Instagram

Tips Cara Menghapus Pencarian di Instagram, Ikuti Panduan Mudahnya

cara menghapus pencarian di instagramInstagram sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia tentu tidak akan lepas dari smartphone mu. Namun apakah kamu sering meminjamkan smartphone mu ke orang lain? Karena selain DM yang bersifat private, riwayat pencarian juga bisa bersifat privat. Nah berikut ini ada cara menghapus pencarian di instagram.

Alasan kedua adalah instagram memiliki sistem otomatisasi yang apabila sekali kamu mencari dengan suatu keyword maka timeline yang ditampilkan juga akan berhubungan dengan keyword tersebut. Maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membaca cara menghapus pencarian di Instagram berikut ini.

Sebagai contoh, apabila kamu melakukan pencarian tentang pertandingan sepak bola maka secara otomatis sistem akan mengubah hasil explore di Instagram mu menjadi sesuatu yang berkaitan dengan sepakbola. Hal tersebut mungkin menarik namun juga mungkin menjadi hal yang membosankan untuk kita.

Baca juga: Instagram check stalkers via jnckmedia

1. Melalui aplikasi Instagram

Cara menghapus pencarian di Instagram ini bisa dilakukan melalui smartphone, maupun melalui desktop PC atau browser. Melalui aplikasi Instagram pada perangkat iOS ataupun Android memiliki cara yang sama meski memiliki tampilan yang berbeda.

1. Buka profil dan pilih menu burger atau menu tiga garis bertumpuk secara horizontal

cara menghapus pencarian di instagram2. Pilih Settings >Riwayat Pencarian

3. Pilih Hapus Semua > Ya.

2. Melalui aplikasi browser

Cara menghapus pencarian di Instagram yang kedua adalah menggunakan browser komputer atau browser di smartphone kamu sendiri. Meski tampilan di smartphone sangat kecil, namun memungkinkan kamu untuk melakukannya. Selain bisa menghapus riwayat pencarian, kamu juga bisa melihat-lihat gambar atau video postingan melalui browser, walaupun tetap tidak dapat melakukan posting foto atau video.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Instagram yakni di instagram.com melalui browser komputer atau smartphone kamu

2. Klik ikon Profile yang gambarnya hampir sama dengan versi Mobile kemudian klik setting yang memiliki ikon Gear atau gerigi

3. Klik pada Privasi dan Keamanan

4. Pilih Lihat Data Akun atau View account data

cara menghapus pencarian di instagram

5. Di bawah menu Search history, klik view all.

6. Klik Clear search history, lalu beri konfirmasi Ya, saya yakin.

7. Riwayat pencarianmu kembali bersih seperti semula

3. Uninstal dan reset Instagram

Namun apabila kamu masih terganggu dengan algoritma atau hasil pencarian yang masih berhubungan dengan hasil pencarian yang sama, kamu bisa melakukan Reset data di setting atau bahkan meng uninstal aplikasi instagram kemudian menginstalnya kembali. Cara ini juga bisa dilakukan untuk membersihkan aplikasi Instagram yang ukurannya terus membengkak.

Seperti yang kita tahu jika Instagram merupakan aplikasi media sosial berbasis foto, video dan musik. Tiap harinya data yang ada dalam smartphone akan semakin besar termasuk data pencarian yang terus bertambah. Jadi bila kamu tidak hanya ingin menghapus daftar riwayat pencarian, namun juga ingin menghapus file sampah dari Instagram, kamu bisa memilih cara ketiga.

Cara ini dimaksudkan agar tampilan instagram terutama Explore tidak menampilkan postingan yang memiliki tema itu-itu saja, jadi kamu jangan melakukan pencarian di Instagram untuk keyword yang bersifat pornografi atau hal yang terlarang lainnya. Lakukan cara ini sebagai penyegaran untuk explore akun instagram mu.

Bagaimana? Mudah bukan caranya? Kamu bisa melakukannya segera dan rasakan perbedaannya. Semoga artikel ini juga bermanfaat sehingga aplikasi instagram mu lebih fresh menjadi lebih menarik daripada sebelumnya. Selain itu kamu tidak perlu melakukan cara ini terlalu sering, cukup lakukan saat postingan di explore terasa membosankan.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment