon adalah salah satu faktor terpenting yang akan membantu Anda dalam keputusan pembelian Anda. Ada beberapa smartphone yang menawarkan penyimpanan internal 32GB dan 64GB. Beberapa ponsel yang populer adalah (Xiaomi Mi 4, Vivo V5S, Galaxy S7 Edge, HTC U series). Itu cukup untuk menyimpan banyak foto, game, aplikasi, dan film beresolusi tinggi.

Jika Anda memiliki ponsel Android dan menemukan bahwa kapasitas penyimpanan terbatas, Anda pasti pernah mengalami pesan ruang penyimpanan yang tidak mencukupi di beberapa titik. Itu berarti Anda harus mencopot pemasangan aplikasi tertentu atau menghapus data seperti foto dan video dari ponsel Anda.

Lazimnya, ketika storage internal smartphone penuh, muncul peringatan “Low Storage” sehingga mengakibatkan perangkat memiliki performa yang melambat dibanding sebelumnya. Pada saat seperti ini, memiliki slot microSD di ponsel Anda dapat sangat membantu. Aplikasi yang Anda instal dari Play Store diinstal di penyimpanan ponsel Anda.

Baca: Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop

Sebagian besar ponsel memungkinkan Anda menggunakan kartu microSD sebagai lokasi penyimpanan default. Kini, untuk memindahkan aplikasi menuju SD Card dapat ditempuh tanpa mesti melakukan root perangkat Android lebih dulu. Hanya saja, ada hal hal yang mesti dipertimbangkan sebelum mencobanya.

Saat akan memindahkan aplikasi ke kartu SD, pengguna mesti paham jika sejumlah aplikasi yang aktif di sistem Android tak seluruhnya dapat dipindahkan. Umumnya aplikasi itu merupakan aplikasi default dari pembuat ponsel sekaligus juga aplikasi bawaan Android dari Google. Pengguna sebetulnya dapat memindahkan aplikasi default tadi, hanya saja perangkat harus dalam posisi sudah rooted. Sehingga, daripada harus melakukan root perangkat, sebaiknya pindahkan aplikasi yang memang dapat dipindahkan ke kartu SD.

cara memindahkan aplikasi ke kartu SD

Bagaimana Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD?

Bilamana menentukan kartu SD menjadi bagian dari Penyimpanan Internal, pengguna bisa memindahkan beberapa aplikasi ke kartu tersebut. Langkah tersebut akan menyediakan lebih banyak ruang penyimpanan bagi aplikasi yang tak bisa dipindah ke kartu SD. Mohon diingat bahwa tak setiap aplikasi bisa ditransfer di kartu SD. Langkah-langkah cara memindahkan aplikasi ke kartu SD adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu perangkat dan buka menu Pengaturan lalu pilih menu Perangkat lalu pilih Aplikasi.
  • Tentukan aplikasi yang hendak dipindahkan ke kartu SD.
  • Pilih menu Penyimpanan.
  • Pada opsi Penyimpanan yang Digunakan, klik pada menu Ubah.
  • Klik pada kartu SD.

Gunakan Kartu SD untuk penyimpanan internal

Opsi lain yang ada di Android adalah mempertimbangkan Android sebagai kartu SD Anda sebagai penyimpanan internal. Apa yang disebut “Penyimpanan yang Dapat Diadopsi” di perangkat Android.

Untuk menggunakan kartu memori sebagai penyimpanan internal, pilih Penyimpanan dari pengaturan Anda dan kemudian kartu SD Anda. Setelah itu, ketuk tiga titik di sudut kanan atas, lalu pada Pengaturan penyimpanan dan kemudian pada Format sebagai internal.

Catatan: Pastikan Anda telah membuat cadangan data Anda jika tidak semua data pada kartu Anda akan terhapus.

Sekarang ketuk Hapus & Format dan klik OK. Setelah itu Anda akan melihat dua opsi – Pindahkan sekarang dan Pindahkan nanti. Jika Anda ingin memindahkan aplikasi, ketuk pindahkan sekarang atau ketuk huruf bergerak. Sekarang ketuk Berikutnya.